ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

FED FUNDS RATE AMERIKA

Story by : Hadi J
Category at: Analisa Fundamental
Published : January 18, 2021
Dilihat: 753 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Fed Funds Rate (FFR) adalah suku bunga transaksi antar bank di Amerika Serikat. Pada taraf domestik AS, kenaikan dan penurunan Fed Funds Rate bisa berpengaruh pada nasabah, karena bunga tersebut dijadikan sebagai acuan oleh bank-bank untuk menetapkan bunga yang dikenakan terhadap nasabah. Sedangkan pada tingkat internasional, perubahan FFR akan mempengaruhi arus dana pada pasar finansial global, karena posisi Dolar AS sebagai mata uang cadangan devisa terbesar di dunia.

Untuk memutuskan apakah perubahan FFR perlu dilakukan guna mengontrol inflasi dan memastikan pertumbuhan ekonomi tetap stabil, The Fed menilik indikator ekonomi seperti laju inflasi, pertumbuhan GDP, tingkat pengangguran, dan lain sebagainya. Menurut ulasan The Balance, kunci indikator untuk mengamati inflasi adalah melihat Core Inflation (inflasi inti), yang mengukur perubahan harga-harga di semua sektor, kecuali sektor harga makanan dan sumber energi. Kenapa? Karena dua sektor tersebut sangat volatile, sehingga kurang bisa dijadikan acuan akurat untuk mengukur perubahan harga. 

Selain itu, indikator ekonomi lain yang dipakai sebagai referensi The Fed adalah Core PCE Index, Tingkat Pengangguran, Nonfarm Payroll (NFP), dan pertumbuhan gaji. Indikator ketenagakerjaan seperti NFP dan pertumbuhan gaji perlu diamati juga, karena kenaikan Fed Funds Rate dapat berdampak pada meningkatnya biaya bunga yang harus dibayar oleh korporasi, sehingga berimbas buruk pada anggaran perusahaan untuk gaji karyawan dan rekrutmen.

Pengaruh Fed Funds Rate

Sejumlah bank di Amerika Serikat menggunakan FFR untuk menentukan suku bunga jangka pendeknya, termasuk untuk Libor (London Interbank Offering Rate). Libor adalah suku bunga acuan yang dibebankan antar bank untuk pinjaman semalam, sebulan, tiga bulan, enam bulan, dan satu tahun. Tak hanya itu saja. FFR juga berpengaruh pada penentuan Prime Rate yang biasanya diterapkan bank-bank kepada nasabah. Dari sini, FFR bisa mempengaruhi berbagai suku bunga lainnya, temasuk juga bunga deposito, kartu kredit, dan KPR di negeri Paman Sam.

Bagi negara-negara lain yang kondisi ekonominya lebih buruk, kenaikan Fed Funds Rate dapat mengakibatkan investor asing untuk menarik dana mereka ke luar negeri, lantaran ada ekspektasi imbal hasil simpanan lebih besar pada produk keuangan berdenominasi Dolar AS. Sebaliknya, penurunan Fed Funds Rate bisa mendorong investor untuk menanamkan lebih banyak dana ke negara-negara dengan profil risiko lebih tinggi, seperti negara berkembang (Indonesia, Malaysia, dll) dan negara-negara berbasis komoditas (Australia, Kanada, dll). Sebagai contoh, FFR sekarang berada pada 2.25 persen, setelah The Fed menaikkan suku bunga secara bertahap sebanyak tujuh kali sejak bulan Desember 2015. Siklus kenaikan FFR ini mengakibatkan masalah di negara-negara berkembang seperti Indonesia, karena meningkatnya arus dana ke luar negeri (Capital Flight).

The Fed telah konsisten meningkatkan Fed Funds Rate sejak tahun 2015 untuk mengontrol inflasi. Penerapan FFR tidak akan langsung berefek pada perekonomian. Biasanya, butuh waktu antara 12 sampai 18 bulan untuk melihat hasil perubahan FFR terhadap kondisi ekonomi. Karena itu, untuk bisa menentukan semuanya secara matang, The Fed perlu memiliki kemampuan ahli untuk memprediksi kondisi perekonomian ke depan. Itulah mengapa, bank sentral ini mempekerjakan kurang lebih 450 staf ahli yang separuhnya bergelar Ph.D di bidang ekonomi.

RECCOMENDATION FROM EXPERT :

  • Jadi, diharapkan artikel ini dapat memberikan kemudahan anda dalam trading. Temukan informasi lain yang mudah dan cocok untuk anda dalam segala kondisi market.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI TRADING ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait