JURUS TEKNIKAL

JURUS TEKNIKAL

Mengenal Lebih Dekat Symmetrical Triangle Pattern

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Analisa Teknikal
Published : March 16, 2023
Dilihat: 858 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Sumber: Freepik

Jika pola chart pattern triangle ini meneruskan pola trend bullish, maka akan disebut sebagai bullish symmetrical triangle. Namun jika pola chart pattern ini meneruskan chart pattern bearish, maka akan disebut sebagai bearish Symetrical Triangle.

Pola chart pattern Symmetrical Triangle sendiri jika dilihat secara sekilas, maka akan menggambarkan titik resistance dan titik support yang memiliki tingkat kemiringan yang sama hingga saling bertemu dan membentuk pola berbentuk segitiga.

Segitiga simetris atau Symmetrical Triangle dapat dilihat sebagai titik awal untuk semua variasi pola Triangle. Seperti namanya, Triangle dapat dilihat setelah menggambar dua garis tren yang menyatu pada grafik.

Perbedaan pola Symmetrical Triangle dengan pola lainnya adalah Symmetrical Triangle merupakan pola netral dan tidak condong ke segala arah. Sementara Triangle itu sendiri netral, namun tetap mendukung arah tren yang ada dan trader mencari penembusan atas arah tren.

 

Symmetrical Triangle Menandakan Apa?

Mengenal Lebih Dekat Symmetrical Triangle Pattern
Sumber: Freepik

Pola harga yang satu ini umumnya muncul ketika fase konsolidasi. Pada fase ini, selling dan buying pressure sama-sama kuat, sehingga perlu waktu untuk menentukan siapa yang dominan. Ketika pasar telah menentukan siapa pihak yang dominan, maka harga aset akan mengalami breakout (menembus garis resistance karena buying pressure yang kuat) atau breakdown karena kuatnya selling pressure.

Meskipun demikian, beberapa sumber menyebutkan bahwa pola ini juga merupakan continuation pattern dari trend yang sedang berlangsung. Artinya, apabila symmetrical triangle muncul di tengah bullish trend, maka harga cenderung akan naik, begitupun sebaliknya.

 

Strategi Trading Symmetrical Triangle

Mengenal Lebih Dekat Symmetrical Triangle Pattern1
Sumber: Freepik

Segitiga Simetris memberikan teknik pengukuran yang efektif untuk trading breakout, dan teknik ini dapat diadaptasi dan diterapkan pada variasi lainnya juga.

Grafik AUD/USD di bawah ini menunjukkan Symmetrical Triangle. Jarak vertikal antara garis tren atas dan bawah dapat diukur dan digunakan untuk meramalkan target yang tepat begitu harga telah keluar dari segitiga simetris.

Penting untuk dicatat bahwa menemukan segitiga simetris yang sempurna sangat jarang dan trader tidak boleh terlalu terburu-buru untuk membatalkan pola yang tidak sempurna. Trader harus memahami bahwa analisa triangle bukan tentang menemukan pola yang sempurna tetapi lebih banyak tentang memahami apa yang dikomunikasikan pasar, melalui aksi harga.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- Untuk pembelajaran lebih intensif dan lebih dalam, silahkan
  ke Sekolah Forex Gatis
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI


Artikel Terkait