JURUS TEKNIKAL

JURUS TEKNIKAL

Kisah Trader Sukses Geoge Lane, Sang Penemu Indikator Stochastic Oscillator

Story by : Hadi J
Category at: Analisa Teknikal
Published : January 05, 2023
Dilihat: 543 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Geoge Lane terkenal berkat melahirkan sebuah indikator Stochastic Oscillator. Indikator momentum ini dikembangkan Geoge Lane pada 1950-an. Indikator Stochastic Oscillator adalah sebuah indikator momentum yang dapat menunjukkan pergerakan harga yang telah mencapai overbought atau oversold. 

Namun, penggunaan indikator ini bukan hanya untuk menentukan pergerakan harga saat kondisi overbought atau oversold saja. Para trader juga bisa mendapatkan konfirmasi tren untuk sinyal entri serta sebagai penanda divergence. Bagaimana perjalanan Geoge Lane dalam menciptakan indikator Stochastic Oscillator? Simak cerita lengkapnya.

Siapa itu Geoge Lane?

Geoge Lane adalah penemu indikator Stochastic Oscillator. Geoge Lane lahir pada 1921 di Chicago, Amerika Serikat. Sebelum menjadi trader, George Lane adalah seorang dokter yang praktek di klinik milik ayahnya di kawasan Industri Chicago.

Setelah ayahnya pensiun, George Lane memilih untuk menutup klinik tersebut dan mulai fokus pada trading komoditas. Pada tahun 1950, George Lane membeli keanggotaan Chicago Open Board of Trade (saat ini bernama MidAmerica Commodity Exchange).

Karirnya tidak berjalan mulus. Pada awalnya, dia sering menderita kerugian dari aktivitas trading. Nasib berubah ketika seorang pekerja di broker mengajarinya trading dengan metode Taylor (siklus pergerakan harga setiap 3 hari). 

“Lane began his 50-year career in the financial markets with the E.F. Hutton & Co. brokerage in the 1950s. His broker’s training included time spent under the tutelage of Joseph Granville. Later, George Lane joined the research group at Investment Educators, the firm he would eventually own,” tulis en-academic.com

Selain aktif sebagai trader mandiri, George Lane juga merupakan bekerja disebuah perusahaan investasi. Disana, dia juga mengajar para investor dan profesional keuangan metode analisis teknis dasar dan lanjutan.

Saat itu, sekolah khusus tersebut masih jadi satu-satunya lembaga edukasi di Amerika Serikat yang mengajarkan ilmu investasi. Kemudian, ia mengambil alih sekolah tersebut setelah pemiliknya meninggal dunia. Ia menjabat sebagai President of Investment Educators Inc. di Watseka, Illinois.  hingga ia tutup usia pada 7 Juli 2004.

Perjalanan Menemukan Indikator Stochastic

Indikator Stochastic tidak diciptakan dalam sekejab. Di awal karirnya sebagai trader, George Lane merasa indikator fundamental tidak terlalu berguna untuk trading. 

“George Lane recalls that early in his trading career, fundamentals did not seem very reliable when he wastrying to decide which way a market might head. So he went to work studying technical indicators.”

Oleh karena itu, George Lane mulai mendalami analisa teknikal. Pada awalnya, George Lane merasa kesulitan membaca chart trading yang dianggapnya begitu kompleks.

Setelah George Lane memahami proses pergerakan harga, dia mulai menciptakan indikatornya sendiri untuk mengenali momentum pasar. George Lane menghabiskan waktu hingga bertahun-tahun untuk mempelajari tren pasar secara konsisten. 

George Lane ingin menciptakan metode atau analisa trading yang bisa mempermudah trader saat menentukan timing yang tepat untuk masuk dan keluar pasar berdasarkan kondisi overbought dan oversold. Hasil pengamatan inilah yang kemudian ia rumuskan dan realisasikan menjadi indikator Stochastic.

Indikator Stochastic tidak mengikuti harga atau volume perdagangan, tetapi menunjukkan momentum perubahan harga pasar sebelum berubah arah. Metode ini telah menghasilkan profit secara konsisten dari aktivitas trading George Lane di berbagai jenis pasar.

Indikator Stochastic terbukti powerfull. Tak hanya George Lane, indikator ini juga marak digunakan oleh trader lain di berbagai pasar. 

Hingga saat ini, indikator Stochastic telah bertahan selama lebih dari 50 tahun. Indikator ini masih sangat populer dikalangan trader. Atas penemuan indikator Stochastic, George Lane dianugerahi penghargaan anumerta dari Market Technicians Association pada 2012.

Perlu diketahui, George Lane hanya menggunakan 3 alat teknikal di sepanjang karirnya sebagai trader. Pertama, Indikator Stochastic. Kedua, garis trend. Ketiga,  level Fibbonaci Retracement.


Artikel Terkait