ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

10 PERTANYAAN PENTING UNTUK DIRI SENDIRI SEBELUM TRADING (Bagian 1 / 2)

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : December 08, 2020
Dilihat: 1410 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Anda mungkin berpikir bahwa Anda sudah siap melakukan trading. Namun sebenarnya tidak secepat itu. Apalagi kita cenderung bertindak tanpa perencanaan serta memikirkan semua aspek terlebih dahulu. Satu hal yang harus Anda terus camkan dalam benak bahwa bertindak tanpa pemikiran sebelumnya bisa berakibat fatal. Setiap kali Anda akan melakukan trading, ada baiknya Anda bertanya pada diri sendiri mengenai tujuah pertanyaan yang akan kita ulas dalam artikel ini. Mungkin terdengar sedikit merepotkan, namun setelah beberapa saat, Anda akan terbiasa dengan pertanyaan-pertanyaan ini setiap kali Anda akan melakukan trading. Pertanyaan-pertanyaan ini juga menjadi salah satu perencanaan pra-trading yang nantinya akan menjadi bagian dari proses trading Anda secara otomatis. Seiring berjalannya waktu, praktik ini tentunya dapat meningkatkan kinerja Anda serta membantu Anda untuk menjadi trader yang lebih baik. 

 

Pertanyaan #1 – Apakah saya memang siap? 

Sebelum melakukan trading apa pun, tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar siap di setiap level, mulai dari potensi risiko hingga potensi menang. Ada dua hal yang sebaiknya menjadi pertimbangan Anda.

Pertimbangkan kesiapan Anda pada tingkat yang sangat literal:

  • Apakah Anda sudah cukup tidur semalam?
  • Apakah Anda bangun cukup pagi sehingga Anda memiliki waktu tenang sebelum Anda mulai trading?

Luangkan waktu sejenak untuk mengevaluasi apakah Anda siap untuk melakukan trading secara mental hari ini atau jika Anda sedang memiliki banyak hal di benak Anda yang mungkin mengganggu Anda untuk membuat keputusan terbaik. Ingat, Anda membutuhkan pikiran yang jernih untuk menjadi trader yang baik.

Pertimbangkan kesiapan Anda pada tingkat yang lebih dalam:

  • Apakah Anda memang siap menjadi seorang trader?
  • Sudahkah Anda menerima pelatihan serta pendidikan yang layak?
  • Apakah Anda cukup memahami pasar saham untuk melakukan trading hari ini dengan percaya diri atau apakah Anda masih meragukan diri Anda?

 

Pertanyaan #2 - Sudahkah saya melakukan riset?

Anda harus melakukan riset sebelum Anda menghasilkan uang yang sulit diperoleh di pasar. Jangan melakukan perdagangan tunggal tanpa memiliki dasar pengetahuan. Mengapa Anda menginvestasikan uang Anda pada saham yang belum Anda teliti? Jangan terlalu percaya pada apa yang dikatakan orang lain pada Anda. Pikirkan sendiri dan lakukan riset Anda sendiri sebelum melakukan investasi.

 

Pertanyaan #3 – Seberapa sakitnya jika saya kehilangan semua uang saya?

Coba tanyakan ini pada diri Anda: bagaimana rasanya jika Anda kehilangan sebagian besar atau semua uang yang Anda investasikan?  Pertanyaan ini tidak dimaksudkan untuk menakut-nakuti Anda atau untuk mencegah Anda melakukan trading. Sebaliknya, pertanyaan ini bisa menjadi metode untuk memastikan Anda mengurangi risiko dengan benar. Jika Anda belum memikirkan risikonya, Anda mungkin tidak memiliki tindakan pencegahan yang tepat.  

 

Pertanyaan #4 – Apakah saya memaksakan perdagangan ini?

Setiap trader tentu ingin mendapatkan keuntungan. Dalam upaya untuk meraih keinginan tersebut, apakah Anda menutup mata terhadap beberapa tanda bahaya yang serius? Untuk menjadi seorang trader sukses, Anda harus mampu berpikir logis dan rasional. Pastikan Anda hanya kembali ke pasar ketika strategi Anda sangat bagus. Pertahankan kesabaran dan bersikaplah rendah hati. Dekati setiap perdagangan sebagai transaksi unik. Jangan berpikir bahwa jika Anda memaksakan perdagangan kali ini, perdagangan Anda akan berakhir seperti saat terakhir kali Anda mendapatkan untung. 


Artikel Terkait