PERANGKAT PEMBANTU

PERANGKAT PEMBANTU

Mengenal Apa Itu Indikator Parabolic Sar

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Analisa Teknikal
Published : January 18, 2022
Dilihat: 1097 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Sumber: Freepik

Indikator ini biasa digunakan sebagai cara analisa saat pasar dalam keadaan tren. Kata SAR merupakan singkatan dari stop and reverse. Istilah ini juga menjadi fungsi dasar dari indikator parabolic SAR sebagai penanda stop atau berhenti dan reverse atau berbaliknya arah tren.

Anda tidak perlu membuat indikator ini secara manual, karena parabolic SAR biasanya sudah tersedia (built-in) pada platform trading online, termasuk MetaTrader 4 dan MetaTrader 5. Dalam tampilannya di MetaTrader, indikator ini muncul sebagai titik-titik pada bagian atas atau bawah candlestick.

 

Setting Parabolic Sar

belajar trading Mengenal Apa Itu Indikator Parabolic Sar 1
Sumber: Freepik

Indikator ini sudah tersedia pada MetaTrader 4 dan MetaTrader 5, artinya adalah Anda hanya cukup untuk membuka “Menu Chart/Grafik” pada platform trading Anda, lalu pilih subfolder “Trend” pada daftar “Indicator” di dalam platform “Navigator” dan klik dua kali pada “Parabolic SAR“.

Setelah itu, Anda akan melihat dua kolom yaitu “Step” dan “Maximum“. Dimana “Step” adalah untuk ukuran faktor akselerasi, nilai standar yang ditetapkan adalah 0,02. Faktor akselerasi atau acceleration factor dimulai dengan nilai ini dan kemudian akan meningkat secara bertahap sebanyak 0,02 sampai mencapai nilai maksimum 0,20.

 

Komponen Pembentuk Parabolic Sar

1. Extreme Point (EP): Ditentukan bergantung tren yang sedang berlangsung saat ini.

2. Significant Point: Harga tertinggi atau terendah pasar dalam satu periode.

3. Acceleration Factor (AF): Faktor akselerasi adalah sebuah nilai yang digunakan dalam penempatan titik SAR.

 

Dalam perhitungannya, Parabolic SAR dituliskan sebagai berikut:

SARBesok= SARSaatIni (AFx (EP-SARSaatIni)

Kesimpulannya adalah, bahwa Parabolic SAR hanyalah sebuah alat bantu untuk Anda yang merasa bingung ketika menentukan sampai mana trend akan bergerak. Untuk Anda yang agresif dan ingin mencoba menggunakan ini sebagai titik entry, sangat disarankan untuk dikombinasikan dengan cara lain.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- Untuk pembelajaran lebih intensif dan lebih dalam, silahkan
  ke Sekolah Forex Gatis
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI


Artikel Terkait