ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

GENERASI Z DAN KARAKTER UNIKNYA MENGENAI FINANSIAL (Bagian 2 / 2 )

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : December 10, 2020
Dilihat: 1306 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Generasi Z fokus sebagai wirausaha

Kita sering mendengar kisah mengenai mereka yang dulunya bukan siapa-siapa dan tiba-tiba menjadi kaya raya karena teknologi. Sebagai contoh adalah  Steve Jobs dan Bill Gates yang awalnya bekerja di garasi mereka hingga mampu mengumpulkan kekayaan tak terbatas. Generasi Z tidak gentar untuk mengejar ide-ide penuh inovasi dan percaya bahwa mereka memiliki apa yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan. Mereka juga menyadari bahwa semua yang tidak mereka ketahui saat ini pun bisa mereka pahami dengan satu atau dua klik saja secara teknologi. Hal tersebut menunjukkan bahwa untuk menjadi seorang wirausahawan pun tidak terlalu sulit dan lebih mudah untuk diterima oleh mereka. 

 

Generasi Z itu kompetitif

Generasi Z sangat fokus dan kompetitif di sebagian besar bidang kehidupan. Tidak hanya dalam bidang pendidikan, mereka pun ingin unggul di bidang debat hingga olah raga. Persaingan terus-menerus menjadi hal yang lumrah dalam generasi ini, baik persaingan melawan orang lain atau melawan diri sendiri. Selain itu, persaingan melawan waktu merupakan hal yang konstan bagi generasi Z ini. Mereka menginginkan apa yang mereka inginkan sekarang. Kesabaran bagaikan seni yang hilang dalam kehidupan generasi Z ini. Mereka paham bahwa mereka harus bertindak cepat untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan karena takut jika orang lain akan mengalahkan mereka. 

 

Generasi Z menyambut baik setiap perubahan

Generasi Z memiliki banyak pengetahuan serta eksposur ke berbagai topik dengan informasi tanpa batas di ujung jari mereka. Mereka terus mencari ide serta pengalaman baru dengan pengetahuan yang luas ini. Berbeda dengan generasi sebelumnya, generasi Z ini aktif terlibat dalam perbincangan politik meskipun banyak dari mereka yang belum bisa memilih. Mereka menjadi ‘ahli’ dalam topik dengan sangat cepat karena informasi lebih mudah didapatkan. Dengan mentalitas seperti ini, generasi Z cenderung mendukung perubahan yang beresonansi dengan mereka. 

Generasi Z tidak mempermasalahkan keberagaman

Generasi Z tumbuh di dunia yang beragam dan hanya ituyang mereka ketahui. Ras, orientasi seksual maupun agama bukanlah ciri-ciri pengenal yang mungkin mereka miliki selama generasi sebelumnya. Generasi Z lebih cenderung menilai seseorang apa padanya, daripada siapa Anda. 

 

Generasi Z lebih memilih kemerdekaan

Pembeda utama antara generasi Z dengan generasi Milenial adalah preferensi generasi Z untuk bekerja secara mandiri. Generasi Milenial cenderung lebih menyukai kolaborasi, namun sifat kompetitif generasi Z berkontribusi dengan keinginan mereka untuk mengontrol takdir mereka sendiri dan tidak bergantung pada orang lain untuk kesuksesan mereka sendiri.  

 

Generasi Z ingin didengarkan

Walaupun memiliki akses ke begitu banyak informasi, generasi Z memiliki pendapat yang kuat serta ingin didengar. Hal ini terutama terjadi di tempat kerja di mana mereka berharap menjadi contributor yang setara. Generasi Z percaya bahwa ide mereka sama berharganya dengan ide dari generasi lain. Meskipun mereka mungkin masih kurang memiliki pengalaman yang hanya datang seiring waktu, namun kemampuan mereka untuk berubah dengan cepat serta memproses informasi dengan cepat dan memiliki daya saing yang kuat tersebut membuat mereka bersuara untuk didengar di kesempatan apa pun. 

Generasi Z konsisten mewujudkan rencananya

Generasi Z sangat fokus secara finansial dan sudah melakukannya sejak usia yang sangat dini. Mereka memiliki rencana besar, sekaligus juga memahami bahwa dibutuhkan uang untuk membiayai rencana tersebut. Alih-alih hanya berandai-andai atas apa yang akan mereka lakukan, generasi Z sudah membuat serta mejalankan rencana untuk mewujudkan impian besarnya itu. Tanpa banyak tanya, generasi Z terbuka terhadap ide-ide baru secara konsisten serta dapat mengubah strategi dalam sekejap yang jelas mengandalkan insting daripada penelitian. Generasi Z terus-menerus menantang diri sendiri untuk menjadi lebih baik hari ini daripada kemarin.

 

Cheers to Z generation!

 

 


Artikel Terkait