JURUS TEKNIKAL

JURUS TEKNIKAL

Chart Pattern: Jenis Serta Manfaatnya

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Analisa Teknikal
Published : February 14, 2023
Dilihat: 558 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Sumber: Freepik

Mengutip dari situs Investopedia, trading secara harfiah sebenarnya mengacu pada proses perdagangan, yaitu pertukaran barang atau jasa yang sifatnya sukarela.

Kegiatan ini dilakukan oleh pelaku ekonomi yang berbeda. Namun pada pembahasan kali ini, trading digambarkan pada ruang lingkup pasar keuangan. Trading berhubungan dengan pembelian dan penjualan sekuritas, komoditas, atau derivative. Trading bersifat bebas dalam hal produk dan jasa.

 

Apa Itu Analisa Chart Pattern

Chart Pattern: Jenis Serta Manfaatnya
Sumber: Freepik

Chart pattern adalah analisa teknikal yang mengandalkan penglihatan terhadap pola-pola yang terbentuk dalam grafik. Pergerakan harga dalam grafik cenderung berulang dan membentuk pola yang sama, sehingga trader dapat memprediksi pergerakan harga di masa depan dengan melihat sejarah harga yang telah terbentuk di masa lalu.

Setiap pola memiliki bentuk dan arti yang berbeda-beda. Chart pattern dapat berguna untuk trader memprediksi harga akan mengalami penerusan atau justru penurunan.  Teknik ini juga berguna untuk mencari titik entri potensial. Menguasai teknik chart pattern adalah salah satu analisa mudah dalam strategi trading tanpa indikator.

 

Continuation Pattern (Pola Penerusan)

Chart Pattern: Serta Manfaatnya1
Sumber: Freepik

Chart pattern ini muncul sebagai sinyal penerusan harga dari trend sebelumnya. Teknik chart pattern dalam pola penerusan sangat bermanfaat untuk menyaring sinyal yang mengidentifikasikan ‘koreksi sementara’ dari trend utama. Dengan kata lain, setelah pola selesai terbentuk, maka harga kemungkinan besar akan kembali ke trend utama sebelumnya.

 

Reversal Pattern (Pola Pembalikan)

Chart Pattern: Jenis Serta Manfaatnya2
Sumber: Freepik

Reversal Pattern adalah pola yang mengidentifikasi pembalikan harga. Umumnya pola chart yang menandakan pembalikan ini akan muncul di puncak (top) atau dasar (bottom) harga. Pola ini mengidentifikasikan bahwa tren harga sudah tidak mampu untuk menguat/menurun, sehingga ketika pola telah terbentuk, maka harga akan berbalik membentuk tren baru.

Bilateral chart pattern

Chart Pattern: Jenis Serta Manfaatnya4
Sumber: Freepik

Bilateral Chart Pattern adalah pola yang memiliki dua kemungkinan harga akan berbalik atau justru mengalami penurunan. Untuk memainkan jenis pola chart ini sebaiknya pertimbangkan dua skenario, yaitu upside atau downside breakout. Anda dapat meletakkan satu order di puncak formasi dan satunya di dasar formasi. Jika salah satu order mulai tereksekusi, Anda dapat membatalkan order satunya.

 

Manfaat Analisa Chart Pattern

Chart Pattern: Jenis Serta Manfaatnya5
Sumber: Freepik

Dengan analisa teknikal chart pattern, Anda bisa menerapkan strategi trading dengan lebih mudah. Sebaiknya gunakan pola-pola pembalikan sebagai sinyal pelengkap/konfirmasi dan pola penerusan sebagai setup strategi trading. Hal tersebut dikarenakan lebih baik untuk melakukan trading dengan konsep “follow the tren” agar risiko loss trading Anda kecil.

Untuk entry sebaiknya dilakukan setelah pola selesai terbentuk, sehingga sinyal yang diperoleh lebih valid. Berbagai level penting pada pola chart juga dapat dijadikan acuan sebagai titik stop loss dan take profit. Jika trader sukses memahami teori analisa ini, maka akan lebih mudah untuk memahami kondisi pasar dan menginterpretasikannya sebagai peluang trading.

Analisa chart pattern mampu memberikan sinyal terdepan karena muncul di awal dan menandai pergerakan penting yang ada, baik pembalikan ataupun penerusan. Analisa ini adalah teknik analisa yang berdiri sendiri tanpa menggunakan indikator yang rumit.

Namun, akan jauh lebih baik Anda juga menggunakan beberapa indikator sebagai konfirmasi agar potensi kesuksesan analisa Anda semakin besar. Jangan lupa juga untuk memperhatikan faktor-faktor fundamental.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- Untuk pembelajaran lebih intensif dan lebih dalam, silahkan
  ke Sekolah Forex Gatis
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI


Artikel Terkait