ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

FAKTA TENTANG FEDERAL RESERVE (BAGIAN 3 – habis)

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : September 14, 2020
Dilihat: 2164 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Lanjutan dari bab 2 sebelumnya, beberapa fakta dari Federal Reserve berikut ini bisa menambah pengetahuan Anda sebagai trader.

 

Fakta # 6: Hasil dari pertemuan Fed merupakan hal penting bagi investor

Pertemuan Dewan Gubernur the Fed dapat berdampak serius pada pasar keuangan. Perubahan suku bunga membawa dampak langsung pada nilai dollar AS dan pasar keuangan utama karena investor berusaha mengantipasi konsekuensi dari perubahan tersebut. Para petinggi the Fed mengadakan pertemuan rutin setiap hari Senin. Selain pertemuan ini, pasar juga tertarik dengan hasil dari pertemuan FOMC. FOMC mengadakan delapan pertemuan rutin yang dijadwalkan per tahun, di mana FOMC meninjau serta menganalisis laporan dan kondisi ekonomi terkini demi menentukan kebijakan moneter yang tepat. Kebijakan moneter memiliki tujuan utama, yaitu untuk menjaga inflasi tetap stabil, memastikan lapangan kerja maksimum serta mendorong pertumbuhan ekonomi. Muncullah istilah yang dikenal sebagai the Fed’s Dual Mandate atau Mandat Ganda the Fed yang merupakan julukan bagi dua tujuan pertama kebijakan moneter tersebut.   

 

Fakta #7: Ikuti the Fed di media sosial

Seperti bank sentral lainnya di dunia, the Fed secara rutin mengkomunikasikan keputusan-keputusannya melalu media sosial, seperti Twitter, Youtube dan Facebook Page. Sebagai trader, Anda bisa mengikuti pertemuan-pertemuan penting dari Monetary Policy Committee melalui YouTube Live. Anda juga bisa menganalisis bagaimana komentar-komentar mereka bisa mempengaruhi pasar secara waktu nyata.  

 

Fakta #8: The Fed sangat bisa dipercaya

Suatu hal yang biasa jika Anda bersikap skeptis terhadap sistem perbankan dan pemerintah, terutama dalam lingkungan ekonomi yang tidak stabil. Namun the Fed sangat paham apa yang mereka lakukan. Ada sistem pemeriksaaan dan neraca yang kuat. Laporan keuangan dari Dewan Gubernur dan 12 bank cadangan di audit setiap tahun oleh kantor akuntan publik.  The Fed dipimpin oleh tokoh- tokoh yang terkenal jenius di negara AmerikaSerikat, seperti ketua Federal Reserve dari tahun 2006 hingga 2014, Ben Bernanke, yang belajar sendiri Kalkulus di sekolah menengah dan meraih nilai SAT hampir sempurna yaitu 1590. Sebagai info, SAT atau Scholastic Assessment Test merupakan ujian yang diperlukan jika Anda mendaftar kuliah S1 ke universitas di Amerika Serikat atau universitas-universitas ternama lainnya di luar negeri. Nilai SAT tertinggi adalah 1600 dan terendah adalah 400.

 

Fakta #9: The Fed tidak menentukan suku bunga pinjaman untuk mobil atau rumah Anda

Kesalahpahaman ini banyak beredar di masyarakat.  Faktanya, tingkat bunga yang Anda bayarkan untuk pinjaman mobil atau hipotek Anda ditentukan oleh lembaga keuangan yang meminjamkan uang tersebut kepada Anda. The Fed memang memengaruhi suku bunga lembaga keuangan dengan suku bunga yang bergerak, namun ada faktor lain yang memiliki peran yang benar-benar dihapus dari Federal Reserve, seperti nilai kredit Anda dan pasar perumahan. 

 

Fakta #10: The Fed sudah berdiri lebih dari 100 tahun

Semua berawal dari kepanikan yang terjadi pada tahun 1907. Saat itu merupakan periode tiga minggu di bulan Oktober ketika Bursa Efek New York jatuh hampir 50 persen pada tahun sebelumnya. Hal tersebut membuat masyarakat Amerika meminta adanya bank sentral. Pada tanggal 23 Desember 1913, Presiden Woodrow Wilson menandatangani Federal Reserve Act menjadi Undang-Undang. Ada banyak peran the Fed dalam dunia keuangan, salah satunya adalah memelihar rekening giro Departemen Keuangan AS dan memproses pembayaran Jaminan Sosial. 


Artikel Terkait