ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN STOP ORDER

Story by : Geraldo Kofit
Category at: MONEY MANAGEMENT
Published : July 21, 2021
Dilihat: 918 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

Dalam pasar forex sebenarnya banyak kesempatan untuk entry, tetapi mungkin kita tidak ada waktu untuk selalu memonitor pergerakan harga, atau tidak tertarik untuk duduk berjam-jam didepan komputer hanya untuk menunggu sinyal trading. Memang sangat membosankan dan tidak efektif, disamping kita bisa saja tergoda untuk masuk sebelum sinyal trading benar-benar muncul. Untuk mengatasi hal ini trader sering kali menggunakan fasilitas "Stop Order" yang disediakan oleh platform trading.

Keuntungan Menggunakan Stop :

  • Buy Stop dimana kita bisa melakukan order buy diatas harga sekarang (current price atau running price)
  • Sell Stop dimana kita bisa order dibawah harga sekarang.

atas minimum level Buy Stop dan Sell Stop dari harga sekarang ditentukan oleh broker, dan biasanya untuk setiap broker berbeda-beda.
berikut beberapa keuntungan menggunakan Stop Order :

1. Konfirmasi Terhadap Momentum

Jika Anda memperkirakan arah pergerakan harga cenderung akan uptrend setelah menembus level resistance maka Anda bisa membuka order Buy Stop beberapa pip diatas level tersebut. Dan sebaliknya jika Anda memperkirakan arah harga akan cenderung downtrend maka Anda bisa membuka order Sell Stop beberapa pip dibawah level support. Level-level resistance dan support tersebut menentukan momentum pergerakan harga selanjutnya.
Dengan membuka Stop Order berarti Anda telah mengkonfirmasi posisi Anda sesuai dengan momentum pergerakan harga yang akan terjadi. Anda juga bisa sekaligus menentukan level stop loss dan target sesuai dengan risk/reward ratio yang Anda rencanakan. Selama order tersebut belum tereksekusi, Anda bisa merubah level entry ataupun membatalkannya.

2. Tidak Harus Terus Menerus Memonitor Pergerakan Harga

Dengan menggunakan Stop Order atau Pending Order ini, Anda tidak harus memonitor pergerakan harga terus menerus untuk menunggu sinyal trading. Namun demikian cara ini hanya digunakan jika Anda memang mengincar kondisi breakout pada level resistance ataupun support. Jika Anda kebetulan trading dengan mengandalkan formasi setup price action, Anda harus memonitor juga pergerakan harga walau tidak sering, karena biasanya trader price action menggunakan time frame tinggi (daily atau 4-hour), dan formasi setup price action yang valid tidak selalu terjadi pada level resistance atau support.

3. Mencegah Over Trading

Dengan tidak selalu memonitor pasar maka Anda akan terhindar dari over-trading akibat analisa pasar yang berlebihan. Dari pengalaman para trader over-trading cenderung menyebabkan kerugian akibat sinyal-sinyal trading yang kurang valid (false signal).

4. Meningkatkan Disiplin

Dengan membuka Stop Order Anda memberi kesempatan pasar untuk bekerja. Stop Order akan membuat Anda entry sesuai dengan level harga yang Anda prediksikan. Sekali Anda berhasil dengan Stop Order maka Anda akan cenderung menggunakannya untuk trade berikutnya, dengan demikian akan meningkatkan disiplin Anda dalam trading.

5. Keuntungan Menggunakan Stop

"Ekor panjang" yang terjadi mencerminkan sentimen pelaku pasar yang semula mendorong dengan kuat pergerakan harga untuk berbalik arah melawan trend, tetapi karena suatu sebab sentimen pasar berbalik. Sesuai karakter pelaku pasar yang cenderung "ngikut yang kuat", pegerakan harga akan terdorong balik dengan kuat pula hingga terbentuk formasi "ekor panjang" yang hanya merupakan "retracement" dari keseluruhan trend, bukan "reversal".
Agar diperoleh momentum entry yang akurat, kita bisa membuka Sell Stop order pada level terendah sinyal pin bar tersebut, atau beberapa pip dibawahnya. Dengan demikian kita mendapatkan konfirmasi ekstra jika pergerakan harga telah benar-benar menembus level terendah pin bar tersebut.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait