ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

LANGKAH SEDERHANA YANG BERGUNA UNTUK TRADING HARIAN ANDA (Bagian 1 / 2)

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : December 11, 2020
Dilihat: 1551 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Tak ada cara terampuh untuk menjadi trader harian (day trader) handal adalah dengan terus berlatih. Namun, berlatih saja tidak cukup. Berlatih hanya merupakan langkah pertama dalam rangkaian proses-tiga-langkah (berlatih, meninjau dan beradaptasi) yang akan memungkinkan Anda untuk meningkatkan ketrampilan trading harian Anda secara dramatis. 

Setelah seorang trader harian mengetahui cara menempatkan order, menghitung ukuran posisi ideal, mengelola risiko serta telah mengembangkan strategi dasar untuk diikuti, maka merka sebaiknya mempraktikkan seni perdagangan harian sehingga mereka bisa mengambil tindakan dengan cepat secara konsisten dan benar yang diperlukan untuk menghasilkan keuntungan dalam kondisi perdagangan yang bergerak cepat. 

Trader harian juga perlu meluangkan waktu untuk meninjau perdagangan individu serta strategi perdagangan mereka untuk menentukan mana yang berhasil dan mana yang tidak. Hal ini mencakup membuat jadwal harian, mingguan serta bulanan dari strategi perdagangan tersebut.

Selanjutnya, trader harian akan menyesuaikan rencana perdagangan mereka berdasarkan apa yang mereka pelajari dari ulasan tersebut. Prosesnya mencakup perubahan yang dilakukan secara bertahap sehingga perdagangan yang dilakukan berdasarkan perubahan tersebut dapat dipraktikkan dan ditinjau serta adaptasi baru terhadap strategi dapat dikembangkan.

 

Mempraktikkan day trading:

Trader harian peru berulang kali mempraktikkan apa yang mereka pelajari agar cukup tertanam dan akhirnya berguna dalam membuat keputusan perdagangan dalam kondisi pasar yang selalu berubah. Latihan bukan hanya tentang Anda menghabiskan waktu berjam-jam, namun Anda tidak fokus pada kegiatan tersebut. 

Untuk berlatih secara efektif, fokuslah pada kegiatan tertentu, termasuk di dalamnya adalah rencana perdagangan. Rencana perdagangan adalah dokumen yang secara khusus menguraikan bagaimana, mengapa serta kapan seorang trader akan masuk dan keluar dari perdagangan, bagaimana mereka akan mengendalikan risiko hingga bagaimana ukuran posisi mereka nantinya. Hal ini juga merinci pasar mana yang akan diperdagangkan dan kapan. 

Praktik tentunya melibatkan proses mengikuti sebuah rencana sehingga kemajuan pun dapat dilacak. Jika perdagangan dilakukan secara acak atau hanya mengikuti keinginan psikologis, maka hasil perdagangan akan memiliki sifat tak terduga dan acak yang sama. 

Manfaatkan akun demo untuk melatih trading harian Anda berdasar rencana perdagangan yang sudah Anda susun hingga strategi menjadi suatu kebiasaan. Sebagai contoh, Anda dapat melihat grafik serta memilih titik masuk untuk strategi Anda.

Berlatihlah terus hingga Anda dapat melihat semua titik masuk yang diberikan oleh strategi Anda. Trading harian membutuhkan reflex yang cepat serta waktu yang tepat. Berlatihlah sehingga entri terjadi tepat pada waktunya berdasarkan strategi yang sudah Anda susun. 

Kemudian, Anda bisa melanjutkan berlatih dengan menempatkan stop-loss dengan benar dan menempatkan target keuntungan dengan benar. Diperlukan beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk menguasai setiap elemen strategi. Setelah Anda menjadi terbiasa serta ahli dalam menempatkan titik entri, level stop-loss serta target keuntungan berdasarkan rencana perdagangan Anda, mulailah memasukkan elemen lain dari rencana perdagangan Anda.

Lalu, berlatihlah memiliki ukuran posisi yang sempurna di setiap perdagangan dan setiap elemen perdagangan lainnya yang tercakup dalam rencana perdagangan. Disarankan Anda mempertaruhkan 1% dari modal akun per perdagangan. 

Anda juga disarankan untuk mempraktikkan apa yang tidak boleh dilakukan selama perdagangan. Tujuan Anda tidak hanya mengikuti strategi perdagangan Anda serta melakukan semua perdagangan yang diperintahkan untuk Anda lakukan ketika kondisi menguntungkan berdasarkan rencana perdagangan Anda, namun Anda juga berlatih untuk tidak mengambil tindakan apa pun ketika strategi Anda tidak memberikan sinyal untuk melakukan perdagangan. Ingatlah bahwa trading mencakup perdagangan yang Anda lakukan dan perdagangan yang tidak Anda ambil. 

Jika strategi Anda tidak memberikan peluang bagus, maka jangan lakukan apa pun. Berlatihlah untuk bersabar dan ambil kesempatan langsung ketika peluang perdagangan yang valid muncul. 

Lamanya waktu yang digunakan oleh para trader untuk mempraktikkan setiap elemen dari rencana perdagangan mereka akan bervariasi. Praktikkan penerapan spesifik perdagangan setidaknya selama enam bulan sebelum menggunakan modal yang nyata.

 

 


Artikel Terkait