JURUS TEKNIKAL

JURUS TEKNIKAL

MENGIDENTIFIKASI KONDISI PASAR SAAT KONSOLIDASI

Story by : Geraldo Kofit
Category at: Artikel Baru
Published : June 22, 2022
Dilihat: 134 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

Konsolidasi adalah istilah yang digunakan dalam analisa teknikal, baik forex maupun saham, untuk mendeskripsikan periode yang flat. Saat konsolidasi, pergerakan harga tampak tak banyak perubahan. Bisa dibilang, pasar istirahat dulu sebelum melanjutkan trend. Sayangnya, kondisi ini sering terlambat disadari. Memangnya apa dampaknya jika terlambat menyadai konsolidasi pasar? Tentu saja loss, karena volatilitas sangat rendah, profit pun seret. Saat harga di pasar sedang terkonsolidasi, para pelaku pasar yang sudah berpengalaman biasanya melakukan evaluasi kembali dan mengatur strategi untuk menghadapi pergerakan harga berikutnya. Begini, nih, contoh bentuk chart pergerakan harga saat sedang konsolidasi setelah downtrend: 

Trader Enggan Bertrading Saar Pasar Konsolidasi

Nah, di atas tadi telah dijelaskan bahwa saat pasar sedang konsolidasi, para trader biasanya akan memanfaatkan momen ini untuk evaluasi dan atur strategi lagi. Utamanya para trader pecinta trend, tak ada yang mau bertrading saat konsolidasi seperti ini. Kenapa? Karena harga benar-benar sedang stagnasi alias tidak volatil. Kita akan sulit profit kalau begini. Price movement atau pergerakan harga yang baik adalah memiliki cukup volatilitas. Ingat, volatilitas yang CUKUP ya, karena volatilitas harga yang berlebihan juga ngeri. 

Saat konsolidasi terjadi, maka para trader yang sangat menyukai trend tidak akan mau melakukan trading di pasar. Hal ini dikarenakan harga benar-benar berada dalam keadaan yang stagnan dan tidak bergerak. Kondisi konsolidasi akan sulit untuk mendapatkan profit, sebab pergerakan harga yang baik saat memiliki cukup volatilitas. Volatilitas yang cukup artinya tidak terlalu berlebihan, karena pergerakan harga yang berlebihan akan berbahaya untuk dihadapi.

Saat Anda melakukan trading saat pasar sedang konsolidasi, maka ini 2 kesulitan yang akan Anda hadapi.

  • Strategi biasanya dirancang untuk pasar yang sedang trend. Sehingga saat pasar sedang konsolidasi, sistem yang ada akan mengirimkan sinyal yang palsu.
  • Saat konsolidasi terus berlanjut dan Anda tidak menyadari apa yang sedang terjadi, maka resiko yang bisa saja terjadi adalah bisa kehilangan dana dalam akun trading yang Anda miliki. Hal ini bisa terjadi karena akan sangat sulit untuk mendapatkan profit saat pasar sedang konsolidasi. Oleh sebab itu lebih baik menyingkir untuk sementara waktu di saat pasar sedang mengalami konsolidasi.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Jadi, diharapkan artikel ini dapat memberikan kemudahan anda dalam trading. Temukan informasi lain yang mudah dan cocok untuk anda dalam segala kondisi market.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI TRADING ini langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait