JURUS FUNDAMENTAL

JURUS FUNDAMENTAL

BEGINILAH CARA BANK SENTRAL DI EROPA DALAM MEMPENGARUHI MARKET

Story by : Geraldo Kofit
Category at: Artikel Baru
Published : March 24, 2021
Dilihat: 767 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

Bank of Canada (BOC) adalah bank sentral Kanada yang berdiri sejak tahun 1934, mengemban tugas menjaga pencapaian target inflasi dan stabilitas nilai tukar. Peran utamanya adalah "untuk mempromosikan kesejahteraan ekonomi dan keuangan Kanada," sebagaimana didefinisikan dalam Undang-Undang Bank of Canada.

"Bank Sentral Kanada (BOC) yang memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan untuk kedua kalinya dalam kurun waktu kurang dari 2 bulan di tengah pertumbuhan yang mengejutkan. BOC telah memutuskan untuk menaikkan suku bunga pinjaman di hari malam kemarin sebesar 0.25% sekarang menjadi 1%. Keputusan tersebut mengejutkan para ekonom dan analis yang sebelumnya memperkirakan kenaikan suku bunga akan di tunda sampai nanti bulan Oktober."

-Headline News-

Wah menarik ya! Nah, untuk artikel saya kali ini, saya akan membahas secara detail tentang Bank of Cananda yang juga sangat erat kaitanya dengan dunia trading futures khususnya kebijakan-kebijakan yang telah BOC buat dan berdampak langsung pada analisa fundamental trading futures. Hal ini dapat membantu para trader untuk mendapatkan pengetahuan dari segi fundamental karena hal ini juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Yuk Kita bahas. Bank of Canada (BOC) adalah bank sentral Kanada yang berdiri sejak tahun 1934, mengemban tugas menjaga pencapaian target inflasi dan stabilitas nilai tukar. Peran utamanya adalah "untuk mempromosikan kesejahteraan ekonomi dan keuangan Kanada," sebagaimana didefinisikan dalam Undang-Undang Bank of Canada.

Empat Bidang Utama Tanggung Jawab Bank adalah:

  • Kebijakan moneter: Bank mempengaruhi pasokan uang yang beredar di bidang ekonomi, dengan menggunakan kerangka kebijakan moneter untuk menjaga inflasi tetap rendah dan stabil.
  • Sistem keuangan: Bank Dunia mempromosikan sistem keuangan yang aman, sehat dan efisien, di Kanada dan internasional, dan melakukan transaksi di pasar keuangan untuk mendukung tujuan ini.
  • Mata uang: Bank merancang, menerbitkan dan mendistribusikan surat utang bank Kanada.
  • Pengelolaan dana: Bank adalah "agen fiskal" untuk Pemerintah Kanada, mengelola program hutang publik dan cadangan devisa.

Tugas Bank of Canada (BOC) yang Berkaitan dengan Trading Futures 

Bank of Canada mempunyai kekuatan untuk ikut campur di market futures khususnya dunia forex atau mata uang, entah itu membeli atau menjual mata uang CAD ketika dirasa ada sesuatu yang menyebabkan nilai tukar CAD diluar batas dan tidak sejalan dengan fundamental ekonomi. Intervensi ini jarang dilakukan oleh BOC, namun perlu diketahui, pidato dari Gubernur BOC juga dapat mempengaruhi pasar dan nilai mata uang CAD. Hampir sama dengan bank sentral negara lain, tugas utama BOC adalah membuat dan menjalankan kebijakan moneter, mengatur dan mengawasi institusi keuangan termasuk bank-bank komersial, serta mencetak dan mengedarkan mata uang Kanada (Dolar Kanada/CAD). Yang terpenting diantara keempat tugas tersebut adalah membuat kebijakan moneter sesuai dengan target yang telah ditentukan, termasuk menetapkan tingkat suku bunga.

Kebijakan Moneter BOC yang Berkaitan dengan Analisa Fundamental Trading Futures

Fokus kebijakan moneter Bank of Canadasangatlah berkaitan erat dengan trading futures, salah satunya yaitu menjaga tingkat inflasi tetap rendah, stabil, dan terkendali. Bank sentral yakin bahwa dengan menjaga tingkat inflasi yang rendah tetapi stabil, maka kinerja perekonomian akan bisa meningkat, demikian pula standar hidup penduduk Kanada. Nah, di sini trader harus mengetahui update informasi terbaru tentang kebijkana-kebijakan yang dikeluarkan oleh BOC. Jika kebijakan dalam keadaan mengarah ke stabil, maka efeknya  jangka panjang yang pada akhirnya akan meningkatkan output, ketenagakerjaan dan tingkat pendapatan penduduk Kanada. Di samping itu, tingkat inflasi yang rendah dan stabil akan menjaga daya beli penduduk, terutama bagi mereka yang berpenghasilan tetap, misalnya yang hanya hidup dari pensiun.

Untuk mengendalikan tingkat inflasi, sejak tahun 1991, Bank of Canada dan pemerintah Kanada menentukan target inflasi yang ditinjau kembali setiap 5 tahun. Tingkat inflasi ditentukan berdasarkan data Consumer Price Index dalam basis Year-over-Year (inflasi tahunan). Hingga Januari 2019, Bank of Canada menentukan target inflasi 2.0% sebagai target tengah (midpoint) dengan batas bawah 1.0% dan batas atas 3.0%.

Kebijakan Penetapan Suku Bunga dan Nilai Tukar Mata Uang Sebagai Pertimbangan Fundamental Trading

Tingkat suku bunga merupakan salah satu data ekonomi yang bisa menggerakkan market termasuk market futures. Bahkan mungkin bisa dikatakan bahwa pengumuman tingkat suku bungalah yang sebenarnya menjadi “primadona” pasar. Mungkin merupakan faktor terbesar dalam menentukan nilai sebuah mata uang. Jadi, dengan mengetahui bagaimana bank sentral khususnya yang kita pelajari yaitu Bank of Canada merupakan hal penting yang perlu Anda ketahui. alah satu hal yang paling mempengaruhi tingkat suku bunga Bank of Canada adalah stabilitas harga, atau “inflasi”. Secara sederhana, inflasi bisa diterjemahkan sebagai kenaikan harga barang dan jasa yang konstan.

Untuk mencapai target inflasi, bank sentral menetapkan suku bunga (overnight rate) sesuai dengan perubahan tingkat inflasi yang terjadi. Rapat kebijakan untuk menentukan suku bunga, diadakan 8 kali dalam setahun. Keputusan sebagai hasil rapat dapat berupa kenaikan suku bunga (rate hike), penurunan suku bunga (rate cut), atau suku bunga tetap (tak ada perubahan kebijakan). Posisi suku bunga BOC per rapat tanggal 9 Januari 2019 terletak pada 1.75 persen, setelah dilakukannya beberapa kali kenaikan sepanjang tahun 2018.

Kebijakan moneter penting lainnya yang masuk dalam kewenangan Bank of Canada adalah tentang nilai tukar mata uang Dolar Kanada yang dibuat flexible atau floating (Kurs Mengambang). Keputusan tersebut tentunya diambil karena dianggap cocok untuk keadaan ekonomi Kanada yang berbasis ekspor. Dengan beberapa kebijakan yang berpengaruh pada fundamental trading, trader dapat membaca update-update berita terbaru perihal suku bunga yang bisa berubah dan nilai tukar mata uang pada portal-portal berita nasional dan internasional agar trading futures khususnya dalam mata uang dollar canada dapat dilakukan dengan tenang.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait