JURUS FUNDAMENTAL

JURUS FUNDAMENTAL

APA YANG MEMPENGARUHI NILAI DOLAR? NIH PELAJARI 

Story by : Indri Dwi
Category at: Analisa Fundamental
Published : April 28, 2020
Dilihat: 2511 kali

Indri Dwi adalah Seorang Trading Coach dan Profesional trader yang memiliki lebih dari 8 tahun pengalaman dalam perdagangan Emas & Forex. Keahliannya dalam trading khususnya saat menggunakan Exponential Moving Average. Indri ada disini untuk membimbing Anda dalam trading dan membantu Anda menemukan broker yang tepat dan terpercaya..


zoom

Apakah yang paling mempengaruhi mata uang global yang menjadi penguasa saat ini. Yes, Dolar AS (Kurs: $; Kode: USD; disingkat US$) adalah mata uang resmi Amerika Serikat dan digunakan secara luas di dunia internasional sebagai kurs cadangan devisa di luar AS. Namun, apakah nilai mata uang ini dapat berubah nilainya? lalu apa saja faktor yang mempengaruhi perubahan nilai mata uang terkuat ini ? 

Kestabilan Politik Dan Ekonomi.


Kondisi ekonomi selama resesi yang dimulai pada tahun 2007 silam telah memaksa pemerintah AS untuk memainkan peran yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam perekonomian. Karena pertumbuhan ekonomi surut akibat dari deleveraging besar aset keuangan yang terjadi. Pemerintah AS harus mengambil kebijakan untuk meningkatkan belanja pemerintah dan menjaga perekonomian berjalan. Tujuan dari pengeluaran mereka adalah untuk menciptakan lapangan kerja sehingga konsumen bisa mendapatkan uang dan meningkatkan konsumsi sehingga mendorong pertumbuhan yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi.

Pemerintah mengambil posisi ini dengan mengorbankan defisit akan meningkat dan utang nasional. Biaya kenaikan ini dengan dasarnya mencetak uang dan dengan menjual obligasi pemerintah untuk pemerintah asing dan investor yang mengakibatkan peningkatan pasokan dollar. Oleh karena itu sebagai hasilnya dollar terdepresiasi.

Dari segi pperpolitikan global, Cina memberikan tarif bea masuk senilai US$ 75 miliar untuk barang-barang yang diimpor dari Amerika Serikat, seperti produk pertanian, pakaian, mobil, bahan kimia dan tekstil. Presiden AS, Donald Trump pun juga melakukan hal yang sama. Ia menaikkan tarif bea masuk sebesar 5% untuk barang-barang yang diimpor dari Cina. Sesuai dengan pernyataannya, Trump tidak ingin Amerika Serikat bergantung kepada Cina yang berujung pada defisit perdagangan serta pencurian kekayaan intelektual.

Inflasi dan Nilai Tukar Mata Uang


Bagaimana, misalnya, jika inflasi di Indonesia secara terus menerus lebih tinggi inflasi di AS? Tentu, nilai mata uang Indonesia (Rupiah) akan turun lebih cepat dari penurunan mata uang AS (Dollar AS). Dalam kata lain, Rupiah dalam jangka panjang akan melemah terhadap dollar AS. Jadi, faktor utama yang menyebabkan suatu mata uang melemah atau menguat terhadap mata uang lain, dalam jangka panjang, adalah perbedaan inflasi.

Selanjutnya, Nilai Tukar Riil Efektif atau lebih dikenal sebagai REER (Real Effective Exchange Rate). Currency Strategist atau Ekonom biasanya memonitor perubahan REER ini dari waktu ke waktu. Teorinya, REER tidak boleh berubah banyak, karena perubahan inflasi telah direfleksikan dalam nilai tukar aktual (nominal) itu sendiri maka REER tidak berubah. Realitanya, tentu REER juga berubah, karena perubahan nilai tukar aktual di pasar tidak hanya merefleksikan perbedaan inflasi, apalagi dalam jangka pendek dan panjang. Biasanya, selama REER tidak perubah melebihi range tertentu, baik naik ataupun turun, nilai mata uang masih dianggap wajar.

Kebijakan Rutin Amerika Serikat


Federal Reserve System (The Fed), yang merupakan bank sentral Amerika Serikat, mengeluarkan beberapa kebijakan keuangan yang bertujuan untuk menstabilkan perekonomian negara USA. Kebijakan tersebut tentunya akan mempengaruhi kondisi keuangan global, mengingat USA adalah salah satu negara dengan pelaku ekonomi yang paling berpengaruh di dunia. Seperti pada tahun 2008 silam, The Fed pernah melakukan Quantitative Easing atau Tapping Off untuk memulihkan kondisi ekonomi ketika Amerika mengalami krisis ekonomi yang cukup parah.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Jadi, diharapkan artikel ini dapat memberikan kemudahan anda dalam trading. Temukan informasi mengenai analisa fundamental dan teknikal yang lain yang mudah dan cocok untuk anda dalam segala kondisi market.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI TRADING ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.
  • CALL atau whatsapp dan cari INDRI silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait