JURUS TEKNIKAL

JURUS TEKNIKAL

PROFIT BESAR DENGAN PATTERN ENGULFING

Story by : Indri Dwi
Category at: Analisa Teknikal
Published : April 16, 2020
Dilihat: 11104 kali

Indri Dwi adalah Seorang Trading Coach dan Profesional trader yang memiliki lebih dari 8 tahun pengalaman dalam perdagangan Emas & Forex. Keahliannya dalam trading khususnya saat menggunakan Exponential Moving Average. Indri ada disini untuk membimbing Anda dalam trading dan membantu Anda menemukan broker yang tepat dan terpercaya..


zoom

Salah satu teknik analisa yang populer digunakan oleh trader teknikal di pasar futures adalah dengan mengidentifikasi perubahan arah harga dengan memanfaatkan pola-pola candlestick. Candlestick dalam menganalisa memberikan wawasan visual yang lebih luas dan menunjukkan perubahan-perubahan “sentimen” di pasar, termasuk salah satunya yaitu menandakan reversal harga (pembalikan arah).Salah satu pattern candlestick paling terkenal untuk menandakan reversal (pembalikan harga) adalah Bearish Engulfing Pattern.

Pengertian dan Identifikasi Bearish Engulfing Pattern

Bearish Engulfing Pattern adalah pola candlestick yang terbentuk di puncak uptrend (lihat gambar diatas). Nampak pada gambar bahwa pola bearish engulfing terdiri dari dua candle. Candle pertama menandakan akhir kekuatan uptrend. Perlu dicatat bahwa ukuran candle pertama ini bisa bervariasi, dan besarnya candle tidak begitu berpengaruh pada pola bearish engulfing itu sendiri. Namun demikian, candle tunggal berbentuk doji dan candle-candle kecil sejenis dinilai lebih bagus dalam posisi ini, karena bisa merefleksikan ketidakpastian yang sedang berlangsung di pasar.

Candle kedua dalam pola bearish engulfing merupakan sinyal reversal, dibentuk oleh candle bertubuh merah panjang yang menampilkan momentum harga turun baru. Idealnya, level high pada candle kedua (bearish) ini harus lebih tinggi dari candle pertama, sekaligus diikuti dengan sampainya harga di level rendah baru (lower low).

Pergerakan harga yang digambarkan oleh candle kedua adalah saat ketika seller mengambil alih trend dari para buyer, dimana seringkali setelahnya harga jatuh. Semakin rendah penurunan harga di candle kedua, maka sinyal reversal dari uptrend menjadi downtrend bisa dianggap makin kuat. Dan penting untuk dicatat bahwa body dari candle kedua harus sepenuhnya penutupi body candle pertama. Bila shadow dari candle pertama juga 'ditelan' oleh shadow candle kedua, maka sinyalnya bisa dinilai lebih berkualitas.

Strategi Trading Dengan Bearish Engulfing Pattern

Apabila menemukan pola bearish engulfing pada chart Daily, maka Anda bisa langsung membuka posisi sell pada pembukaan candle baru setelah candle kedua terbentuk sempurna. Pasang stop loss diatas ujung upper shadow candle kedua, dan targetkan profit sejauh rasio risk/reward Anda.

Kenapa stop loss diatas ujung upper shadow candle kedua?

Ini karena pola bearish engulfing juga sering digunakan sebagai penanda area resistance. Trader bisa memasang stop loss diatas level itu sebagai pengaman jika ternyata reversal batal terjadi dan harga malah terus dalam trend bullish.

Tidak terlalu rumit bukan? ingat-ingat saja pola ini, dan kelak jika Anda berjumpa dengan formasi serupa, maka bisa langsung mengaplikasikannya. Gambar berikut ini adalah salah satu contoh bagus penggunaan pola bearish engulfing pada chart XAU/USD yang reli hingga 305 pip.

Reli yang diawali oleh Bearish Engulfing Pattern ini terus berlanjut hingga menyentuh titik terendah di harga 1307.22 atau sudah bergerak sejauh 577 pip. Signal yang dihasilkan oleh Bearish Engulfing Pattern cukup substansial, sehingga Anda bisa langsung membuka posisi trading berdasarkan itu saja.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Terus belajar dan jangan menyerah, dapatkan FREE Edukasi di Blog ini
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI TEKNIK TRADING ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda
  • CALL atau whatsapp dan cari INDRI silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait