ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

Mesti Punya! Ini 8 Buku Terbaik Untuk Trader Pemula

Story by : Danuh Nuraga
Category at: TIPS & TRICK TRADING
Published : June 30, 2020
Dilihat: 3684 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Sobat trader, membekali pengetahuan sebelum memulai trading adalah hal yang wajib Anda lakukan. Salah satunya bekal yang paling jitu adalah pengetahuan seputar trading dengan membaca banyakbuku. Sekarang ini meskipun zaman sudah serba digital, bukan berarti buku non-digital kehilangan peminat. Masih banyak orang yang memilih belajar melalui buku.

Berikut ini adalah 8 judul buku yang cocok untuk dibaca oleh para trader pemula. Buku-buku yang bertemakan trading ini tidak diragukan lagi kualitasnya. Karena ditulis langsung oleh para trader yang sudah berpengalaman di bidangnya.

1. Day Trading dan Swing Trading the Currency Market

Penulis buku ini adalah Kathy Lien, seorang analis mata uang terkenal di dunia, direktur pengelola BK Asset Management, dan sering menjadi tamu di program Bloomberg, CNBC, dan Reuters. Sekarang dalam edisi ketiganya, bukunya menggunakan pendekatan dua cabang yang menggabungkan teori dan pembelajaran. Hal ini dapat ditindaklanjuti dengan wawasan seimbang ke dalam strategi perdagangan valuta asing fundamental dan teknis yang dirancang untuk menghasilkan keuntungan reguler.

Lien memandu pembaca selangkah demi selangkah melalui fundamental Forex seperti faktor jangka panjang dan pendek yang memengaruhi pasangan mata uang. Dia juga membahas strategi perdagangan analisis teknis yang digunakan pedagang valuta asing profesional setiap hari.

 

2. Perkiraan Mata Uang: Panduan untuk Model Fundamental dan Teknis Penentuan Nilai Tukar

Michael Rosenberg yang waktu itu seorang analis di Merrill Lynch, menulis salah satu karya definitif tentang perdagangan valuta asing. Ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1995. Sejak itu, analis dan pedagang telah beralih ke teksnya yang ringkas, intuitif, dan cerdas.

Dalam buku ini Rosenberg menggabungkan ekonomi makro valuta asing dan dinamika moneter internasional dengan analisis fundamental dan teknis. Kemampuan Rosenberg untuk menggambarkan hubungan yang jelas antara faktor-faktor keuangan dan ekonomi yang berbeda terus membuat Peramalan Mata Uang menjadi panduan bagi para pedagang mata uang.

 

 

3. The Market Wizard Series

Siapa yang tak kenal Jack Schwager? Trader saham sekaligus Fund Manager ini dikenal karena kemampuannya memahami kondisi pasar dengan baik, sehingga dapat memanfaatkan peluang secara tepat dan meraih cuan.

Selain itu, nama Jack Schwager kian dikenal karena tulisan-tulisannya dalam buku berjudul "The Market Wizards Series". Dalam seri buku tersebut, Jack menghadirkan ulasan lengkap mengenai kisah trader-trader sukses berikut strategi yang mereka gunakan, termasuk Price Action.

Jack kerap melakukan wawancara dengan beberapa trader terkenal, kemudian menuangkan hasil wawancaranya tersebut menjadi serial The Market Wizards. Adapun buku karangannya terbagi dalam 4 seri, antara lain:

  • Market Wizards – Interviews With Top Trades
  • The New Market Wizards
  • Stock Market Wizards
  • Hedge Fund Market Wizards

Dalam dua seri buku pertama, Jack menuliskan hasil interviewnya dengan berbagai tipe trader dari beragam kondisi pasar. Sementara dua seri buku terakhirnya berisi ulasan mengenai trader saham dan Hedge Fund Manager. Dari hasil wawancara dengan beberapa trader terkemuka, Jack memperoleh pelajaran bahwa profit dalam trading bukan sesuatu yang hanya keberuntungan semata.

Ia juga menyatakan bahwa keahlian trading memerlukan pengetahuan yang mendalam tentang psikologi watak manusia. Dengan demikian, "Trading For Living" bukanlah sesuatu yang sulit dicapai. Sebab, para "Market Wizards" telah membuktikannya.  

 

4. Candlestick Charting For Dummies Oleh Russel Roads

Menjadi seorang trader Price Action tentu harus paham betul mengenai seluk beluk grafik candlestick, mulai dari cara menampilkannya di platform trading, membaca pola-polanya, hingga menyimpulkan indikasi yang ditunjukkan dari pola-pola tersebut sebagai sinyal. Namun bagi trader pemula, cara menggunakan candlestick tampak amat membingungkan. Bagaimana bisa sebatang candle berwarna merah dan hijau memiliki arti yang berbeda, bahkan bisa menunjukkan indikasi terjadinya reversal atau sebaliknya.

Nah, jika Anda termasuk kelompok pemula yang masih kesulitan membaca candle, maka tak ada salahnya membaca buku Price Action karangan Russel Roads berjudul "Candlestick Charting For Dummies".

Dalam buku tersebut, Russel menjelaskan bagaimana cara membaca candlestick yang mudah dan sederhana bagi para pemula. Sayangnya, menurut resensi dari beberapa pembaca lain, kelemahan buku ini terletak di bagian akhir bahasan.

Russel mengulas berbagai jenis indikator teknikal yang bisa ditambahkan dalam chart. Padahal, penggunaan jenis-jenis indikator tersebut sebenarnya belum disarankan untuk para pemula. Selain belum menguasai chart candlestick secara utuh, menambahkan ragam indikator dalam chart justru akan memusingkan dan tidak sesuai dengan prinsip strategi Price Action yang relatif independen dari penggunaan indikator.  

5. Methods of A Wall Street Master

Buku ketiga yang wajib dibaca oleh para pemula adalah karangan seorang trader komoditas terkemuka, yaitu Victor Sperandeo alias Trader Vic. Selain dikenal sebagai trader penggemar sektor pertambangan, ia juga berprofesi sebagai Presiden Alpha Financial Technologies sekaligus penulis buku-buku trading yang amat diminati.

Adapun salah satu buku trading yang ditulisnya berjudul "Methods of a Wall Street Master". Di dalamnya, Trader Vic cenderung menjelaskan bagaimana harga berbagai instrumen bisa berfluktuasi dalam. Alih-alih membagikan bermacam-macam strategi trading, Trader Vic justru menguraikan faktor-faktor apa saja yang dapat menggerakkan harga, terutama dari sisi fundamental.

Memang benar demikian. Menjadi trader Price Action artinya Anda akan lebih banyak berfokus pada analisa teknikal. Akan tetapi, bukan berarti Anda mengabaikan analisa fundamental sama sekali. Beberapa trader Price Action juga kerap memperhatikan fundamental untuk mengetahui perubahan sentimen para pelaku pasar. Sehingga, membaca buku karangan Trader Vicbisa membantu Anda memahami penggunaan fundamental dalam strategi Price Action. No worries, pengetahuan soal fundamental yang diulas Trader Vic dikemas dalam bahasa yang ringan dan mudah dipahami, kok.

 

6. The Psychology Of Trading  

Sebagai seorang pemula, faktor psikologis tentu masih lekat mempengaruhi tingkat keberhasilan trading. Rasa takut sekaligus serakah yang muncul dalam benak masing-masing trader akan menjadi bom waktu bila tak di-manage dengan baik. Selain membaca beberapa artikel psikologi yang banyak tersaji di rubrik Psikologi Trader, Anda juga bisa membaca buku berjudul "The Psychology of Trading" karangan Brett Steenbarger. Lantas, apa alasannya sehingga buku ini layak untuk Anda baca sebagai salah satu buku Price Action ideal?

Di dalam buku karangannya ini, Brett menjabarkan apa saja kiat-kiat sukses agar Anda bisa mengendalikan kondisi psikologis dengan baik selama trading. Berhenti mengulangi kesalahan yang sama adalah intisari utama dari buku ini. Anda bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan tersebut dengan membuat evaluasi trading berupa jurnal, menyusun ulang strategi trading, menenangkan diri selama beberapa waktu, dan sebagainya.

Brett juga menyarankan trader untuk melakukan kegiatan fisik, seperti olahraga ringan sebelum trading. Dengan melakukan pemanasan sekitar 10-15 menit, aliran darah di dalam tubuh akan menjadi lancar. Jika aliran darah ke otak lancar, maka secara mental Anda pun siap menghadapi pasar yang tidak menentu pergerakannya, termasuk menerapkan strategi Price Action untuk mencari peluang terbaik.  

 

7. Reading Price Charts Bar By Bar: The Technical Analysis Of Price Action For The Serious Trader

Jika Anda telah menamatkan "Candlestick Charting For Dummies", maka buku Price Action soal candlestick selanjutnya yang bisa Anda baca adalah buku karangan Al Brooks. Penjelasan lebih detail mengenai candlestick bisa Anda dapatkan di sini, seperti indikasi candle dengan body besar atau sumbu panjang, apakah seller atau buyer yang sedang mendominasi, dan sebagainya.

Selain itu, Brooks juga mengajarkan bagaimana cara memasang trendline dan indikator Moving Average untuk trading dengan Price Action. Kedua tools tersebut digunakannya sebagai konfirmator pola-pola candle yang terbentuk dalam chart. Dengan berbekal dua konfirmator tersebut, diharapkan trader dapat membaca peluang lebih baik sehingga bisa menentukan keputusan entry yang tepat.  

 

8. Getting StartedIn Chart Patterns (Thomas Bulkowski)

Selain menguasai soal chart candlestick, seorang trader Price Action juga sebaiknya memahami soal Chart Pattern. Chart Pattern adalah suatu pola grafik harga yang terjadi secara berulang, sehingga polanya bisa digunakan untuk memprediksi kemana harga akan bergerak. Selain bisa mendeteksi arah harga, Chart Pattern juga dapat diamati di semua time frame, mulai dari menitan hingga bulanan.

Bagi beberapa trader Price Action sukses, menguasai Chart Pattern dapat membantu mereka untuk membaca kondisi pasar dengan cepat, sehingga bisa mengambil keputusan entry yang tepat dan dengan segera. Karena alasan inilah Thomas Bulkowski menulis sebuah buku Price Action berjudul "Getting Started in Chart Patterns".

Di dalam buku tersebut, Thomas menjelaskan dengan gamblang soal Chart Pattern. Bagaimana cara mengenali serta indikasi apa yang ditunjukkan oleh masing-masing Chart Pattern adalah contoh topik yang disajikannya secara amat lugas.


Artikel Terkait