JURUS FUNDAMENTAL

JURUS FUNDAMENTAL

MEMANFAATKAN KALENDER EKOMONI UNTUK TRADING

Story by : Geraldo Kofit
Category at: Analisa Fundamental
Published : October 15, 2021
Dilihat: 4243 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

Cara trading memanfaatkan kalender ekonomi biasanya dilakukan oleh trader yang cenderung menggunakan analisa fundamental dan strategi news trading. Namun pada dasarnya, trader teknikal pun perlu menggunakan kalender ekonomi untuk setidaknya mengetahui kapan saja waktu trading yang sebaiknya dihindari. Dengan demikian, kalender ekonomi bisa menjadi petunjuk, baik untuk menghindari gejolak pasar yang tak menentu ataupun mencari timing yang pas untuk masuk pasar.

1. Pilih Kalender Ekonomi Yang Mudah Dipahami



Ada banyak website yang menyajikan kalender ekonomi secara gratis seperti Investing, dan Forex Factory Pada dasarnya, semua kalender ekonomi memiliki komponen- yang hampir serupa. Namun dari segi tampilan, Anda bisa memilih sendiri mana yang paling pas dan mudah untuk dinavigasikan atau memiliki filter terlengkap. Dan silahkan pilih sesuai selera, yang terpenting adalah bisa membantu mempercepat proses belajar trading memanfaatkan kalender ekonomi. 

2. Pelajari Istilah-Istilah Fundamental

Istilah-istilah yang muncul pada kalender ekonomi bisa berupa rilis indikator ekonomi, pengumuman bank sentral, pidato pejabat bank sentral, pertemuan para pemimpin negara, ataupun agenda-agenda lain yang akan diselenggarakan pada waktu tertentu. Setiap mata uang ataupun instrumen trading, memiliki faktor fundamental yang berbeda-beda satu sama lain. Dengan mengenali istilah-istilahnya, maka akan semakin cepat pula bagi trader pemula untuk menganalisa berita-berita apa saja yang perlu diperhatikan ataupun diabaikan terhadap instrumen trading yang ditargetkan.

3. Perhatikan Hal Teknis

memanfaatkan kalender ekonomi berikutnya adalah memperhatikan zona waktu, tanggal, hari, jam, dan impact. Mengapa demikian? Ketika trader salah baca kalender ekonomi, maka analisa yang dihasilkan bisa keliru dan berakibat fatal pada pengambilan keputusan saat open posisi. Jika hal seperti ini terjadi, maka yang terjadi berikutnya adalah trader akan mengalami loss karena pergerakan harga tidak sesuai dengan perkiraan.

4. Amati Bagian Forecast, Actual, Dan Previous



Kolom forecast adalah estimasi atau perkiraan hasil data, actual adalah fakta di lapangan, sedangkan hasil previous adalah rilis data sebelumnya. Jika nilai actual yang dirilis lebih baik dari forecast, biasanya akan berdampak pada penguatan pada pair mata uang terkait, ditandai dengan warna hijau. Begitu juga sebaliknya, bila hasil actual lebih jelek dibanding dengan forecast, maka akan berdampak pada pelemahan mata uang yang ditandai warna merah. Agar mudah dipahami, silahkan lihat contoh pada contoh berikut.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait