JURUS FUNDAMENTAL

JURUS FUNDAMENTAL

FAKTA UNIK TENTANG UANG KERTAS DOLAR AS

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : December 18, 2020
Dilihat: 1419 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Pernahkah Anda mengamati selembear uang kertas Dolar AS? Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa ada beberapa fakta unik tentang uang kertas Dolar sebagai mata uang di negara Amerika Serikat ini.

Fakta #1 – Anda bisa mencari tahu di mana uang kertas Dolar AS tersebut diterbitkan

Anda bisa mengetahui bank mana yang menerbitkan uang kertas Dolar AS tersebut dengan melihat nomor seri yang terdiri dari deretan dua huruf alfabet dan delapan angka. Huruf pertama menjelaskan bank mana yang menerbitkan uang kertas tersebut dengan makna:

A = Boston

B = New York

C = Philadelphia

D = Cleveland

E = Richmond

F = Atlanta

G = Chicago

H = St. Louis

I = Minneapolis

K = Dallas

L = San Francisco

 

Fakta #2 – Tak hanya bakteri yang ada di uang kertas Dolar AS

Kita semua tahu bahwa uang kertas dari negara mana pun tentunya banyak menyimpan bakteri dari waktu ke waktu. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 90 persen uang kertas Dolar AS di kota-kota di Amerika Serikat ini ternyata menyimpan bekas-bekas kokain. Bahkan, jejak kokain tersebut makin banyak ditemukan di uang kertas Dolar AS di kota Detroit, Orlando, Miami, Boston dan Los Angeles. 

Fakta #3 – Uang kertas pertama kali dicetak di Amerika Serikat

Departemen Keuangan AS (The US Department of Treasury) mencetak mata uang kertas AS pertama kali pada tahun 1862. Uang kertas tersebut digunakan untuk mengganti kekurangan koin dan untuk membiayai Perang Saudara (Civil War) saat itu. Orang-orang mulai menimbun koin karena ketidakpastian situasi yang disebabkan oleh Perang Saudara yang terjadi. Pada masa Perang Saudara, nilai barang berfluktuasi secara drastis. Karena koin terbuat dari emas dan perak, maka nilainya tidak banyak berubah. Itulah mengapa orang-orang ingin bertahan menyimpan koin-koin tersebut daripada membelanjakannya untuk barang yang mungkin telah kehilangan nilainya. Itulah mengapa muncul situasi kurangnya koin di masyarakat pada masa itu. 

Fakta #4 – Gambar wanita pertama yang muncul di uang kertas AS

Martha Washington merupakan satu-satunya wanita yang gambarnya muncul di uang kertas AS, tepatnya di bagian depan Sertifikat Perak $1 pada tahun 1886 dan tahun 1891, serta bagian belakang Sertifikat Perak $1 pada tahun 1896. Martha Washington sendiri merupakan istri dari Presiden pertama AS George Washington. Sertifikat perak atau silver certificate adalah jenis alat pembayaran yang sah dalam bentuk uang kertas yang diterbitkan oleh pemerintah AS mulai tahun 1878. 

Fakta #5 – Sejarah di balik gambar elang di uang kertas AS

Antara tahun 1830 hingga tahun 1836, seekor burung elang selalu menukik ke gedung US Mint Philadelphia. Begitu seringnya hal itu terjadi sehingga para pekerja memberi nama burung itu sebagai ‘Peter the Mint Eagle’. Kabarnya, para pekerja juga merawat burung yang akhirnya menjadi model di uang kertas AS tersebut.

 

Fakta #6 – Uang kertas yang bukan kertas

Tahukah Anda bahwa uang kertas AS sama sekali bukan terbuat dari kertas? Karena uang kertas tersebut sebenarnya terbuat dari 25  persen linen dan 75 persen katun. Bahkan, pada masa pemerintahan Presiden Benjamin Franklin (dengan masa jabatan dari tanggal 18 Oktober 1785 hingga tanggal 5 November 1788), orang memperbaiki uang kertas yang robek dengan cara menjahitnya menggunakan jarum dan benang. 

 

 


Artikel Terkait