JURUS FUNDAMENTAL

JURUS FUNDAMENTAL

BANK OF ENGLAND, BANK SENTRAL INGGRIS YANG MEMILIKI PERAN BESAR DI MARKET FUTURES

Story by : Geraldo Kofit
Category at: Analisa Fundamental
Published : November 04, 2020
Dilihat: 1992 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

"Sementara itu, pertumbuhan global yang lesu akan mendorong para pembuat kebijakan BOE untuk mempertahankan sikap akomodatifnya. Lembaga think tank itu sebelumnya memperkirakan BOE akan menaikkan suku bunga pada pertengahan 2019. BOE dijadwalkan akan mengumumkan keputusan kebijakan moneter berikutnya pada 2 Mei serta memperbarui perkiraan pertumbuhan dan inflasi"

-Headline New Bloomberg-

Anda Trader Futures? Yuk Kita Mengenal Bank Of England 

Sejarah Bank of England berawal ketika Raja William dan Queen Mary naik tahta pada tahun 1688, dimana pada saat itu sektor keuangan publik terlihat sangat lemah. Sistem keuangan dan sistem kredit sangat kacau. Maka dibentuklah sebuah bank nasional yang berfungsi untuk memobilisasi sumber daya keuangan dan membantu ekonomi kerajaan pada saat itu.

Bank of England atau yang biasa dikenal dengan singkatan BOE adalah bank sentral Inggris yang berdiri sejak tahun 1694 dan merupakan salah satu bank sentral tertua di dunia setelah Riksbank Swedia. Bank of England juga merupakan bank sentral dari seluruh Britania Raya dan merupakan model dasar bagi berbagai bank sentral di penjuru dunia. Bank of England didirikan pada tahun 1694 untuk bertindak sebagai bankir pemerintah Inggris, dan sampai hari ini masih bertindak sebagai bankir untuk Pemerintah Britania Raya. BOE dahulunya milik swasta dan dioperasikan oleh yayasan pendirinya sejak tahun 1694 sampai dinasionalisasi pada tahun 1946. Pada tahun 1997 bank ini menjadi sebuah organisasi publik yang independen, sepenuhnya dimiliki oleh pemerintah, dengan kekuasaan penuh dalam menetapkan kebijakan moneter.

Sebagai trader di futures market, mengenal bank sentral negara-negara mata uang utama akan sangat bermanfaat. Kebijakan moneter bank-bank sentral tersebut akan mendukung kita mengambil keputusan dalam trading. Sebenarnya pengetahuan bank sentral adalah salah satu faktor penting dalam analisa fundamental futures market yang harus banyak trader ketahui. Yuk kita bahas

Tugas Bank of England (BOE) 

Sebagai bank sentral Inggris, tujuan dan tugas utama BoE ada dua, yaitu stabilitas moneter dan stabilitas finansial. Stabilitas moneter adalah kestabilan harga-harga dan tingkat inflasi, sedang stabilitas finansial adalah membangun sistem finansial yang sehat dan kuat sebagai kunci pertumbuhan ekonomi Inggris. Untuk membantu tugas stabilitas moneter, di dalam tubuh BOE dibentuk Monetary Policy Committee (MPC), semacam FOMC di Federal Reserve. Sedangkan untuk membantu stabilitas finansial, ada Financial Policy Committee (FPC) yang dibentuk pada Juni 2011. Bank of England juga mengelola devisa Inggris dan cadangan emas. Seperti kita ketahui, Bank Sentral pada prinsipnya memiliki tujuan inti yaitu menjaga stabilitas moneter dan stabilitas keuangan suatu negara. Bank of England telah memiliki monopoli penggunaan uang kertas di Inggris dan Wales sejak awal abad 20. Tetapi sejak tahun 1997 akhirnya memiliki tanggung jawab hukum untuk menetapkan suku bunga resmi di Inggris.

Instrumen Kebijakan BOE Antara Lain: 

  • Stabilitas Moneter

    Untuk menjaga kestabilan harga, BOE dan MPC telah menentukan target inflasi sebesar 2%. Untuk itu, para pejabatnya akan memantau data Consumer Price Index (CPI) tahunan Inggris serta data-data ekonomi lainnya. Apabila inflasi sudah sesuai target, maka BOE akan mudah mendukung target pertumbuhan ekonomi dan mengurangi tingkat pengangguran di Inggris. Namun apabila inflasi ternyata kurang dari atau lebih dari target, maka BoE akan melakukan penyesuaian dengan memanfaatkan instrumen kebijakan sesuai dengan wewenangnya.

    Sebagai tambahan, pembelian obligasi, atau perluasannya, program quantitative easing (QE) dan instrumen kebijakan moneter lainnya juga termasuk di dalam stabilitas moneter. Bagi trader di futures market, langkah-langkah BOE untuk mencapai stabilitas moneter akan menjadi fokus perhatian, terutama laporan inflasi (BOE inflation report) yang dirilis MPC sekali setiap kwartal. Laporan ini sering kali menggerakkan mata uang GBP dengan signifikan.
     
  • Suku Bunga.

    Suku bunga berkaitan dengan keputusan tingkat suku bunga yang diambil oleh suatu Komite Kebijakan Moneter Bank atau MPC dimana komite ini harus menilai keadaan suku bunga yang diperlukan untuk memenuhi target inflasi dalam perekonomian secara keseluruhan dimana sasaran inflasi ditetapkan setiap tahun oleh menteri keuangan. BOE juga menerapkan keputusan tingkat suku bunga melalui operasi pasar keuangan dimana bank menetapkan suku bunga dengan meminjamkan kepada bank-bank dan lembaga keuangan lainnya. Pada saat yang sama, sejarah Bank Sentral Inggris berjalan sejajar dengan sejarah ekonomi, keuangan, dan seiring sejarah politik Inggris pada umumnya. Kebijakan yang terjadi pada suku bunga inilah yang nantinya mempengaruhi trading futures dalam ranah fundamental.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Jadi, Sangat disarankan anda mempelajari lebih detail tentang Bank of England yang diyakini sebagai salah satu tolak ukur fundamental dan ranah kebijakan yang mempengaruhi trading futures. 
  • Join MRG untuk dapatkan rekomendasi signal  FREE dan video-video menarik seputar trading yang SIMPLE tapi POWERFUL.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALDO silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait