ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

Cara Hilangkan Sifat Greedy Setelah Mendapatkan Profit

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Psikologi
Published : February 01, 2022
Dilihat: 765 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Sumber: Freepik

Dalam trading Anda akan menghadapi banyak sekali tantangan terkait psikologis, salah satunya adalah sifat greedy atau serakah. Sifat yang satu ini sendiri bisa saja keluar ketika Anda mendapatkan profit besar.

Ketika sifat ini muncul, maka secara tidak sadar Anda ingin terus mengeruk profit yang malah menghasilkan dampak yang buruk, yaitu selalu stop out dan akhirnya Anda pun akan mendapatkan kerugian yang sangat besar.

Bila hal ini terjadi terus menerus yang ada Anda akan merasa frustasi. Tapi, sifat greedy ini sendiri bisa dihilangkan dengan melakukan beberapa langkah yang akan dijabarkan dalam artikel ini.

Cara Menghilangkan Sifat Greedy Sebagai Trader

Sifat greedy yang muncul pada seorang trader adalah hal yang sangat wajar. Karena memang hal ini sering kali dialami oleh para trader pemula. Jika Anda sudah merasakan bahwa keserakahan ini muncul, maka Anda dapat mengatasinya dengan langkah-langkah berikut:

Money management dan sistem yang profitable

belajar trading Cara Hilangkan Sifat Greedy Setelah Mendapatkan Profit 1
Sumber: Freepik

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuat sistem money management metode entry serta exit. Kedua metode ini harus menggunakan sebuah analisa teknikal. Untuk entry Anda bisa menggunakan analisis teknikal maupun fundamental. Sedangkan untuk money management sendiri harus menggunakan sistem risk management serta risk atau reward ratio tiap kali entry.

Untuk metode entry serta exit yang paling umum adalah dengan menggunakan kombinasi antara indikator dan price action. Contohnya adalah saat terjadi grafik bullish engulfing dimana saat yang bersamaan pada garis indikator MACD berada di atas garis sinyal, maka Anda bisa entry dengan cara open buy.

Strategy inilah yang akan Anda pakai untuk melakukan entry. Sedangkan untuk entry yang menggunakan dasar analisa teknikal adalah dengan melihat kondisi pasar trending atau strategi breakout atau ketika ada bouncing atau strategi sell the rally. Kemudian untuk entry dengan berdasarkan analisa fundamental adalah dengan melakukan entry setelah menunggu news data memiliki dampak tertinggi.

Lakukan uji coba dengan backtest

Kemudian Anda perlu melakukan pengujian dengan menggunakan backtest atau setelah kondisi pasar sudah lewat. Lihat presentasi dari profit yang sedang terjadi. Apabila profit ternyata masih berada di bawah 50%, maka Anda harus memperbaiki lagi sistem tersebut. Namun, jika Anda tidak ingin melakukan backtest, maka lebih baik uji coba di akun demo saja terlebih dahulu.

Ciptakan rencana trading yang pasti dan jelas

belajar trading Cara Hilangkan Sifat Greedy Setelah Mendapatkan Profit 2
Sumber: Freepik

Dalam langkah ini sendiri Anda perlu sekali merencanakan trading yang sangat jelas. Dimana Anda juga harus melengkapinya dengan data untuk exit serta entry. Kemudian Anda juga perlu sekali Anda menganalisa resiko dari setiap trade serta melakukan risk dan reward ratio. Anda sendiri perlu sekali memperhatikan hal ini agar sifat greedy Anda bisa hilang dengan cepat.

Disiplin menjalankan rencana tersebut

belajar trading Cara Hilangkan Sifat Greedy Setelah Mendapatkan Profit 4
Sumber: Freepik

Kemudian Anda juga sangat perlu untuk selalu disiplin terhadap rencana trading yang sudah dibuat. Jangan pernah Anda terbawa oleh emosi yang terkadang sering terjadi saat Anda trading. Karena ketika Anda tidak disiplin dan terbawa emosi, maka Anda tidak akan keluar dari sifat greedy ini.

Buat jurnal

Selanjutnya Anda perlu sekali membuat jurnal untuk melakukan evaluasi mendalam terhadap sistem yang dijalankan. Hal ini sendiri sangatlah penting agar Anda bisa lepas dari keserakahan yang dialami. Pastikan Anda tahu bagian mana saja dari sistem yang harus diperbaiki.

Demikianlah penjelasan bagaimana cara agar bisa lepas dari sifat greedy. Dalam menjalankan seluruh langkah tersebut Anda harus bisa sabar dan jangan sampai lepas kendali.

 

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- Untuk pembelajaran lebih intensif dan lebih dalam, silahkan
  ke Sekolah Forex Gatis
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI


Artikel Terkait