ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

INFOGRAFIS MANAJEMEN RISIKO SELAMA PANDEMI COVID-19

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : September 15, 2020
Dilihat: 1819 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Semua perusahaan atau lembaga yang bergerak di pasar keuangan sebaiknya menggunakan prinsip-prinsip dasar manajemen risiko dalam menghadapi pandemi Covid-19 demi meminimalkan dampak negatif yang bertahan lama. Prinsip-prinsip dasar manajemen risiko berikut ini dapat membantu Anda melewati krisis ini:

 

IDENTIFIKASI RISIKO ANDA

Buatlah daftar risiko dan peluang yang terkait dengan pandemi. Terapkan selalu manajemen risiko untuk “memprediksi yang tidak dapat diprediksi”. Apa pun masalahnya, luangkan waktu u balantuk membuat katalog risiko yang mungkin Anda hadapi selama bulan depan, tiga bulan, enam bulan, sembilan bulan dan satu tahun.  

Agar mampu mencapai proses ini secara efektif, Anda harus:

  • Pertimbangkan semua jenis risiko, termasuk risiko yang berkenaan dengan operasional, strategi, keuangan dan reputasi.
  • Kumpulkan informasi dari semua tingkat karyawan dan dari berbagai pemangku kepentingan, seperti vendor, klien dan sebagainya. Mereka mungkin berada dalam posisi untuk mengidentifikasi risiko yang mungkin tidak terpikirkan oleh Anda.
  • Gali berita-berita mengenai perusahaan lain di luar negeri dan pertimbangkan apa saja yang mereka hadapi selama pandemi covid-19. Risiko mereka mungkin sama dengan Anda atau mungkin risiko mereka akan menimbulkan risiko bagi Anda di masa mendatang.
  • Gali lebih dalam lagi proses pengidentifikasian risiko ini sebelum Anda melanjutkan. Sering-seringlah mengulanginya selama beberapa waktu ke depan sehingga Anda dapat memperbarui profil risiko Anda seiring kemajuan dunia melalu masa-masa yag belum pernah terjadi sebelumnya, seperti pandemi covid-19 ini.

 

BERSIKAP GESIT

Mengutip dari Albert Einstein bahwa “Belajarlah dari hari kemarin, hiduplah untuk hari ini dan berharaplah untuk esok. Hal yang penting adalah jangan berhenti bertanya” seolah mirip dengan apa yang terjadi pada dunia saat ini, yaitu kenormalan baru mmembuat seluruh dunia mempertanyakan apa yang akan terjadi nantinya. Rencana yang Anda miliki dua bulan lalu tidak lagi sesuai atau bahkan realistis untuk hari ini. 

Beberapa hal perlu Anda terapkan:

  • Kembalilah pada nilai-nilai Anda dan definisikan kembali bagaimana Anda akan merealisasikannya.
  • Persiapkan diri untuk sebuah ketidaknyamanan akibat perubahan yang terjadi dan harus dijalani.
  • Jalani periode masa pandemi ini dengan fleksibilitas  dan pemahaman.
  • Jadilah kreatif dalam pendekatan Anda untuk bergerak maju dan mengisi kekosongan yang ada.

 

PERTIMBANGKAN KELANGSUNGAN BISNIS ANDA

Tujuan kelangsungan bisnis adalah untuk memastikan bahwa bisnis Anda mampu bertahan dari masa krisis. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi dampak covid-19 para perusahaan atau lembaga Anda, baik secara internal maupun eksternal. 

 

Secara internal:

  • Identifikasi critical business function dalam bisnis Anda. CBF atau Critical Business Function adalah hal-hal paling penting untuk melanjutkan bisnis Anda setelah pulih dari bencana.
  • Tangguhkan pekerjaan yang tidak penting untuk mengurangi risiko, untuk mendukung himbauan social distancing dan untuk mengurangi pengeluaran tunai yang tidak perlu
  • Pastikan kesehatan dan keselamatan karyawan terpantau dengan cermat.
  • Buatlah rencana kesinambungan untuk semua karyawan karena semua orang berisiko terkena covid-19.

Secara eksternal:

  • PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) membuat banyak orang harus bekerja dari rumah, maka pastikan perusahaan atau lembaga memobilisasi infrastruktur untuk mendukung kerja jarak jauh.
  • Pastikan karyawan memiliki peralatan kerja yang diperlukan serta konektivitas internet untuk bekerja dengan aman dan efisien di rumah.

 

 

 


Artikel Terkait