JURUS TEKNIKAL

JURUS TEKNIKAL

Candle Southern Long-Legged Doji, Pengertian dan Cara Penggunaannya

Story by : Hadi J
Category at: Analisa Teknikal
Published : March 15, 2023
Dilihat: 528 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Southern Long-Legged Doji (SLLD) adalah pola candlestick yang terdiri dari sebuah doji dengan shadow yang panjang di kedua sisi. Pola ini biasanya terbentuk setelah pergerakan harga yang cukup besar, dan menunjukkan ketidakpastian pasar serta kemungkinan besar akan terjadi pembalikan arah trend.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai Southern Long-Legged Doji dan cara menggunakannya dalam analisis teknikal.

Apa Itu Southern Long-Legged Doji?

Southern Long-Legged Doji adalah pola candlestick yang terdiri dari sebuah doji dengan shadow yang panjang di kedua sisi. Doji pada SLLD tidak memiliki body candle atau memiliki body candle yang sangat kecil, yang menunjukkan bahwa buyer dan seller tidak dapat menentukan arah harga yang jelas.

Shadow yang panjang di kedua sisi doji pada SLLD menunjukkan adanya volatilitas pasar dan menunjukkan bahwa ada tekanan beli dan jual yang seimbang. Pola ini seringkali terlihat setelah pergerakan harga yang cukup besar dan menunjukkan ketidakpastian pasar.

Cara Menggunakan Southern Long-Legged Doji dalam Analisis Teknikal

Southern Long-Legged Doji adalah pola candlestick yang dapat memberikan sinyal yang berguna bagi para trader. Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan dalam mengidentifikasi dan memanfaatkan pola Southern Long-Legged Doji dalam analisis teknikal:

Identifikasi Pola Southern Long-Legged Doji

Pertama-tama, trader harus dapat mengidentifikasi pola Southern Long-Legged Doji dalam grafik harga pasar. Pola ini biasanya terlihat setelah pergerakan harga yang cukup besar dan menunjukkan ketidakpastian pasar serta kemungkinan pembalikan arah trend.

Konfirmasi dengan Indikator Teknikal Lainnya

Setelah mengidentifikasi pola Southern Long-Legged Doji, trader sebaiknya mengkonfirmasi pola ini dengan menggunakan indikator teknikal lainnya. Beberapa indikator teknikal yang dapat digunakan dalam konfirmasi pola Southern Long-Legged Doji antara lain moving average, RSI, MACD, dan stochastic oscillator.

Gunakan Stop Loss

Seperti halnya dengan pola candlestick lainnya, pola Southern Long-Legged Doji juga memiliki risiko yang harus diperhitungkan oleh para trader. Oleh karena itu, trader sebaiknya selalu menggunakan stop loss untuk mengurangi risiko kerugian.

Gunakan Pola Candlestick Lainnya

Pola Southern Long-Legged Doji sebaiknya digunakan bersama dengan pola candlestick lainnya untuk memperoleh sinyal yang lebih akurat. Beberapa pola candlestick yang seringkali digunakan bersama dengan pola Southern Long-Legged Doji antara lain hammer, shooting star, dan bearish engulfing.

Kesimpulan

Southern Long-Legged Doji adalah pola candlestick yang penting dalam analisis teknikal dan dapat memberikan sinyal yang berguna bagi para trader. Pola ini menunjukkan ketidakpastian pasar serta kemungkinan terjadinya pembalikan arah trend, dan dapat digunakan bersama dengan pola candlestick dan indikator teknikal lainnya untuk memperoleh sinyal.


Artikel Terkait