ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

FAKTA TENTANG POLA PIKIR TERHADAP TRADING

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: Psikologi
Published : February 16, 2021
Dilihat: 1151 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Menjalankan trading di pasar keuangan bisa menjadi suatu perjalanan yang cukup sulit, terutama jika Anda terus-menerus merasa kehabisan energi mental dan Anda mulai mengalami kesulitan untuk tetap fokus pada pasar.

Satu berita yang menggembirakan adalah ada cara efektif untuk mengembalikan semangat Anda dalam trading, yaitu dengan meningkatkan pola pikir Anda terhadap trading atau disebut ‘trading mindset’ dalam bahasa Inggris.

Ada beberapa fakta mengenai trading mindset ini yang memiliki pengaruh besar pada kinerja trading Anda:

#1 Trading mindset bisa dibentuk melalui hal-hal kecil seperti memiliki rutinitas pagi yang efektif. Anda bisa bangun lebih awal dari biasanya, lalu berolah raga atau melakukan meditasi di  pagi hari yang bisa membantu  Anda memasuki pasar dengan santai dan tenang.

#2 Trading mindset bisa dibentuk jika Anda tidak berhenti belajar. Sadarilah bahwa edukasi pasar keuangan menjadi landasan bagi setiap trader sukses.

#3 Penting untuk mengembangkan pola pikir yang membantu Anda mengamati pasar dari perspektif yang tidak emosional, jika tujuan Anda adalah untuk mencapai dan mempertahankan  status Anda sebagai trader dalam jangka panjang.

#4 Pola pikir Anda menentukan reaksi Anda selama trading yang merugi atau mendapatkan untung besar. 

#5 Pola pikir terhadap trading yang menyeluruh akan membuat trader makin disiplin dan tidak akan pernah membiarkan emosi mengganggu keputusan perdagangannya.

#6 Dengan trading mindset yang tepat, mudah bagi Anda untuk mengembangkan aturan manajemen risiko yang efektif sekaligus Anda bisa selalu mengendalikan kerugian Anda.

#7 Disiplin membuat jurnal trading akan membentuk trading mindset Anda. Anda bisa menemukan kesalahan umum dan menyesuaikan strategi trading Anda dengan adanya jurnal       trading ini

#8  Trading mindset bisa dibentuk oleh trader yang mengembangkan aturan manajemen risiko yang efektif sehingga dia selalu bisa mengendalikan kerugiannya.

#9  Salah satu cara untuk membentuk trading midset adalah dengan mengamati trader lain, lalu mereplikasi strategi sukses serta belajar dari kesalahan trader lain.

#10 Trading mindset terbentuk dari cara Anda mengendalikan emosi Anda. Anda sebaiknya tidak terlalu terikat secara emosional dengan trading dan praktikkan

#11 Trading mindset terbentuk dari latihan demi latihan trading, mengulang, mengulas semuanya kembali dan perbaikan diri yang tak berkesudahan.

#12 Trading mindset bisa terus ditingkatkan. Dulu, para ilmuwan yakin bahwa otak manusia tidak dapat diubah setelah usia tertentu. Namun, penelitian membuktikan bahwa hal tersebut     tidak benar dan kita dapat membentuk koneksi serta jalur otak baru sepanjang hidup kita. Hal tersebut merupakan sebuah kemampuan otak yang disebut sebagai ‘neuroplastisitas’. 

#13 Anda dapat mengubah trading mindset Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah Anda hanya harus bersedia bekerja lebih keras untuk membuat perubahan itu. 

#14 Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan trading mindset Anda adalah dengan menuliskan perilaku yang menurut Anda berdampak negatif pada trading Anda, fokuskan pada    masing-masing perilaku tersebut dan perbaki. 

#15 Trading mindset bisa rusak jika Anda membiarkan emosi mengganggu keputusan trading Anda. Ketakutan dan keserakahan merupakan emosi umum yang dimiliki oleh trader yang tidak disiplin sepanjang waktu ketika menjalankan trading. 

#16 Trading mindset bisa dibentuk dengan mengamati langkah-langkah yang diambil oleh trader sukses lainnya. Trading sebenarnya tidak berbeda dengan keterampilan lainnya. Dengan mereplikasi proses serta rutinitas kerja dari trader sukses lainnya dapat membuat perubahan bagi pola pikir Anda terhadap trading. 

 

Happy trading!


Artikel Terkait