ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG VPN (Bagian 1 / 2)

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: PERANGKAT PEMBANTU
Published : January 14, 2021
Dilihat: 684 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Begitu banyak peluang yang diberikan oleh internet, termasuk peluang untuk menjadi independen dalam hal lokasi. Namun, ketidak terikatan kita pada lokasi membuat kita juga menghadapi beberapa risiko. Hal ini terutama berlaku jika Anda menggunakan Wi-Fi gratis tanpa jaminan di kedai kopi, bandara atau tempat-tempat publik lainnya.  Ada saja laporan berita mengenai peretasan di berbagai tempat publik. Inilah saatnya Anda mempelajari apa yang disebut dengan VPN. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dengan VPN, dari menonton film favorit Anda ketika Anda berada di luar negeri hingga berkeliling pemfilteran internet di negara lain. Namun, yang lebih penting dari itu semua adalah VPN bisa digunakan untuk melindungi semua jenis lalu lintas internet, melindungi email Anda, akun Skype dan sebagainya. Hal terbaik lainnya adalah kemudahan dalam menggunakan VPN. Ibaratnya Anda dapat dilindungi hanya dengan satu klik. 

Jadi, apakah VPN itu? VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network atau ‘jaringan pribadi maya’ yang memungkinkan Anda menggunakan jaringan pribadi untuk membuat sambungan internet yang aman. 

Awalnya VPN digunakan untuk bisnis, tepatnya untuk melindungi informasi perusahaan swasta. Dulu di awal tahun 2000-an, memasang VPN dianggap cukup merepotkan. Anda harus melakukan beberapa kali pemanggilan dengan 20 pengaturan berbeda sebelum Anda bisa memfungsikannya. Bahkan jika Anda berhasil memfungsikannya, koneksi bisa sangat lambat sehingga hampir tidak dapat digunakan.  Namun, VPN saat ini sudah jauh lebih cepat dan lebih mudah digunakan. Bahkan, VPN sekarang merupakan suatu kebutuhan bagi para pelancong dan pekerja jarak jauh. 

Apa bahaya yang ditimbulkan oleh koneksi internet yang tidak diamankan?

Coba perhatikan ilustrasi cerita mengenai bagaimana orang jahat bisa mendapatkan informasi pribadi Anda. Hal ini akan membantu Anda memahami mengapa Anda membutuhkan VPN. Misalnya Anda pergi ke sebuah kedai kopi dan terhubung dengan ‘Wi-Fi gratis’ milik kedai kopi tersebut. Koneksi internet yang terjadi itu akhirnya bisa menghabiskan biaya lebih dari yang Anda kira. Bagaimana bisa? Pada dasarnya, peretas berada di antara komputer Anda dan router nirkabel yang tidak aman di kedai kopi tersebut. Peretas ini mengamati lalu lintas internet yang bergerak untuk melihat apakah mereka dapat mengambil informasi yang berguna, seperti informasi kartu kredit yang Anda gunakan. Benda ini bagaikan ‘mengambang’ di udara dan menunggu dipetik. Detail tentang bagaimana hal tersebut bisa dilakukan sangatlah panjang. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah bahwa hal itu bisa dilakukan oleh para peretas handal. 

Jadi, bagaimana VPN bisa melindungi data Anda? 

Saat Anda menggunakan layanan VPN, berarti Anda membuat koneksi aman antara komputer Anda dengan server VPN. Data antara komputer Anda server akan di enkripsi, sehingga hampir tidak mungkin untuk memecahkan kode informasi yang dikirimkan bolak-balik. Sederhananya, enkripsi data adalah suatu metode yang mengubah bentuk wujud data menjadi suatu format yang sukar untuk dipahami dan memerlukan kode khusus atau cara khusus untuk membacanya. Enkripsi ini akanmembuat peretas menghabiskan banyak waktu dan energi untuk memecahkan kode informasi Anda. Begitu Anda terhubung ke server VPN, Anda pun bebas menjelajah internet.  

Manfaat VPN lainnya adalah Anda dapat terhubung ke server VPN di berbagai belahan dunia, tergantung pada apa yang ditawarkan oleh layanan yang Anda ambil. Sebagai contoh, Anda sedang berada di negara Rusia, namun ingin menonton Netflix. Karena Anda hanya dapat menggunakan layanan tersebut di Amerika Serikat dan negara-negara tertentu, Anda tidak bisa menggunakannya di negara Rusia. Namun, jika Anda memiliki VPN, Anda dapat terhubung ke server AS dan dapat menonton Netflix yang Anda inginkan. 


Artikel Terkait