PSIKOLOGI TRADING

PSIKOLOGI TRADING

KUTIPAN TRADING INSPIRATIF (BAGIAN 2 – HABIS)

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : September 09, 2020
Dilihat: 2892 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Belajar dari para trader handal bisa melalui kutipan yang mereka tulis. Seperti apa? 

“Sebenarnya tidak ada rahasia pasar tunggal untuk ditemukan dan tidak ada satu cara yang tepat untuk memperdagangkan pasar. Mereka yang terus mencari satu jawaban benar untuk pasar, bahkan mereka belum mengajukan pertanyaan apalagi mendapatkan jawaban yang tepat.” - Jack Schwagger

Artinya: Kutipan trading inspiratif ini mengingatkan Anda untuk berhenti mencari jalan pintas. Pada kenyataannya, tidak ada yang benar-benar tahu bagaimana cara memecahkan pasar dan menjadi trader sukses sepanjang waktu.

 

 

"Jika sebagian besar pedagang belajar untuk diam saja sebanyak 50 persen dari waktu, mereka akan menghasilkan lebih banyak uang." - Bill Lipschutz

Artinya: Trader terbaik paham bahwa kesabaran merupakan kunci untuk membuat trading yang sukses. Jika ingin sukses, sebaiknya tidak terlalu sering melakukan trading dan hindari trading berlebihan (overtrading). 

 

 

"Dalam trading atau investasi, sebenarnya bukan tentang berapa banyak yang Anda hasilkan, namun seberapa banyak Anda tidak mengalami  kerugian." - Bernard Baruch

Artinya: Sebelum Anda melakukan trading, Anda perlu memahami rasio risk-reward Anda. Manajemen risiko yang tepat lebih penting daripada Anda terus berpacu untuk menghasilkan uang. 

 

“Setiap trader memiliki kekuatan dan kelemahan. Beberapa selalu menang, namun mungkin ada yang sering mengalami kekalahan. Selama Anda tetap berpegang pada gaya trading Anda sendiri, Anda pasti mendapatkan yang baik dan yang buruk tersebut berdasarkan pendekatan Anda sendiri.” – Michael Marcus. 

Artinya: Setiap trader memiliki gaya trading masing-masing. Apa yang berhasil bagi Anda sebagai trader belum tentu berhasil juga untuk orang lain. 

 

“Waktu adalah temanmu dan dorongan hati adalah musuhmu. " - John Bogle

Artinya: Kutipan trading inspiratif ini mengingatkan Anda untuk selalu bersabar. Luangkan waktu Anda untuk belajar dan bersabar dalam trading serta tidak menyerah pada dorongan hati Anda. 

 

“Ada waktu lama untuk pergi, ada waktu singkat untuk pergi dan ada waktu untuk memancing. ”- Jesse Livermore

Artinya: Kutipan trading inspiratif yang menyinggung soal sebaiknya tidak melakukan trading terlalu sering. Berhenti sebentar dan istirahat dari trading dapat membuat Anda menjadi trader yang lebih baik. 

 

“Jangan mengantisipasi dan bergerak tanpa konfirmasi pasar karena sedikit terlambat dalam trading  Anda adalah jaminan bahwa Anda benar atau salah.” - Jesse Livermore

Artinya: Hal ini merupakan satu tip bagus bagi trader yang menggunakan analisis. Anda perlu menunggu dan mengkonfirmasi bahwa tren sedang muncul sebelum melakukan trading. Dengan begitu, Anda bisa yakin strategi trading Anda pasti akan berhasil.  

 

"Keinginan untuk bertindak terus-menerus terlepas dari kondisi yang mendasarinya merupakan suatu tindakan yang bertanggung jawab atas banyak kerugian di Wall Street. Bahkan hal ini juga terjadi di antara para profesional, yang merasa bahwa mereka harus membawa pulang sejumlah uang setiap hari, seolah-olah mereka bekerja dengan gaji tetap." - Jesse Livermore

Artinya: Banyak trader yang terkadang lupa bahwa trading bukan seperti pekerjaan kantoran dari pukul 9 hingga pukul 5 sore. Anda tidak akan menghasilkan uang dari trading setiap hari.

 

“Uang dihasilkan dengan duduk, bukan trading.” - Jesse Livermore

Artinya: kutipan ini menunjukkan bahwa duduk dan menunggu kesempatan merupakan tindakan yang tepat. Kesabaran adalah kuncinya. 

 

“Saya belajar sejak awal bahwa tidak ada yang baru di Wall Street. Tidak mungkin ada karena spekulasi sudah setua terbentuknya sebuah bukit. Apapun yang terjadi di pasar saham saat ini telah terjadi sebelumnya dan akan terjadi lagi. Saya tidak pernah melupakan itu. " - Jesse Livermore

Artinya: Hal ini membuktikan sebuah faktas bahwa pasar itu selalu berulang. Jika suatu situasi muncul sebelumnya, situasi itu pasti akan muncul kembali suatu saat nanti. 


Artikel Terkait