JURUS TEKNIKAL

JURUS TEKNIKAL

Mengenal Pola Triple Tops Dan Triple Bottoms

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Analisa Teknikal
Published : February 15, 2022
Dilihat: 1080 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Sumber: Freepik

Namun, karena pola ini jarang muncul, justru karena itu pula maka akurasinya sangat tinggi. Pola candlestick triple yang paling populer diantaranya adalah pola triple top dan triple bottom sebagai cara analisa.

Triple Tops

belajar trading Mengenal Pola Triple Tops Dan Triple Bottoms1
Sumber: Freepik

Pola triple top adalah pola pembalikan tren turun yang sering menandai berakhirnya tren naik dan dimulainya tren turun.

Ciri dari pola Ini terdiri dari tiga puncak berurutan yang mencapai tingkat resistensi pada nilai tinggi yang kurang lebih sama, dengan dua lembah sebagai pemisah yang jelas antara ketiga puncak tersebut.

Rendahnya lembah penting untuk tujuan proyeksi harga seperti juga volumenya. Lebih disukai, volume pada setiap puncak yang berurutan harus lebih rendah daripada volume pada puncak sebelumnya.

 

Triple Bottoms

Pola triple bottoms merupakan kebalikan dari triple tops yang mengindikasikan  pembalikan tren menuju bullish. Ini sering menandai akhir dari tren turun dan dimulainya tren naik.

Pola ini terdiri dari tiga lembah  pada tingkat kedalaman rendah yang kurang lebih sama, dengan dua puncak sebagai pemisah yang jelas antara ketiga lembah tersebut.

Ketinggian yang dicapai oleh puncak penting untuk tujuan proyeksi harga. Volume juga penting. Lebih disukai, volume harus meningkat sebagai sinyal pembalikan yang jelas

Sinyal Jual

belajar trading Mengenal Pola Triple Tops Dan Triple Bottoms3
Sumber: Freepik

Pola triple top sebagai sinyal masuk untuk sell. Sinyal ini dipicu ketika harga menembus di bawah level support yang dibuat pada titik terendah dari dua lembah sebelumnya.

Sinyal Beli

Seperti halnya pola triple top, Triple bottoms memiliki sinyal untuk buy. Sinyal ini dipicu ketika harga menembus level resisten dari kedua puncak yang terbentuk. Peningkatan volume juga menjadi faktor pertimbangan yang kuat untuk melakukan tindakan beli.

Chart ini merupakan contoh dari pola triple tops dengan ciri terdiri dari tiga puncak dengan dua lembah sebagai pemisahnya. Tiga puncak yang terbentuk merupakan batas resisten sedangkan dua lembah sebagai batas support

Ketika harga menembus level support (breakthrough) setelah puncak ketiga terbentuk menandakan bahwa harga akan mengalami penurunan,

dan seperti yang kita lihat pada chart diatas dimana harga setelah menembus breakthrough mengalami penurunan, biasanya trader akan melakukan sell pada kondisi seperti ini untuk mencegah penurunan yang lebih dalam.

Untuk memperkuat analisis maka sebaiknya pengetahuan triple tops dan triple bottoms ini dikombinasikan dengan indicator volume.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- Untuk pembelajaran lebih intensif dan lebih dalam, silahkan
  ke Sekolah Forex Gatis
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI


Artikel Terkait