JURUS TEKNIKAL

JURUS TEKNIKAL

5 Fakta Ajaib Deret Fibonnacci: Deret Angka Penuh Misteri

Story by : Hadi J
Category at: Analisa Teknikal
Published : November 07, 2022
Dilihat: 482 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Deret Angka Fibonnacci biasanya digunakan seorang trader untuk memprediksi level support dan resistance. Selain itu, deret angka fibonacci ini juga bisa digunakan untuk menentukan seperti titik open posisi, titik stop loss, dan titik take profit.  Kali ini, Saya ingin membahas mengenai beberapa fakta Fibonacci. 

Sejarah Deret Angka Fibonnacci

Dilansir dari wikipedia, berdasarkan buku The Art of Computer Programming karya Donald E. Knuth, pada tahun 1150 deret Fibonacci ditemukan oleh matematikawan India, Gopala dan Hemachandra. Mereka menemukan fibonacci ketika  sedang menyelidiki berbagai susunan barang yang tepat untuk dimasukan kedalam kantong agar distribusi bisa lebih efektif. 

Kemudian fibonacci dikembangkan lebih lanjut oleh matematikawan dari Italia bernama Leonardo Da Pisa (1170-1250). Dia mengadaptasi dan mengembangkan deret angka ini untuk melihat pola perkembangbiakan dan pertumbuhan kelinci. Hasil penelitiannya dia tulis dalam buku berjudul Liber Abaci. Oleh karena itu, dia disebut Leonardo Fibonacci,

Pada awalnya para ilmuwan menganggap remeh pengkajian Fibonacci mengenai deret angka ini karena dianggap hanya sebuah teka-teki matematika saja, Hingga akhirnya pada abad ke-19 Eduard Lucas menyadari berbagai keunikan deret angka ini dan mempelajarinya lebih lanjut. deret angka Fibonacci kini digunakan dalam berbagai disiplin ilmu, seperti  biologi, astronomi, geologi, musik, arsitektur, dan finansial. 

Apa itu Deret Angka Fibonnacci?

Deret bilangan fibonacci adalah serangkaian deret angka sederhana yang susunan angkanya merupakan penjumlahan dari dua angka sebelumnya (0,1,1,2,3,5,8,13,21,...dst) rumus deret Fibonacci bisa ditulis sebagai berikut Un = Un-2 + Un-1, artinya suku ke-n perupakan penjumlahan dari dua suku sebelumnya.

5 Fakta Ajaib Deret Fibonnacci

Seperti dibahas diatas, deret fibonacci tidak cuma digunakan untuk trading saja. Deret fibonacci sesungguhnya digunakan untuk berbagai disiplin ilmu seperti  biologi, astronomi, geologi, musik, arsitektur, dan finansial. Deret Angka Fibonacci sesungguhnya memiliki beberapa fakta menarik. Berikut ini 5 fakta Deret Angka Fibonnacci.

1. Angka Tuhan atau "Golden Ratio"

Fakta mengejutkan pertama, deret angka Fibonacci dianggap angka Tuhan yang dikenal dengan istilah ‘Golden Rasio’.

Coba kamu bagi salah satu angka dari deret Fibonacci dengan angka sebelumnya!  Kamu akan mendapatkan hasil mirip satu sama lain.  Contoh:  233:144 =1,618.  Angka ini lah yang disebut golden ratio atau rasio emas karena kamu bisa menemukan angka ini di tubuh manusia dan alam. Hal ini menegaskan bahwa penciptaan alam semesta tidaklah acak.

Selain itu, dalam deret angka fibonacci ada pula angka tetap yang stabil pada deret ke-13 dan seterusnya, yaitu 1,816 (dalam bentuk pembulatan). 

2. Fibonacci dalam Tubuh Manusia

Fakta ajaib deret fibonacci berikutnya adalah berkesesuain dengan komposisi tubuh manusia. Fakta ini berdasarkan hasil temuan beberapa riset yang menunjukan bahwa angka golden ratio (1,618) ditemukan dalam penyusunan tubuh manusia. Misalnya jika kita mengukur panjang wajah lalu dibagi dengan lebar wajah akan menghasilkan nilai 1,618.

Contoh lainnya kamu bisa menemukan angka golden rasio pada struktur paru-paru manusia. Perbandingan antara bronkia kanan (pendek) dan bronkia kiri (kanan) selalu berjumlah 1:1,618. Masih banyak lagi bukti lain yang fakta ajaib deret fibonacci pada tubuh manusia.

3. Fibonacci di Alam

Bukti golden rasio tidak hanya ditemukan dalam tubuh manusia, tetapi juga ditemukan pada alam. Ada beberapa bukti yang menunjukan fakta deret angka fibonacci 

Kamu pernah melihat bunga matahari? Ternyata pola yang menyusun biji bunga matahari dari pusat bunga hingga bagian terluarnya mengikuti susunan golden ratio.

Deret fibonacci sering kali digambarkan dalam bentuk spiral. Bentuk spiral ini mengambarkan  proses pertumbuhan makhluk hidup dalam bentuk spiral logaritmik. Kamu bisa menemukan keajaiban Tuhan disini. Bentuk-bentuk lengkung spiral ini selalu sama dan  bentuk dasarnya tidak pernah berubah berapapun ukurannya. 

4. Merumuskan Pusat Dunia Melalui Fibonacci

Apakah kamu pernah mempertanyakan dimana pusat dunia? Saya tidak akan menyangkutpautkan dengan agama tertentu. Saya cuma berpendapat dari temuan yang ada. Fakta menarik dari deret fibonacci berguna untuk merumuskan pusat dunia.

Melaui angka golden ratio ini, bisa disimpulkan bahwa mekkah merupakan pusat bumi. Pertama, proporsi jarak antara Mekah - Kutub Utara dengan jarak antara Mekah - Kutub Selatan adalah persis 1,618. Kedua, proporsi jarak antara Kutub Selatan dan Mekah dengan jarak antara kedua kutub adalah lagi-lagi 1,618 unit. Ketiga, proporsi jarak Timur - Barat Mekah adalah 1,618 unit. Keempat, proporsi jarak dari Mekah ke garis titik balik matahari dari sisi barat dan perimeter garis lintang dunia pada saat itu juga mengejutkan sama dengan golden ratio yaitu 1,618 unit.

5. Kiblat arsitektur dan seni

Fakta berikut ini mungkin terlihat seperti spekulasi saja. Deret angka fibonacci dipercayai sebagai suatu pola yang telah lmempengaruhi pikiran manusia sejak lama. Bahkan tanpa disadari oleh pencipta karya tersebut. 

Kamu tahu lukisan Mona Lisa? Mengapa lukisan Mona Lisa terasa hebat? Kuncinya karena golden rasio.

Dalam dunia desain dan seni, Golden Ratio menjadi angka yang sangat berguna untuk membantu menciptakan desain dan seni yang sempurna secara estetika alam bawah sadar manusia.

Menarik bukan mengetahui fakta ajaib deret angka fibonacci. Kelima fakta ajaib deret fibonnacci akan membuat kamu terkagum bahwa Tuhan memang membuat dunia dengan perhitungan yang matang.

Nah, sekarang giliran kamu. Apakah kamu mau belajar fibonacci? Rasakan manfaat belajar fibonacci untuk trading bersama saya! Segera hubungi saya untuk belajar fibonacci. Tenang saja, gratis khusus untuk kamu yang membaca artikel saya.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari HADI silahkan hubungi di SINI


Artikel Terkait