JURUS FUNDAMENTAL

JURUS FUNDAMENTAL

Dampak Data Consumer Price Index (CPI) Terhadap Harga Mata Uang

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Analisa Fundamental
Published : July 11, 2023
Dilihat: 346 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Sumber: Freepik

Sebenarnya apa itu CPI? Apa pengaruh CPI dalam terhadap peedagangan mata uang. CPI (Consumer Price Index) merupakan data yang menunjukkan tingkat inflasi suatu negara. Data CPI merupakan indikator untuk menilai perubahan rata-rata atas suatu harga barang dan jasa, yang dihitung melalui pemantauan terhadap perubahan harga di setiap barang & jasa tersebut.

Umumnya data CPI diterbitkan satu bulan setelah dilakukan penilaian. Dengan kata lain, data yang diterbitkan pada bulan ini merupakan hasil dari penilaian CPI di bulan sebelumnya. Kemudian, data tersebut akan dikumpulkan untuk mengukur tingkat inflasi yang terjadi setiap tahun.

Data CPI merupakan salah satu data yang digunakan sebagai indikator ekonomi, sehingga data ini merupakan tolok ukur efektivitas kebijakan ekonomi pemerintah. Dengan kata lain, nilai inflasi yang terjadi pada suatu negara bisa berdampak terhadap kebijakan fiskal pada negara tersebut.

Meskipun umumnya data CPI diumumkan tiap bulan, akan tetapi ada beberapa negara yang memilih untuk mengumumkan data CPI ke publik setiap tiga bulan sekali. Negara-negara tersebut seperti Australia dan Selandia Baru.

 

Barang dan Jasa yang Dapat Diukur CPI

Barang dan Jasa yang Dapat Diukur CPI
Sumber: Freepik

Ada beberapa kategori barang dan jasa yang dapat diukur dengan Consumer Price Index (CPI), seperti bahan pokok bangunan perumahan, makanan dan minuman, transportasi, kesehatan, pakaian, hiburan dan rekreasi, Pendidikan dan komunikasi, dan lain-lain.

CPI terdiri dari dua jenis, yaitu data inflasi CPI Core dan CPI Headline. Data CPI Headline memuat berbagai informasi mengenai perubahan keseluruhan harga yang di dalamnya terdapat harga energi, harga bahan bakar, harga makanan, dan harga-harga lain yang bersifat fluktuatif. Sedangkan data CPI Core memuat berbagai informasi tanpa meliputi harga energi, makanan, dan harga-harga lain yang bersifat fluktuatif.

Data inflasi headline umumnya bersifat lebih fluktuatif karena inflasi headline mencakup keseluruhan informasi dan dapat memprediksi inflasi core. Inflasi headline didesain agar dapat menjadi tolok ukur terbaik atas inflasi, dan menjadi acuan Bank Sentral dalam mengambil kebijakan moneter.

 

Tanggal Rilis Data CPI

Barang dan Jasa yang Dapat Diukur CPI1
Sumber: Freepik

Indeks CPI biasanya dirilis setiap bulan, tetapi di beberapa negara, seperti Selandia Baru dan Australia, data dirilis setiap tiga bulan. Beberapa negara juga merilis secara tahunan, seperti indeks Jerman. Biro Statistik Tenaga Kerja AS telah melaporkan indeks harga konsumen ini secara bulanan sejak 1913.

Penting bagi trader memahami data CPI karena merupakan parameter inflasi yang kuat, yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kebijakan moneter bank sentral.

Jadi bagaimana CPI mempengaruhi perekonomian? Inflasi yang lebih tinggi kerap diartikan dengan kenaikan suku bunga acuan yang ditetapkan oleh pembuat kebijakan. Hal ini guna membantu meredam ekonomi dan meredam tren inflasi. Pada gilirannya, semakin tinggi suku bunga suatu negara, semakin besar kemungkinan mata uangnya akan menguat. Sebaliknya, negara-negara dengan suku bunga rendah sering kali berarti mata uangnya lebih lemah.

Rilis dan revisi laporan pada data CPI ini dapat menyebabkan perubahan nilai mata uang terhadap mata uang lain, yang berarti volatilitas yang berpotensi menguntungkan yang dapat dimanfaatkan oleh trader ahli.

Selain itu, data ini sering kali dianggap sebagai ukuran yang berguna untuk efektivitas kebijakan ekonomi pemerintah dalam menanggapi kondisi ekonomi domestik mereka, sebuah faktor yang dapat dipertimbangkan oleh para trader saat menilai kemungkinan pergerakan mata uang.

Indeks ini juga dapat digunakan bersama dengan indikator lain, seperti Producer Price Index, agar trader mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang tekanan inflasi.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- Untuk pembelajaran lebih intensif dan lebih dalam, silahkan
  ke Sekolah Forex Gatis
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI


Artikel Terkait