JURUS FUNDAMENTAL

JURUS FUNDAMENTAL

KOMODITAS REKOMENDASI DI MARKET FUTURES

Story by : Geraldo Kofit
Category at: Artikel Baru
Published : April 29, 2022
Dilihat: 99 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

Likuiditas menggambarkan sejauh mana suatu aset bisa cepat dibeli atau dijual di pasar tanpa mempengaruhi nilai aset tersebut. Dalam pasar yang likuiditasnya tinggi, suatu aset yang ditawarkan penjual akan cepat mendapatkan pembeli, begitu pun sebaliknya. Kondisi likuiditas ini bukan hanya berbeda-beda untuk setiap jenis aset di pasar komoditas berjangka, melainkan juga bisa berubah-ubah dari waktu ke waktu. Jika trader forex mencari pasangan mata uang paling likuid berdasarkan intensitas transaksi, volume trading, serta spread yang dihasilkan, lain halnya dengan trader komoditas. Bagi mereka, suatu komoditas dapat dikatakan likuid apabila banyak diperdagangkan di pasar komoditas berjangka, karena tingginya permintaan (demand) di masyarakat.

Kriteria Komoditas Likuid

Terdapat beberapa kriteria dapat dikatakan sebagai likuid. Beberapa kriteria diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Harus bisa diperjualbelikan secara fisik atau berdasarkan pasar tunai
  • Memiliki jumlah penjual dan pembeli serta hedger, speculator, dan investor dalam jumlah besar
  • Transaksi harus dilakukan secara terbuka dan transparan tanpa tindakan diskriminatif
  • Ada keterkaitan yang jelas antara produk turunan dan produk komoditas fisik
  • Terdapat mekanisme pertukaran yang jelas antara komoditas tunai dan produk turunannya
  • Harus ada titik temu antara harga tunai dan harga-harga yang merefleksikan harga masa depan di instrumen kontrak berjangka

Jenis Komoditas Paling Likuid

  • Crude Oil
    Komoditas paling likuid yang pertama berasal dari sektor pertambangan, yakni crude oil atau minyak bumi. Crude oil merupakan zat alami yang bisa ditemukan di dalam formasi-formasi batu di bumi. Untuk mengekstraksi nilai maksimum dari crude oil, maka zat ini perlu dimurnikan menjadi produk olahan seperti Bahan Bakar Minyak (BBM); bensin, solar, serta minyak tanah.
     
  • Corn (Jagung)
    Selanjutnya, komoditas yang paling likuid adalah jagung. Jagung merupakan salah satu jenis komoditas penting di Indonesia. Hal itu dikarenakan jagung dibutuhkan sebagai bahan pangan utama selain padi. Selain itu, jagung juga dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif seperti etanol lho. Apabila permintaan bahan bakar alternatif meningkat maka, harga jagung bisa lebih tinggi lagi. Dikarenakan sifat jagung yang dapat dijadikan bahan pangan dan juga pengganti bahan bakar alternatif maka, tidak heran apabila jagung masuk kedalam kategori komoditas paling likuid di pasar komoditas. Jagung juga merupakan salah satu jenis komoditas penggerak harga di pasar. Dengan begitu, fluktuasi harganya pun bisa berpengaruh terhadap produsen, distributor, serta konsumen. Pada akhir tahun 2019, jagung diperdagangkan di harga US$369.88 per bushel (1 bushel = 25 kg)
     
  • Gas Alam
    Gas alam adalah bahan bakar fosil yang terbentuk dari tumbuhan mati yang terperangkap di antara endapan batuan jauh di bawah permukaan bumi. Komponen utamanya adalah metana, yaitu senyawa kimia dengan satu atom karbon dan empat atom hidrogen. Selain metana, gas alam juga mengandung beberapa cairan gas hidrokarbon dan gas non-hidrokarbon. Dengan kandungan metana serta beberapa jenis gas hidrokarbon dan non-hidrokarbon tersebut, gas alam banyak dimanfaatkan di Amerika Serikat utamanya sebagai tenaga listrik (36 persen), bahan baku untuk produksi zat-zat kimia, pupuk, serta hidrogen (34 persen), juga sebagai material pada beberapa perabotan rumah tangga (27 persen) serta bahan bakar minyak (3 persen).

Dengan demikian, tentu tak mengherankan bila gas alam menjadi salah satu komoditas paling likuid di pasar berjangka, mengingat tingginya permintaan di berbagai sektor industri AS.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait