ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

KESEHATAN MENTAL PARA TRADER (Bagian 2 / 2)

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : December 03, 2020
Dilihat: 1320 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Makan dengan benar

Cobalah menerapkan pola hidup sehat dengan menyantap makanan bernutrisi hanya selama 30 hari. Masukkan sayuran hijau ke dalam diet Anda. Makan makanan berkualitas baik dengan protein serta karbohidrat yang baik pula. Yang terpenting, minumlah lebih banyak air. Anda akan kagum dengan hasilnya setelah 30 hari. Selain itu, menurut penelitian, diet sehat tinggi asam lemak omega-3 dapat membantu mendukung proses kognitif dan membantu menjaga fungsi sinapsis dan plastisitas otak. Jelas bahwa makanan memiliki dampak yang kuat pada kegiatan trading Anda. Diet yang tepat untuk Anda bergantung pada berbagai faktor, seperti tempat tinggal Anda, tingkat aktivitas Anda, dan preferensi pribadi Anda. 

 

Bersosialisasi

Selama masa pandemi covid-19 ini tentu sangat diperketat mengenai social distancing. Namun, Anda tetap bisa bersosialisasi melalui berbagai media lain, seperti Zoom, berbicara di telepon atau sekedar saling menyapa di media sosial. Manusia adalah makhluk sosial. Manusia tidak bisa hidup sendiri. Sekedar mengobrol akan membuat perasaan lebih ringan.

 

 

Istirahat

Kita dikondisikan untuk berpikir bahwa kita hanya produktif jika kita sibuk. Hal tersebut justru berkebalikan dari kenyataan yang sebenarnya. Ketika Anda duduk di depan komputer selama berjam-jam, hasil yang didapat semakin berkurang. Pada titik tertentu, Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda baru saja menatap grafik selama 20 menit dan tidak melakukan apa pun. Beristirahat dapat mengistirahatkan mental Anda juga. Hal tersebut bisa membantu Anda kembali ke kegiatan trading dengan segar dan dengan perspektif baru. Istirahat juga bisa berfungsi sebagai jeda yang dapat membantu Anda terhindar dari membuat keputusan mendadak mengenai trading yang dapat menyebabkan kesalahan dan kerugian. Istirahat sejenak juga bisa berdampak besar dan lakukanlah selama waktu yang lebih tenang atau waktu setelah jam buka, bukan saat Anda memegang posisi. Jadikanlah istirahat singkat sebagai prioritas untuk membantu Anda tetap produktif dan fokus.

 

Miliki keseimbangan antara kehidupan dan kerja

Penting untuk berdedikasi pada trading Anda. Itu berarti Anda mempelajari, membuat serta memantau daftar trading Anda, melakukan penelitian saham secara terperinci serta memelihara jurnal perdagangan Anda untuk memantau kemajuan Anda. Semua itu tentunya membutuhkan waktu dan tenaga. Semua itu penting, namun penting juga bagi Anda untuk memiliki kehidupan. Jika tidak, untuk apa Anda melakukan trading? Tanpa kehidupan, Anda bahkan tidak akan menikmati keuntungan apa pun yang Anda hasilkan. Tanpa keseimbangan kehidupan dan kerja yang baik, Anda mungkin mulai menyimpan kegalauan yang dapat memengaruhi trading Anda, hubungan serta kualitas hidup Anda secara keseluruhan. Penting untuk disiplin sebagai trader. Namun, penting juga untuk menyediakan waktu buat keluarga, teman serta hobi Anda secara keseluruhan. 

 

Tidur

Tidurlah yang cukup, terutama tidur siang. Sebagian besar dari trader tidak memiliki waktu tidur yang cukup, terutama mereka yang melakukan trading di zona waktu yang berbeda. Anda bisa terbangun setiap saat demi mengamati grafik dan melakukan trading. Anda mungkin tidak bisa tidur karena hari yang buruk di pasar. Tidur siang selama 20 hingga 30 menit bisa menyegarkan kembali otak kita. 

 

Cara-cara sederhana tersebut bisa Anda lakukan untuk membantu mengontrol dan menghilangkan stress dari hidup Anda dan mulai menjaga kesehatan fisik serta mental Anda dengan lebih baik.  Ingatlah bahwa jika Anda tidak berada dalam kondisi terbaik, bagaimana Anda bisa berharap untuk mendapatkan hasil terbaik yang Anda inginkan dalam trading. Kesuksesan membutuhkan fondasi yang kokoh, salah satunya adalah kesehatan mental. Jika tidak, waktu Anda di puncak tidak akan lama. 

 

Happy trading!

 

 


Artikel Terkait