ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

PERILAKU TRADER SUKSES YANG JARANG DIKETAHUI PUBLIK (Bagian 1 / 2)

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : December 04, 2020
Dilihat: 1435 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Sebuah penelitian membuktikan bahwa trader sukses memiliki pemikiran dan tindakan yang sangat berbeda dari trader yang kurang sukses. Setelah diambil kesimpulan, ternyata ada beberapa kebiasaan trader sukses yang jarang diketahui publik selama ini yang jika dipahami dengan baik tentunya bisa menambah wawasan pada trader pemula mengenai pola pikir serta aktivitas trader professional. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa ditiru dan pada akhirnya diharapkan bisa meningkatkan hasil trading para trader pemula. 

Pepatah mengatakan bahwa ‘jika Anda terus melakukan apa yang selama ini telah Anda lakukan, maka Anda akan terus mendapatkan apa yang selama ini telah Anda dapatkan’. Cobalah bertanya pada diri sendiri: bagaimana kegiatan trading Anda? Apakah Anda sudah bisa dikategorikan sebagai trader sukses atau tidak? Jika Anda merasa kinerja perdagangan Anda selama ini kurang tepat, maka inilah saatnya bagi Anda untuk melakukan sesuatu yang berbeda dengan inspirasi dari kebiasaan trader sukse yang jarang dibahas publik berikut ini. 

Trader sukses berpikir seperti seorang ‘hedge fund’ terlepas dari ukuran akun yang mereka miliki:

Istilah ‘hedge fund’ sering terdengar di dunia trading. ‘Hedge fund’ yang diterjemahkan sebagai ‘pengelola investasi global’ ini merupakan kontrak investasi kolektif privat yang biasanya ditawarkan hanya pada investor kelas atas dan diatur oleh suatu perjanjian berkenaan dengan pengelolaan dana secara khusus.

Seorang trader sukses mungkin memperdagangkan ukuran akun yang jauh lebih besar daripada kebanyakan tarder. Namun, perlu diingat bahwa ukuran akun tidak ada artinya jika Anda tidak dapat melakukan trading dengan benar. Sebagai contoh: jika Anda tidak berhasil melakukan trading di akun $1.000, Anda juga tidak akan berhasil melakukan trading di akun $10.000 atau bahkan $100.000. Ukuran akun memang dapat memperbesar keuntungan Anda. Akun yang lebih besar juga dapat mengubah hidup Anda dengan lebih cepat daripada akun yang kecil karena keuntungan yang didapat jauh lebih besar pada posisi yang lebih besar yang dapat Anda perdagangkan. Namun, sebelum Anda mampu memperdagangkan akun besar secara menguntungkan, Anda harus memperdagangkan akun kecil terlebih dahulu hingga menguntungkan. Intinya, trader sukses selalu berpikir seperti ‘hedge fund’ di mana mereka selalu berada dalam pola pikir. Mereka tidak tergiur untuk menghasilkan uang dengan cepat. Sebaliknya mereka berusaha melakukan perdagangan dengan benar dan memenangkannya yang pada akhirnya cara ini akan menghasilkan uang untuk Anda jauh lebih cepat dari yang Anda kira. 

 

Trader sukses memanfaatkan perilaku kawanan:

‘Kawanan’ yang dalam bahasa Inggris disebut dengan ‘herd’ merupakan istilah umum yang digunakan dalam dunia trading saat kita merujuk pada massa trader pemula atau amatir yang cenderung kehilangan uangnya dalam perdagangan. Untuk menghindari perilaku kawanan atau ‘herd behavior’ ini, trader sukses menempatkan diri sebagai ‘contrarian trader’ atau trader pelawan yang terbagi dalam dua bentuk di pasar:

  • Trader sukses tidak takut membeli baru dengan harga tertinggi atau menjual baru dengan harga terendah: Ironisnya, walaupun trader sukses merupakan pemikir pelawan (contrarian thinker)  yang melakukan kebalikan dari kawanan, terkadang mereka benar-benar mengikuti arus kawanan serta mengikuti pergerakan besar di pasar. Hal ini bisa menjadi sesuatu yang berlawanan untuk dilakukan, karena semua orang ingin bertaruh melawan pergerakan tersebut. Pasar sangat sering mengalami tren yang kuat. Trader yang kurang sukses akan terus bertaruh melawan tren tersebut hanya karena mereka memiliki berbagai alasan mengapa hal itu tidak bisa terus berlangsung. 
  • Trader sukses mengambil sisi lain dari perilaku kawanan: perdagangan pelawan atau contrarian trade yang jelas dan paling umum adalah mengambil sisi lain dari perdagangan yang ramai. Trader sukses tahu bahwa kebanyakan orang salah memahami pergerakan pasar sehingga mereka mengambil sisi lain dari perilaku kawanan ini. 

Artikel Terkait