ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

BERBAGAI TIPS TRADING SERU YANG PATUT ANDA KETAHUI (Bagian 1 / 3)

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: FOREX FOR FUN
Published : November 30, 2020
Dilihat: 1827 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

 

Tip #1 – Perdagangkan apa yang Anda lihat, bukan apa yang Anda pikirkan

Intinya adalah jangan mendasarkan perdagangan Anda pada keyakinan-keyakinan belaka. Anda sebaiknya mendasarkannya murni pada pengetahuan teknis, sekaligus melepaskan diri dari emosi yang penuh dengan rasa was-was atau bahkan keserakahan. Saat itulah kinerja perdagangan Anda akan berubah. Lakukan analisa dan teruslah melakukan ‘tanya-jawab’ terhadap pasar dan dengarkan baik-baik. Cara ini akan membuat Anda paham kapan harus masuk, kapan harus keluar atau menahan perdagangan Anda. Dalam setiap perdagangan, bersikaplah obyektif, berpikiran terbuka, bersikap netral dan rileks akan membuat performa perdagangan Anda makin meningkat. 

 

Tip #2 – Hindari perdagangan acak, tapi jadilah pemilih

Overtrading merupakan kesalahan terbesar dalam perdagangan yang bisa dialami oleh seorang trader. Overtrading terjadi ketika seorang trader terlalu banyak membuka posisi perdagangan akibat cara trading yang emosional. Penting untuk pertumbuhan perdagangan Anda, bahkan ketika Anda melakukan kesalahan-kesalahan tersebut, Anda sadar dengan kesalahan-kesalahan itu dan belajar dari kesalahan-kesalahan itu. Pastikan Anda melakukan perdagangan sesuai dengan rencana Anda dan membatasi diri Anda dari perdagangan acak. Anda bisa menyusun jurnal perdagangan (trading journal). Satu untuk mencatat emosi-emosi Anda dan satu untuk situasi trading Anda. Buatlah catatan harian mengenai bagaimana perasaan Anda, mengapa Anda melakukan perdagangan tersebut hingga bagaimana Anda mengelolanya. Periksalah catatan Anda setiap minggu dan Anda pasti akan takjub dengan perubahan yang terjadi.

 

Tip #3 – Jangan melawan pasar, namun berjalanlah selaras dengan pasar

Kesalahan trading umum yang disebabkan oleh berbagai keyakinan yang kuat bahwa pasar akan berpihak pada Anda. Bahkan ketika pasar mulai berlawanan, Anda menolak untuk mengakui bahwa Anda akan kalah, yang kemudian menyebabkan rasa sakit yang dalam secara emosional. Hal ini seperti reaksi berantai dan jelas meninggalkan bekas luka yang tak bisa disembuhkan dengan mudah. Biarkan pasar menunjukkan arahnya pada Anda. Anda harus memahami bahwa Anda tak perlu tahu ke arah mana pasar akan menghasilkan uang dalam perdagangannya. Ikuti rencana Anda, terapkan manajemen risiko dan manajemen keuangan dan bersikaplah netral terhadap pasar.

 

Tip #4 – Anda tidak bisa menghindari kerugian, jadi pikirkan segala kemungkinan

Takut kehilangan atau takut kalah merupakan salah satu dari kesalahan terbesar yang dilakukan oleh seorang trader. Jika Anda takut akan potensi kerugian yang bisa terjadi sebelum Anda memasuki suatu perdagangan, maka emosi-emosi  Anda akan memicu mekanisme pertahanan dalam diri Anda yang akan memastikan langkah-langkah terbaik agar Anda tidak mengalami kerugian atau kekalahan tersebut. Hal ini akan mengarah pada sikap Anda untuk menahan perdagangan yang mengalami kerugian terlalu lama, hingga Anda menyadari bahwa kerugian mengambang (floating loss) menjadi lebih besar dengan setiap pip dan Anda tidak dapat menahannya lagi serta menyelesaikannya dengan kerugian besar. Jadi, tentukan risiko Anda per perdagangan, dalam pips maupun nilai dollar. Pasang ‘Stop Loss’ pada posisinya, di mana perdagangan Anda akan dibatalkan jika ada potensi kerugian.

 

Tip #5 – Jangan fokus pada berapa banyak yang bisa Anda hasilkan, namun fokuslah pada sesedikit mungkin kerugian yang bisa terjadi dengan melindungi modal Anda

Kunci kesuksesan dalam trading adalah Anda harus melindungi modal Anda dengan tegas, karena modal itulah yang bisa membuat Anda terus melakukan trading. Jika Anda mampu merubah pola pikir Anda mengenai perlindungan akun daripada keuntungan potensial, trading yang Anda lakukan akan sukses. Kerugian yang sedikit itu merupakan suatu ketrampilan yang sama dengan ketrampilan menghasilkan uang.


Artikel Terkait