JURUS FUNDAMENTAL

JURUS FUNDAMENTAL

Cara Memilih Saham Terbaik Dari Hasil Analisis Fundamental

Story by : Indri Dwi
Category at: Artikel Baru
Published : September 01, 2022
Dilihat: 303 kali

Indri Dwi adalah Seorang Trading Coach dan Profesional trader yang memiliki lebih dari 8 tahun pengalaman dalam perdagangan Emas & Forex. Keahliannya dalam trading khususnya saat menggunakan Exponential Moving Average. Indri ada disini untuk membimbing Anda dalam trading dan membantu Anda menemukan broker yang tepat dan terpercaya..


zoom

Investasi saham memang menjanjikan dari segi keuntungan, namun di baliknya juga terdapat risiko capital loss yang harus diwaspadai para investor. Investasi saham memang berbeda dari instrumen investasi reksa dana, obligasi, emas, deposito, tabungan berjangka, maupun properti. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan, walau saham adalah pilihan tepat bagi Anda yang menginginkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

Dalam melakukan investasi saham, tentu Anda membutuhkan teknik serta strategi terbaik. Nah, saat ini ada dua teknik analisis yang dilakukan dalam investasi saham. Yakni analisis teknikal dan analisis fundamental, keduanya bertujuan membantu investor memperoleh saham paling bagus. Namun pada kesempatan ini kita hanya membahas cara memilih saham terbaik dari hasil analisis fundamental. Silahkan simak berikut pembahasannya.

Apa itu Analisis Fundamental?

source image : image google

Analisis fundamental dapat disebut sebagai analisis mendasar untuk mencari segala informasi terkait kondisi perusahaan, industri secara keseluruhan, serta kondisi ekonomi makro dan mikro. Metode analisis ini lebih condong pada proyeksi dan kinerja perusahaan untuk menaksir nilai saham. Biasa memang digunakan diawal karena sangat membantu investor menjaring saham-saham yang potensial.

Metode pendekatan fundamental dapat dilakukan secara top-down atau bottom-up. Untuk metode top-down dimulai dari mengamati kondisi ekonomi secara keseluruhan, sektor bisnis, hingga perusahaan. Sementara untuk metode bottom-up sebaliknya, dimulai dari mengamati perusahaan, sektor bisnis, hingga ke kondisi ekonomi.

Dalam prakteknya, investor perlu mengetahui beberapa hal terkait perusahaan yang mengeluarkan saham tersebut. Misal tentang transparansi unsur finansial seperti nilai buku ekuitas, pendapatan per saham, rasio pengeluaran, ataupun nilai buku saham. Informasi-informasi itu akan diperlukan ketika menilai layak atau tidaknya perusahaan mendapat modal investasi.

Perusahaan yang menerbitkan saham juga telah menyediakan laporan tahunan yang berisi seluruh kegiatannya selama periode tertentu. Dari sana investor dapat belajar berbagai macam hal, mulai dari informasi laba, kelemahan dalam struktur manajemen, dan lain-lain. Berikut beberapa kelebihan analisis fundamental saham:

·       Memilih saham dengan potensi keuntungan cukup besar, layak dibeli, dan bukan sekedar tren jangka pendek.

·       Memiliki prinsip menyeluruh dalam penilaian, maka dari itu hasil analisis fundamental bersifat jangka panjang dan realistis sesuai data.

·       Membantu investor menemukan saham yang tepat dan jangka panjang.

Meski membantu, ternyata ada beberapa kekurangan analisis fundamental. Seperti berikut ini:

·       Membutuhkan analisis kompleks karena investor harus mengolah banyak data dari saham perusahaan terkait.

·       Cara analisis yang tidak mudah karena ada banyak penerapan metode.

·       Waktu pelaksanaan lebih lama, bisa berjam-jam bahkan berhari-hari.

·       Investor harus membandingkan perusahaan yang satu dengan lainnya.

Menjadikan Analisis Fundamental Sebagai Acuan Memilih Saham

source image : google image

Baik atau jeleknya saham dapat ditentukan oleh hasil analisis fundamental investor. Berikut adalah kriteria-kriteria yang menjadi bahan acuan.

·       Nilai Debt Equity Ratio (DER) lebih besar dari utang yang dimiliki perusahaan.

·       Emiten yang mempunyai jenis usaha yang baik dan jelas.

·       Memiliki harga saham keseluruhan atau kapitalisasi market lebih dari Rp. 500 milyar.

·       Perusahaan terus meningkatkan nilai saham atau keuntungan di setiap kuartal.

·       Rata-rata Price Earning Ratio (PER) tidak berbeda jauh.

·       Saham dengan ROE tinggi kemungkinan besar memiliki laporan keuangan yang bagus.

·       Mudah rebound usai koreksi.

Memaksimalkan Penggunaan Analisis Fundamental

source image : google image

Analisis fundamental sangat dibutuhkan untuk mencari tahu seluruh informasi terkait perusahaan yang menerbitkan saham. Anda bisa memperoleh hasil akurat apabila menggabungkan analisis ini dengan analisis teknikal. Lakukan dengan benar untuk mendapatkan feedback investasi lebih maksimal.


Artikel Terkait