ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

KENALI PERBEDAAN MENDASAR LOT DI PASAR FUTURES

Story by : Hadi J
Category at: TIPS & TRICK TRADING
Published : March 27, 2020
Dilihat: 2888 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Sebagai seorang investor individu yang baru ingin terjun di dunia investasi, anda pasti akan banyak menemukan berbagai istilah yang cukup membingungkan untuk dipahami, salah satu contoh dari istilah yang akan sering anda temui adalah istilah LOT. Apakah arti sebenarnya dari istilah LOT? Apakah istilah tersebut sangat penting di dunia investasi? Ya, tentu saja istilah LOT sangat penting dan wajib dipahami oleh semua pelaku investasi saham. Oleh karena itu, artikel kali ini akan khusus membahas mengenai pengertian dari istilah LOT. Mari simak lebih lanjut informasinya.

LOT pada dasarnya adalah satuan hitung internasional yang digunakan di financial market. Sama seperti istilah satuan ‘celcius’ untuk pengukuran suhu dan ‘meter’ untuk jarak, dalam saham istilah ''LOT'' inilah yang resmi digunakan sebagai satuan hitung. Baik itu di Saham ataupun di futures, semuanya dihitung berdasarkan LOT. Ukuran standar LOT yaitu $100,000. Ada juga ukuran LOT mini yaitu $10,000. Seperti yang sudah Anda ketahui, mata uang diukur dengan pips, yang merupakan kenaikan terkecil dari mata uang tersebut. Untuk mengambil keuntungan dari kenaikan-kenaikan yang kecil ini, Anda perlu berdagang mata uang tertentu dalam jumlah besar guna melihat adanya keuntungan atau kerugian yang signifikan.

Jika Anda sering mendengar “Punya BBRI berapa LOT?” atau “Kamu masuk GBP/USD berapa LOT?” pasti akan bingung sendiri bukan? Apakah LOT yang ada di saham sama dengan LOT yang ada di futures market? Yuk langsung saja kita bahas satu-persatu sehingga Anda dapat memahami perbedaan keduanya.

LOT PADA PASAR FUTURES

Dalam pasar futures, 1 LOT itu dihitung sebanyak 100.000 currency, misalnya 1 LOT GBP/USD = 100.000 GBP, 1 LOT USD/JPY = 100.000 USD, 1 LOT EUR/USD = 100.000 EUR. Mungkin Anda akan berfikir “wah mahal sekali”, tapi jangan khawatir karena ada fitur leverage di futures market. Penjelasan singkat untuk leverage adalah alat “pengungkit” untuk memperkuat dana yang Anda miliki. Berangkat dari kasus leverage, Anda bisa membacanya di Artikel berikut (LEVERAGE : FITUR MENARIK YANG MENGUNDANG BANYAK TRADER) Jadi, dengan leverage 1:500, berarti dengan deposit $ 1.000, untuk punya power untuk transaksi sampe 500x lipat, yang berarti  Anda bisa open posisi hingga $ 500.000. Misalnya kalau untuk open 1 lot EUR/USD, membutuhkan margin sebesar 100.000 euro, tapi dengan leverage 1:500 Anda hanya membutuhkan 200 euro saja. Besaran leverage tiap akun pun berbeda-beda, berikut saya persentasekan beberapa leverage yang sering diberikan oleh broker terhadap nasabahnya.

  • Leverage 1:100 maka berarti (1/100) x 100% = 1%
  • Leverage 1:200 maka berarti (1/200) x 100% = 0.5%
  • Leverage 1:500 maka berarti (1/500) x 100% = 0.2%

LOT PADA PASAR SAHAM

Di Indonesia, jika anda ingin bertransaksi saham, anda harus membeli atau menjual sebuah saham perusahaan minimal sebesar 1 lot. Bursa Efek Indonesia telah menetapkan aturan sejak 6 Januari 2014 bahwa 1 lot Saham =  100 lembar saham. Aturan tersebut telah berubah dari semula yaitu 1 lot saham = 500 lembar saham. Aturan ini diberlakukan agar tidak hanya investor dengan modal besar saja yang dapat berpartisipasi membeli atau menjual saham, tetapi investor dengan modal terbatas juga diharapkan dapat menikmati pengalaman berinvestasi ini. Dengan kata lain, Bursa Efek Indonesia ingin menarik minat dan daya beli masyarakat terhadap Investasi saham.

Karena sejak aturan tersebut diberlakukan, hanya dengan modal dana dibawah Rp 500.000,- seluruh kalangan masyarakat individu di Indonesia baik di pusat kota maupun daerah sudah dapat bergabung menjadi investor saham. Menarik sekali bukan? Sebagai contoh, jika anda menemukan harga sebuah saham perusahaan PT. XXX dengan Rp 1.500,- per lembar sahamnya, dengan modal dana Rp 150.000,- anda sudah dapat memiliki 100 lembar (1 LOT) saham sebuah perusahaan. Perlu diperhatikan bahwa satuan ukuran penetapan lembar lot ini tidak sama di setiap bursa, karena setiap Bursa Efek di Negara lain memiliki aturan kebijakannya tersendiri. Aturan 100 lembar per 1 lot hanya berlaku di Bursa Efek Indonesia saja.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • LOT adalah hal mendasar yang harus dipahami oleh setiap trader di pasar saham ataupun futures. Karena kebanyakan, banyak sekali trader yang masih kurang paham tentang konsep LOT tempat mereka mencari dollar. 
  • Terus belajar dan jangan menyerah, dapatkan FREE Edukasi di Live Trading School MRG Premiere
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.
  • CALL atau Whatsapp ke SINI dan cari HADI

Artikel Terkait