ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

INDIKATOR YANG MEMBUAT ANDA PROFIT DALAM WAKTU SINGKAT

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Analisa Teknikal
Published : January 13, 2020
Dilihat: 4074 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Indikator Teknikal adalah alat yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis atas harga, volume, atau minat pasar terhadap sebuah instrumen investasi atau kontrak keuangan. Dengan menerapkan Indikator Teknikal pada data histori harga, trader bisa menggunakannya untuk memetakan kondisi pasar saat ini, sekaligus memprediksi pergerakan berikutnya (analisa teknikal). Beberapa contohnya; Relative Strength Index (RSI), Stochastics, Bollinger Bands, dan lain sebagainya. nah, kali ini saya akan membahas tentang FRACTAL INDICATOR.

Secara ilmiah, kata fractal dapat diartikan sebagai sebuah fragmen berbentuk geometris yang dapat dipecah menjadi lebih kecil dengan bentuk yang relatif sama atau serupa. Definisi ini pertama kali dikemukakan oleh ilmuan Benoit Mandelbrot pada tahun 1975. Keterkaitan pembahasan pada artikel kali ini bukan tertuju pada fractal yang dimaksud oleh Mandlebrot ataupun Elliott. Highlight diatas bertujuan untuk menilik landasan teori, khususnya yang disampaikan oleh Elliott tentang pergerakan harga termasuk proses analisis, termasuk dalam kemunculan indicator. Fractal masuk dalam salah satu dari lima indikator yang diperkenalkan oleh Bill Williams. Indikator ini berfungsi untuk memberikan gambaran alternatif tentang titik puncak (top) atau dasar (bottom) dari pergerakan harga suatu instrumen pada periode tertentu.

Pada pembahasan ini, definisi sederhana dari Fractal naik adalah bar yang memiliki high tertinggi, diapit oleh minimal dua bar ber-high lebih rendah. Demikian pula sebaliknya untuk fractal turun. Fractal-fractal yang terbentuk pada titik tertinggi atau titik terendah akan diberikan tanda anak panah sesuai arah pergerakannya.

PENGGUNAAN FRACTAL

Penggunaan Fractal dalam trading adalah dengan mengambil posisi sesuai arah breakout fractal. Jika harga bergerak melewati fractal naik, maka posisi yang diambil adalah buy. Sebaliknya jika harga bergerak melewati fractal turun, maka posisi yang diambil adalah sell. Akan tetapi, tidak seluruh fractal dapat dijadikan sinyal. Hanya fractal yang di dahului oleh fractal lain dengan arah yang berlawanan saja yang dapat dijadikan sinyal.

Fractal juga ada yang berjenis start, yakni fractal yang menjadi titik awal fractal sinyal. Atau dengan kata lain fractal yang selalu disusul dengan fractal lain yang berlawanan arah. Pada penggunaanya, Fractal start dapat di jadikan sebagai penempatan stoploss.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait