ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

GENERASI MILENIAL DAN KEBEBASAN FINANSIAL (Bagian 1 / 2)

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : December 09, 2020
Dilihat: 1266 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Generasi Milenial atau juga disebut sebagai Generasi Y merupakan generasi yang lahir antara tahun 1981 hingga tahun 1994 atau di rentang usia saat ini 26 tahun hingga 39 tahun. Bisa dikatakan generasi Milenial termasuk dalam usia produktif yang cenderung memiliki masalah keuangan yang diakibatkan oleh pengelolaan uang sehari-hari dan jangka panjang. Bahkan, banyak dari generasi ini yang menghadapi hutang yang tinggi sehingga mereka cukup sulit untuk menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung. Meningkatnya biaya hidup serta mungkin disertai dengan gaya hidup yang berbeda di setiap kota membuat generasi ini semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan utama mereka, meskipun mereka memiliki pekerjaan tetap.  

Selama ini, banyak yang mengira bahwa kebebasan finansial itu sulit diraih. Padahal kenyataannya tidak sesulit yang diduga oleh banyak orang. Untuk itulah, generasi Milenial dan generasi apa pun sebaiknya mulai menyisihkan uang untuk ditabung. Ada banyak alasan mengapa orang perlu memiliki tabungan. Selain tabungan mampu menyelamatkan Anda di saat-saat darurat finansial yang tidak terduga, Anda juga menghindari lebih banyak hutang serta tabungan tentu saja memberi Anda kebebasan finansial yang lebih baik. 

 

Sebuah studi di Amerika Serikat pada tahun 2017 menunjukkan bahwa 71% generasi Milenial yang berusia 25 tahun hingga 34 tahun memiliki simpanan mulai $0 hingga $1.000 atau mereka menginvestasikannya dalam bentuk dana pensiun. Sedangkan hanya sejumlah 11% yang memiliki lebih dari $10.000. Statistik tersebut jelas menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara tabungan dengan investasi di kalangan generasi Milenial.  

Seluruh dunia cenderung menganggap generasi Milenial sebagai kaum yang manja, merasa memiliki berbagai hak serta materialistis. Pada kenyataannya, banyak generasi Milenial yang merasa bahwa mereka tidak akan pernah meraih pencapaian besar dalam hidup mereka, seperti membeli rumah. 

Namun, semua itu seharusnya tidak menghalangi pencarian mereka akan kebebasan finansial. Faktanya, ada banyak hal yang bisa mereka lakukan untuk lebih mengontrol keuangan mereka. Meski menghadapi berbagai tantangan dalam hidup, para ahli keuangan menyarankan generasi Milenial untuk mempertimbangkan hal-hal berikut ini demi mendapatkan kebebasan finansial yang diimpikan.  

 

#1 - Gunakan uang dengan bijak:

Kita semua cukup sering mendengar kalimat ini dan tentu saja masih berlaku hingga kapan pun: “gunakan uang Anda dengan bijak”. Dalam hal pembelanjaan, belanjakan uang Anda untuk hal-hal yang benar-benar bernilai bagi Anda daripada membelanjakannya untuk hal-hal yang bernilai bagi orang lain. Sebelum membeli barang apa pun, coba tanyakan pada diri Anda terlebih dahulu: “apakah barang tersebut akan membawa manfaat bagi Anda dalam jangka panjang atau tidak?”.  Selain itu, biasakan diri untuk memisahkan keinginan Anda dengan kebutuhan Anda, terutama ketika keuangan sedang ketat. Kebiasaan ini akan membentuk Anda menjadi orang yang bertanggung jawab secara finansial. Seiring berjalannya waktu, Anda akan terkejut ketika Anda menyadari seberapa baik situasi keuangan Anda akan berubah ketika Anda mulai membelanjakan uang Anda dengan bijaksana.  Walaupun begitu, tidak ada salahnya juga jika Anda sesekali memanjakan diri. Lagi pula, Anda pun membutuhkan sesuatu sebagai ‘hadiah’ untuk memotivasi diri Anda agar semakin maju. Berhati-hatilah untuk tidak berlebihan dengan pengeluaran  Anda. Jika memungkinkan, buatlah anggaran yang sudah Anda pikirkan dengan matang dan pertahankan anggaran tersebut. Anggaran ini akan membantu Anda dalam melacak pengeluaran Anda sekaligus berfungsi sebagai panduan Anda mengenai penggunaan uang selama ini. 

 


Artikel Terkait