ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

MENGENAL LEVERAGE DI MARKET FUTURES

Story by : Indri Dwi
Category at: TIPS & TRICK TRADING
Published : March 31, 2020
Dilihat: 3506 kali

Indri Dwi adalah Seorang Trading Coach dan Profesional trader yang memiliki lebih dari 8 tahun pengalaman dalam perdagangan Emas & Forex. Keahliannya dalam trading khususnya saat menggunakan Exponential Moving Average. Indri ada disini untuk membimbing Anda dalam trading dan membantu Anda menemukan broker yang tepat dan terpercaya..


zoom

Pada dunia trading Futures, ada fitur yang namanya "leverage". Apakah kalian semua tau apa itu leverage? Jika kalian belum tau apa itu leverage, kalian harus membaca artikel ini sampai habis! Karena, pada artikel kali ini saya akan mengupas secara mendalam konsep dari leverage serta keuntungan dan kerugian dari leverage itu sendiri.

Perhatikan gambar diatas, konsep itulah yang broker pakai dalam menciptakan fasilitas ini. Leverage di futures market berasal dari kata "lever" yang berarti pengungkit. Konsepnya, dana yang Anda gunakan dalam trading diperkuat berkali-kali lipat. Jika pada normalnya untuk membeli 1 Lot anda membutuhkan dana $100.000, dengan fasilitas leverage yang diberikan broker Anda tidak harus memiliki uang $100.000 di akun Anda untuk open posisi sebesar 1 Lot. Bagaimana Perhitungannya, langsung saja kita simak.

Konsep & Perhitungan Leverage

Konsep leverage memang menguntungkan bagi trader di futures market, namun disisi lain juga bisa berbahaya jika Anda tidak bijak dalam menggunakannya, apalagi bila Anda menggunakan akun dengan leverage yang sangat tinggi. Leverage yang tinggi akan menyebabkan margin minimum atau modal yang rendah yang harus Anda bayarkan setiap kali transaksi makin sedikit. Hal ini pasti mempengaruhi psikologis trading Anda. Anda akan terus bernafsu untuk terus membuka posisi di market.

Dengan tingkat leverage tertentu, Anda bisa membuka puluhan posisi dengan modal yang relatif kecil. Ini bisa dilakukan hanya dengan jaminan margin yang relatif kecil, dan inilah yang menjadikan salah satu daya tarik trading futures. Saat ini banyak broker yang menawarkan leverage 1:100, 1:200, 1:500, dan bahkan 1:1000.

Jika Anda trading pada sebuah broker dengan fasilitas leverage 1:500, maka untuk nilai kontrak sebesar $100,000  Anda hanya membayar margin sebesar ($100,000/500) = $200 untuk setiap kali transaksi sebesar 1 Lot, dengan nilai pergerakan per 1 pip sesuai perhitungan nilai kontrak (misal untuk XAU/USD dengan nilai kontrak $100,000, nilai pergerakan per pip-nya adalah $10). Dengan demikian jika modal Anda $5000 dan Anda membuka 25 posisi (masing-masing 1 lot) dengan leverage 1:500, maka total margin yang Anda perlukan hanya $200 x 25 = $5000.

Jika untuk setiap posisi Anda memperoleh profit 10 pip, maka total profit Anda adalah $100 x 25 posisi = $2500, atau 50% dari modal Anda. Sebaliknya jika Anda mengalami loss rata-rata 10 pip, maka kerugian Anda juga 50% dari modal Anda, dan dalam futures trading yang dimana pergerakan harganya sangat ekstrim. Kejadian semacam itu bisa berlangsung dalam hitungan menit, meski broker yang anda gunakan adalah broker no spread dan no commission.

Psikologi Trader Mengenai Leverage

Secara psikologis, semakin tinggi leverage yang Anda gunakan, maka Anda akan semakin berani dalam membuka posisi trading, karena nilai margin minimum yang Anda bayarkan akan semakin sedikit. Seperti halnya jika Anda adalah seorang pembalap F1, mobil balap yang melaju pada kecepatan 150 mil/jam dan 250 mil/jam tentu sangat berbeda. Anda melaju di 150 mil/jam tentunya akan lebih cepat sampai di garis finish, tapi di sisi lain resiko anda mengalami accident semakin besar. Dalam banyak kejadian, kecelakaan di olahraga ini berakhir dengan fatal. 

Seperti Anda ketahui bahwa pihak broker memberikan pinjaman kepada Anda sebesar sisa dari nilai kontrak yang seharusnya dikurangi dengan margin minimum yang Anda bayarkan. Dalam hal Anda trading mini lot dengan leverage 1:500, pihak broker meminjamkan $100,000 - $200 = $99,800 untuk setiap 1 lot yang Anda buka.

​​RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Jadi, sebenarnya konsep Leverage itu sama seperti “pedang bermata dua” bagi trader. Di satu sisi, dengan trading di broker yang memiliki leverage yang tinggi membuat trader dapat meraup keuntungan yang besar dengan modal yang kecil.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI TEKNIK TRADING ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda
  • CALL atau whatsapp dan cari INDRI silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait