ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

BACA INI JIKA ANDA INGIN MENJADI SEORANG TRADER (Bagian 2/2)

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : January 04, 2021
Dilihat: 783 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

‘Bagaimana menjadi seorang trader?’ mencakup pola pikir seorang trader serta pentingnya memiliki tujuan yang realistis. Selain itu, konsistensi lebih penting daripada keuntungan tak terduga setiap saat. Ada satu lagi ketrampilan yang paling penting bagi seorang trader, termasuk trader saham, valas, opsi maupun futures. Ketrampilan ini merupakan fondasi yang dibutuhkan oleh setiap trader. Jika Anda mampu menguasai ketrampilan tersebut, peluang Anda untuk menghasilkan uang dari trading akan besar. Ketrampilan trader yang paling penting adalah menentukan arah pasar karena kondisi pasar menentukan strategi perdagangan apa yang harus Anda gunakan.

Tentukan arah pasar:

Ketrampilan yang harus Anda kuasai tersebut adalah menentukan arah pasar. Anda harus mampu membaca grafik dan menentukan apakah pasar naik, turun atau sideways.  Sebenarnya, trading itu tidak serumit yang kita bayangkan. Jika pasar naik, Anda membeli. Jika pasar turun, Anda menjual. Jika pasar bergerak sideways, Anda menunggu hingga tren kembali. Anda juga perlu memahami rasio reward dan rasio risk serta Winning Percetage. Ada korelasi kuat antara Winning Percentage dengan rasio reward dan rasio risk. Semakin tinggi rasio reward / risk, maka semakin rendah Winning Percentage. 

 

Mengapa Anda harus mampu menentukan arah pasar? Jawabannya sederhana, yaitu karena arah pasar menentukan strategi seperti apa yang perlu Anda gunakan, seperti:

  • Di pasar yang sedang mengalami tren, Anda menggunakan strategi tren following
  • Di pasar sideways, Anda menggunakan strategi tren fading

 

Bagi sebagian besar trader, mereka belum melihat strategi yang berkinerja sama baiknya di pasar trending dan sideways. Strategi yang Anda pilih sebaiknya merupakan salah satu di antara strategi tren following yang berkinerja baik di pasar yang sedang tren, atau merupakan strategi tren fading yang berkinerja baik di pasar sideways.

Pernahkah Anda mengalami hal-hal seperti ini: Anda menggunakan suatu strategi dalam perdagangan Anda dan terkadang strategi tersebut berhasil dengan baik. Namun, ada kalanya strategi tersebut berkinerja buruk. Jika hal ini pernah terjadi pada Anda, maka Anda mungkin menggunakan strategi yang salah dalam perdagangan Anda untuk kondisi pasar saat itu. Jika Anda menerapkan strategi yang salah, Anda akan bagaikan melawan arus. 

Sebagai info, sideways trend atau tren sideways adalah pergerakan harga horizontal yang terjadi ketika kekuatan penawaran (supply) dan permintaan (demand) hampir sama. Hal ini biasanya terjadi selama periode konsolidasi sebelum harga melanjutkan tren sebelumnya atau berbalik ke tren yang baru.  Sedangkan, strategi tren following adalah strategi perdagangan di mana seorang trader harus membeli aset ketika tren harganya naik dan menjualnya ketika tren turun serta mengharapkan pergerakan harga terus berlanjut. Sebagai tambahan, strategi tren fading adalah strategi perdagangan yang melibatkan perdagangan dalam arah yang berlawanan dari tren utama yang berlaku. Dalam strategi ini, trader menjual ketika arah pasar naik dan membeli ketika keseluruhan arah pasar turun. Strategi perdagangan tren fading ini memiliki risiko tinggi dan membutuhkan trader berpengalaman yang bersedia mengambil risiko kerugian lebih besar yang bisa terjadi akibat menerapkan strategi tersebut. 

Bagaimana mengidentifikasi arah pasar? Jawabannya mudah, yaitu gunakan pendekatan yang sesuai untuk Anda, salah satunya menggunakan indikator atau pola grafik. Jadi, sudah siapkah Anda menjadi seorang Trader?

 

Happy trading!


Artikel Terkait