JURUS FUNDAMENTAL

JURUS FUNDAMENTAL

Mengenal Apa Itu 10 Years Treasury Notes

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Analisa Fundamental
Published : April 25, 2023
Dilihat: 494 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Sumber: Freepik

Di Amerika Serikat, berlaku surat utang negara 10 tahun yang dikenal pula dengan 10 years treasury notes. Obligasi/surat utang negara termasuk instrumen utang yang paling populer di dunia. Begitu pula di Amerika Serikat, karena didukung oleh jaminan ekonomi negara.

Ringkasnya, 10 years treasury notes alias surat utang negara 10 tahun yang dikeluarkan pemerintah federal AS merupakan pinjaman yang investor berikan kepada pemerintah. Surat utang ini adalah kewajiban utang yang diterbitkan pemerintah AS dengan jangka waktu 10 tahun setelah penerbitan awal. Pemerintah AS membayar bunga dengan suku bunga tetap setiap enam bulan sekali dan membayar nilai nominal kepada pemegang pada saat jatuh tempo.

Di antara surat utang negara yang dirilis oleh berbagai negara, 10 years treasury notes oleh pemerintah federal AS tergolong yang paling menarik. Mengapa? Karena ada sedikit risiko gagal bayar utang yang dapat terjadi.

 

Memahami 10 Years Treasury Notes

Mengenal Apa Itu 10 Years Treasury Notes
Sumber: Freepik

Pemerintah AS menerbitkan tiga jenis sekuritas utang kepada investor yang ditentukan oleh lamanya jatuh tempo. Ini dilakukan untuk mendanai kewajibannya: treasury bills, treasury notes, dan treasury bond.

Treasury bills (T-bills) memiliki jangka waktu paling pendek, dengan durasi hanya hingga satu tahun. Sementara, Departemen Keuangan juga menawarkan T-bills dengan jangka waktu 4, 8, 13, 26, dan 52 minggu. Hanya saja, T-bills termasuk jenis surat utang tanpa kupon.

Sementara itu, jenis T-notes ditawarkan hingga jangka waktu 10 tahun. Karena itu, 10 years treasury notes merupakan surat utang yang paling lama jatuh tempo. Jangka waktu lainnya dari T-notes adalah 2, 3, 5, dan 7 tahun.

Jenis 10 years treasury notes ini membayar pembayaran kupon setiap setengah tahun. Menariknya lagi, 10 years treasury notes adalah instrumen utang pemerintah yang paling banyak dilacak di bidang keuangan dan hasilnya sering digunakan sebagai patokan untuk suku bunga lainnya, seperti suku bunga hipotek.

Sementara itu, jenis T-bond sebagai obligasi negara, seperti halnya T-notes, membayar pembayaran kupon setiap setengah tahun tetapi diterbitkan dalam jangka waktu 30 tahun.

 

Cara Kerja 10 Years Treasury Notes

Mengenal Apa Itu 10 Years Treasury Notes1
Sumber: Freepik

Instrumen investasi treasury umumnya dijual di lelang. Departemen keuangan menetapkan nilai nominal dan suku bunga tetap.

Produk ini juga dijual kepada penawar tertinggi di pasar sekunder. Di sinilah kemudian hasil ditentukan, termasuk juga tingkat pengembalian investasi.

Ketika ada banyak permintaan, investor menawar pada atau di atas nilai nominal. Dalam hal ini, imbal hasil rendah karena mereka akan mendapatkan pengembalian investasi yang lebih rendah. Namun, ini juga sepadan bagi mereka, karena mereka tahu investasi mereka aman. Mereka bersedia menerima hasil rendah dengan imbal risiko lebih rendah.

Ketika terjadi pasar bullish atau ekonomi sedang fase ekspansi, investor mencari pengembalian lebih dari yang dapat diberikan oleh 10 years treasury notes. Akibatnya, permintaan pun banyak. Treasury lantas dijual dengan harga diskon, sehingga ada pengembalian investasi yang lebih besar.

Karena imbal hasil dari 10 years treasury notes yang naik, begitu pula tingkat suku pinjaman 10 hingga 15 tahun, seperti hipotek dengan suku bunga tetap 15 tahun. Investor umumnya membeli obligasi dengan tingkat bunga terbaik dan pengembalian terendah.

Bagaimanapun, keuntungan dari berinvestasi di 10 years treasury notes ini adalah pembayaran bunga yang dibebaskan dari pajak pendapatan negara bagian dan lokal. Meski, masih dikenakan pajak di tingkat federal.

Ketika itu terjadi, investor dapat memilih untuk menahan T-notes hingga jatuh tempo atau menjualnya lebih awal di pasar sekunder. T-notes 10 tahun ini sendiri baru diterbitkan hanya pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November (pada awal bulan). Semuanya diterbitkan secara elektronik.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- Untuk pembelajaran lebih intensif dan lebih dalam, silahkan
  ke Sekolah Forex Gatis
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI

 

 

 


Artikel Terkait