PSIKOLOGI TRADING

PSIKOLOGI TRADING

Cara Meminimalisir Kecanduan Trading

Story by : Geraldo Kofit
Category at: Artikel Baru
Published : October 12, 2022
Dilihat: 372 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

Akhir-akhir ini, trading menjadi semakin populer sebagai sumber penghasilan tambahan. Setelah aplikasi-aplikasi mobile semakin merajalela, aktivitas trading menjadi lebih mudah dilakukan. Maka tak heran bila banyak orang mulai terpikat untuk terjun ke dunia trading dengan harapan meraup profit berlimpah.

Sayangnya, meski trading dapat membuat Anda meraup ekstra cuan, tetapi bisa saja berakhir tragis. Bila tidak terkontrol, tak hanya akun, tapi juga psikologi Anda ikut terganggu.

Para trader pemula rentan mengalami berbagai kondisi psikologis seperti FOMO, overleveraging, hingga kecanduan trading.

Meski hobi trading, bukan berarti Anda otomatis ketagihan trading. Namun jika Anda memilih trading dibandingkan melakukan hal penting lainnya, maka Anda harus waspada.

Untuk itu, beberapa cara berikut ini bisa dicoba agar kecanduan trading tidak semakin parah:

  • Istirahat Sejenak

Cara menghindari kecanduan trading bisa dimulai dengan meninggalkan monitor Anda sebentar dan manjakan diri beberapa hari untuk berlibur atau sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga.

Anda juga bisa berolahraga, atau mungkin duduk dan menonton Netflix. Apa pun yang Anda lakukan, pastikan untuk menjauhkan diri sementara waktu dari chart-chart trading.

Layaknya seorang atlet, trader juga butuh waktu istirahat. Hal ini akan memberi kesempatan bagi pikiran untuk pulih dari stress sehingga membantu Anda kembali trading dengan lebih segar dan penuh semangat.

  • Membuat Jurnal Trading

Seringkali, mereka yang kecanduan tidak menyadari kondisinya. Dengan memiliki jurnal trading, Anda akan menulis semua ide, pemikiran, dan tindakan sehingga mudah untuk melihat apakah sudah terlalu banyak pasang posisi atau tidak. Jurnal trading memungkinkan Anda mencatat semua hal yang ditemukan dan dilakukan selama trading.

Anda pun jadi sadar mengenali trading setup dan pemicu emosi di balik setiap transaksi. Selain itu, mendokumentasikan setiap transaksi juga dapat membantu mendeteksi kekuatan dan kelemahan Anda sebagai trader, lho.

  • Ketahui Batasan Anda

Tetapkan kerugian trading maksimum, mungkin antara 1-3% per hari. Hal tersebut bakal membantu mengendalikan aktivitas trading Anda. Ingat, prioritas utama adalah menjaga kapital sehingga cukup sebagai modal trading di lain hari.

Setiap trader diharuskan menggunakan sistem loss limit agar bisa membatasi kerugian dari modal yang digunakan dalam satu transaksi. Setelah persentase kerugian tercapai, Anda bisa langsung berhenti trading dan segera keluar pasar secepat mungkin sebelum kerugian bertambah besar.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan Anda BACA dan PAHAMI artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Geraldo untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALDO silakan hubungi di SINI.

Artikel Terkait