JURUS TEKNIKAL

JURUS TEKNIKAL

Mengenal Pola Bullish Engulfing: Pengertian, Cara Mengidentifikasinya dan Kelemahannya

Story by : Hadi J
Category at: Analisa Teknikal
Published : August 17, 2023
Dilihat: 1140 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Setelah membahas pola candlestik bearish, sekarang saya ingin berfokus pola candlestik bullish. Dalam artikel ini, saya ingin membahas tentang pola Bullish Engulfing, sebuah pola candlestick yang sering dianggap sebagai sinyal pembalikan potensial dalam tren turun (downtrend). Jika kamu ingin memperdalam pengetahuanmu tentang analisis grafik dan bagaimana menerapkan pola ini dalam trading, mari kita simak penjelasan lebih lanjut.

Apa itu Pola Bullish Engulfing?

Pola Bullish Engulfing terjadi ketika candlestick bullish (naik) yang lebih besar sepenuhnya "menggantikan" candlestick bearish (turun) sebelumnya. Dalam kata lain, candlestick bullish kedua ini sepenuhnya menelan atau "menggarap" candlestick bearish yang sebelumnya terbentuk. Pola ini menandakan potensi pembalikan harga dari penurunan menjadi kenaikan.

Pola Bullish Engulfing dapat memberikan sinyal bahwa tekanan jual dalam tren turun mulai melemah dan pembeli sedang mengambil alih. Ini bisa menjadi tanda bahwa harga telah mencapai level support yang kuat dan ada potensi pembalikan harga menuju kenaikan.

Ketentuan Pola Bullish Engulfing

sumber gambar: google image

Cara Mengidentifikasi Pola Bullish Engulfing

1. Pastikan pasar sedang dalam tren turun (downtrend).

2. Amati dua candlestick berurutan. Candlestick pertama harus berwarna bearish (turun).

3. Candlestick kedua harus berwarna bullish (naik) dan memiliki tubuh yang lebih besar daripada candlestick pertama. Tubuh candlestick kedua harus sepenuhnya menelan atau "menggarap" tubuh candlestick pertama.

Pola Bullish Engulfing Butuh Konfirmasi:

Walaupun pola Bullish Engulfing dapat memberikan petunjuk awal tentang pembalikan potensial, penting untuk diingat bahwa konfirmasi lebih lanjut diperlukan sebelum mengambil tindakan. Kamu bisa menunggu sampai candlestick bullish berikutnya terbentuk untuk memastikan bahwa pembalikan benar-benar terjadi. Ini membantu menghindari sinyal palsu dan memberikan keyakinan lebih dalam keputusan trading kamu.

Jaga dengan Manajemen Risiko

Dalam dunia trading, terlepas dari strategi apa yang kamu gunakan, manajemen risiko tetap menjadi komponen krusial. Gunakan stop loss secara bijak untuk melindungi modalmu dari pergerakan harga yang tidak diharapkan. Hindari mengambil risiko yang terlalu besar dan selalu pertimbangkan rasio risiko dan reward dalam setiap trading yang kamu lakukan.

Kesimpulan:

Pola Bullish Engulfing adalah alat yang berguna dalam analisis teknikal untuk mendeteksi potensi pembalikan harga. Namun, kesuksesan dalam trading tidak hanya ditentukan oleh pola candlestick semata. Selalu ingat untuk mengkombinasikan analisis dengan alat lainnya dan selalu berpegang pada prinsip manajemen risiko yang baik.

Dengan memahami pola Bullish Engulfing, kamu dapat mengambil keputusan trading yang lebih informasional dan berdasarkan analisis. Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan keberhasilan dalam trading dan mengoptimalkan potensi profit. Teruslah belajar dan berlatih untuk mengasah kemampuan analisis teknikalmu.

Untuk informasi lebih lanjut tentang analisis teknikal dan strategi trading, kunjungi situs web kami di www.belajartrading.co.id. Selamat bertrading dan semoga sukses!

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari HADI silahkan hubungi di SINI.


Artikel Terkait