ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

PEMAHAMAN KONSEP TRADING FOREX UNTUK PEMULA

Story by : Geraldo Kofit
Category at: TIPS & TRICK TRADING
Published : October 05, 2020
Dilihat: 2153 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

Sampai saat ini, banyak sekali orang mengatakan bisa cepat kaya jika trading di market futures. Tetapi, iming-iming menggiurkan tersebut belum tentu disertai pengertian mengenai apa itu futures trading, kelebihan, maupun resikonya. Dalam ulasan ini, kita akan membahas sejumlah dasar futures trading yang wajib diketahui semua orang.

Futures Trading

Futures trading adalah perdagangan mata uang, komoditas, serta indexis dari berbagai negara yang berbeda dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Dalam bayangan orang awam, pengertian futures trading adalah kegiatan menukarkan uang di Money Changer, jual beli komoditas kopi secara fisik, hingga bermain saham. Padahal, futures trading itu sangatlah berbeda dengan transaksi manual seperti itu.

Dalam skala internasional, perdagangan valuta asing (valas), komoditas, serta indexis dilakukan oleh berbagai pihak, mulai dari pemerintah, bank-bank sentral, perusahaan-perusahaan multinasional, hingga individual tertentu yang memiliki aset dalam jumlah besar (Big Player). Transaksi jual-beli diantara berbagai pihak itu bukan terjadi di sebuah pasar dengan bangunan fisik, melainkan dalam jaringan tak kasat mata yang disebut "market futures". Seiring dengan perkembangan teknologi, futures trading menjangkau lingkup lebih luas. Melalui internet, futures trading sekarang bisa dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sekarang, semua orang bisa futures trading. Anda dan saya pun bisa futures trading online dengan mudah dan dengan modal sekecil 10 Dolar saja.

Prinsip futures trading cukup sederhana, yaitu mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual dengan melakukan transaksi beli saat harga rendah dan transaksi jual saat harga tinggi. Misalnya, kita membeli Dolar AS sebanyak $1000 pada saat nilai tukar Rupiah terhadap Dolar berada pada nilai Rp13,250. Rupiah yang kita keluarkan untuk mendapatkan $1000 tersebut menjadi Rp13,250,000. Seminggu kemudian, Dolar AS makin kuat hingga nilai tukarnya menjadi Rp13,300. Jika kita menjual $1000 tersebut, maka akan untung Rp50,000, karena orang lain yang ingin membeli $1000-nya sekarang harus mengeluarkan Rupiah sebanyak Rp13,300,000.

Futures Market

Futures market berbeda dengan pasar tradisional. Karena disini yang diperdagangkan adalah nilai dari kontrak mata uang, komoditas, ataupun indexisnya maka pasarnya (tempat para pedagang/pelaku pasar melakukan jual beli) tidak berwujud bangunan tertentu, dan setiap pelaku pasar bisa berperan ganda sebagai penjual sekaligus pembeli. Siapa saja pelaku pasar futures ini? sangat beragam: bisa bank-bank multinasional, bank sentral, perusahaan besar, pemerintah negara manapun, institusi keuangan, spekulan, dsb. Mengingat lingkup dan pelakunya yang global, pasar futures menjadi sangat menarik dan menguntungkan. Saking globalnya, pasar futures menjadi pasar tempat perputaran uang paling besar (mencapai $4 Triliun per hari), dan sangat likuid (bisa jual dan beli dengan harga pasar, berapapun jumlahnya). Pasar futures juga buka hamper 24 jam non stop, mulai dari Senin hingga Jumat. Sehingga, kita bisa melakukan trading kapanpun sesuai dengan waktu luang kita.

Pasar futures bisa buka hamper 24 jam sehari karena perbedaan waktu dan jam kerja di tiap pusat keuangan dunia. Secara lebih terperinci, perdagangan dilakukan dalam empat sesi:

  • Pasar Australia (Sydney) jam 05.00 - 14.00 WIB.
  • Lalu ke pasar Asia (Tokyo) yaitu Jepang, Hongkong & Singapura jam 07.00 - 16.00 WIB.
  • Lalu ke pasar Eropa yaitu Jerman dan Inggris (London) jam 13.00 - 22.00 WIB
  • Pasar Amerika (New York) jam 20.00 - 05.00 (esok hari) WIB.

Peluang & Resiko Futures Trading

Secara sederhana, tujuan futures trading adalah untuk meraih profit dari naik dan turunnya nilai tukar mata uang. Hal ini bisa dicapai karena kondisi dan harga di pasar futures bergerak dengan sangat dinamis, dapat berubah sewaktu-waktu dengan cepat menanggapi peristiwa-peristiwa baik itu ekonomi, politik, perang, bencana, dsb. Bahkan untuk kawasan dengan ekonomi maju dan kuat seperti AS, Inggris, Zona Euro, atau Jepang; sedikit saja ada informasi sensitif, maka harga mata uangnya bisa bergerak naik-turun. Hal inilah yang oleh para trader dilihat sebagai suatu kesempatan dan peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Futures trading online dengan tujuan mendapatkan keuntungan seperti itu dilakukan melalui perantaraan broker futures. Modal yang dibutuhkan sangat terjangkau; bisa mulai dari $10 saja, atau bahkan gratis dengan menggunakan dana bonus yang diberikan oleh broker. Terlepas dari berbagai kelebihannya, futures trading dapat diibaratkan pedang bermata dua. Futures trading dapat membuat kita jadi kaya, tetapi juga bisa dalam sekejap mengikis habis modal kita. Tak peduli apakah futures Anda anggap sebagai salah satu jenis investasi atau sebagai perdagangan biasa, yang jelas resiko futures trading itu tinggi.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Jadi, diharapkan artikel ini dapat memberikan kemudahan anda dalam trading. Temukan informasi mengenai analisa fundamental dan teknikal yang lain yang mudah dan cocok untuk anda dalam segala kondisi market.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI TRADING ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait