ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

ANTARA TEKNIKAL DAN FUNDAMENTAL

Story by : Geraldo Kofit
Category at: Analisa Teknikal
Published : July 09, 2021
Dilihat: 1406 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

Perbedaan Antara Analisa Fundamental Dan Anlisa Teknikal

  • Analisa teknikal menggunakan chart, trend line, dan indikator seperti : Moving Average, Moving Average Convergence Divergence (MACD), Relative Strenght Index (RSI), Bolinger Band, Fibbonaci, Camarilla, Pivot point, pola candlestick dan analisa matematis lainnya untuk mempelajari peluang pasar.
  • Sementara analisa fundamental memprediksi pergerakan harga dengan menterjemahkan berbagai informasi keadaan ekonomi, termasuk berita, laporan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah, serta rumor yang sedang berkembang. Maka dapat dikatakan kedua analisa tersebut merupakan pendekatan utama pada pasar keuangan

1. Antara Teknikal dan Fundamental

  • Pada Analisa Teknikal, ketika seorang trader berpedoman pada sebuah grafik, maka ia akan melihat sinyal grafik tersebut sebagai pedoman entry. Contohnya, trader baru akan entry ketika harga telah menembus garis trend line atau saat garis-garis pada MACD saling berpotongan. Namun, apabila kemudian harga benar-benar bergerak sesuai sinyal, hal ini tidak berarti bahwa pola indikator-indikator tersebut yang menyebabkan pergerakan harga!
  • Sedangkan pada analisa fundamental, pergerakan sebuah harga yang drastis diyakini terjadi ketika terdapat sebuah peristiwa-peristiwa tak terduga. Peristiwa tersebut biasanya berupa kenaikan atau penurunan suku bunga dari bank sentral, hingga peristiwa politik ataupun perang. Contohnya adalah peristiwa 9/11. Ketika peristiwa 9/11 terjadi, rate USD melemah dikarenakan setiap orang memperkirakan peristiwa tersebut akan berpengaruh besar terhadap US sehingga besar kemungkinan USD melemah. Kejadian ini menyebabkan banyak pelaku pasar menjual USD. Imbasnya, rate USD benar-benar turun drastis.

2. Mana Yang Lebih Berpengaruh?

  • Pada umumnya, bank-bank besar, hegde fund, dan institusi keuangan besar lainnya menggunakan pola dasar analisa fundamental. Dan karena mereka adalah pemegang sebagian besar uang diseluruh dunia, maka bila mereka melakukan trade, harga akan bergerak sesuai dengan apa yang mereka lakukan. Hal ini sesuai dengan hukum ekonomi, sebagai contoh bila terdapat banyak pembeli USD, maka jumlah USD yang beredar dipasaran akan berkurang, menyebabkan harga USD naik.
  • Lalu bagaimana dengan para trader yang menggunakan analisa teknikal? Dapat dipastikan mereka tak memiliki jumlah uang sebanyak institusi-institusi keuangan di atas (walaupun digabungkan secara total). Ditambah lagi beragamnya indikator teknikal yang berjumlah ratusan dan time frame yang berbeda-beda, dapat menyebabkan setiap indikator dan timeframe tersebut menghasilkan prediksi yang sangat bervariasi.

3. Dapatkah Keduanya Digabungkan?

  • Perbedaan antara kedua pendekatan analisa ini bagaikan bumi dan langit, tapi banyak para trader tergerak hatinya untuk membuktikan bahwa mereka dapat meraih kesuksesan yang cukup memuaskan dengan mengkombinasikan kedua tekhnik ini dalam trading mereka. Misalnya, dari beberapa analis fundamental juga menggunakan tekhnikal untuk mengetahui waktu terbaik untuk open posisi.

Di sisi lain, beberapa trader tekhnikal akan mempertimbangkan analisa fundamental juga untuk menambah keakuratan dari signal teknikal mereka. Cara manapun yang Anda pilih, dua pendekatan di atas sangat bermanfaat untuk memperkuat signal dan membantu mengkonfirmasi keputusan Anda  dalam membuat skenario trading terbaik.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait