PSIKOLOGI TRADING

PSIKOLOGI TRADING

Tips Mengatasi Masalah Psikologi Trading Dengan Mudah

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Psikologi
Published : October 04, 2022
Dilihat: 513 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Sumber: Freepik

Aspek trading psikologi merupakan suatu komponen emosional dari proses pengambilan keputusan investor yang dapat membantu menjelaskan mengapa beberapa keputusan tampak lebih rasional daripada yang lain.

Bisa dikatakan, psikologi trading juga merupakan suatu emosi yang timbul pada seorang trader pada saat melakukan aktivitas trading sebagai reaksi dari hasil trading mereka yang entah merugi atau beruntung.

Psikologi trading yang stabil sangatlah diperlukan yaitu agar bisa mengikuti dengan baik aturan-aturan sistem trading dan sistem manajemen risiko yang sedang digunakan.

Itulah sebabnya trader juga harus belajar mengenai psikologi trading. Agar bisa lebih mengendalikan emosi, dan tidak mempengaruhi psikologis saat melakukan trading. Sepintar apapun seorang trader, tetap akan kalah jika memiliki emosional yang tidak stabil. Hal ini disebabkan oleh pergerakan market yang membingungkan, dan tentunya akan membuat trader mudah merasa bimbang untuk menentukan keputusan yang benar di dalam market. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola emosi saat bertrading,

 

Emosi yang harus diwaspadai oleh trader

Menurut Dr. Van K. Tharp Ph.D, trading yang sukses sebagian besar dipengaruhi oleh penguasaan psikologi trading yang baik. Sisanya adalah dengan money management dan system trading yang dimiliki oleh trader. Kesuksesan dalam trading merupakan hasil gabungan antara strategi dan emosi yang terkendali dengan baik. Sehingga menghasilkan tindakan dan keputusan yang tepat dari trader.

 

lakukan trading sesuai dengan strategi

Tips Mengatasi Masalah Psikologi Trading Dengan Mudah1
Sumber: Freepik

Trader harus konsisten terhadap strategi atau plan trading yang sudah dibuatnya. Rencanakan strategi trading dengan baik dan menggunakan analisa yang benar. Lalu eksekusikan plan tersebut dengan percaya diri tanpa keraguan. Anda harus disiplin terhadap plan yang sudah dibuat. Jika sekali saja Anda melanggar plan tersebut, maka akan menjadi kebiasaan dan malah akan berakhir merugikan.

 

Jangan terbawa emosi hingga melakukan overtrade

Trader yang memiliki psikologi trading yang lemah, biasanya akan mudah tertarik untuk bermain dalam modal yang besar dan tidak terarah. Akibat terbawa emosi setelah profit bertambah. Langkah berikutnya trader tiba-tiba mengeluarkan modal yang sangat besar dengan berharap mendapatkan keuntungan kembali. Hal ini tentunya malah akan merugikan trader, karena resiko kehilangan atau loss menjadi sangat besar.

 

Sering mengambil waktu jeda

Tips Mengatasi Masalah Psikologi Trading Dengan Mudah3
Sumber: Freepik

Saat emosi yang kuat muncul, luangkan waktu Anda untuk diam sebentar sebelum mulai melakukan trading. Brett Steenbarger, penulis The Psychology of Trading, menyarankan melakukan meditasi, olahraga atau self-hypnosis, agar dapat meningkatkan fokus dan membantu trader dalam mengatur emosional saat melakukan trading.

Aspek terpenting dari psikologi trading adalah perasaan emosi yang normal. Terimalah emosi Anda bukan sebagai kelemahan tapi kekuatan. Jadi Anda bisa benar-benar jujur tentang apa yang Anda rasakan. Ketika mengalami kerugian maka jadikanlah hal tersebut sebagai pelajaran untuk mengasah keterampilan trading Anda.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- Untuk pembelajaran lebih intensif dan lebih dalam, silahkan
  ke Sekolah Forex Gatis
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI


Artikel Terkait