JURUS TEKNIKAL

JURUS TEKNIKAL

PELAJARI BULLISH UNIQUE THREE RIVER BOTTOM

Story by : Hadi J
Category at: Analisa Teknikal
Published : December 12, 2020
Dilihat: 1692 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Bullish Unique Three River Buttom adalah sebuah pola tiga kandil yang agak terlihat seperti Bullish Morning Star. Muncul dalam tren turun. Kandil hitam hari pertama menelan tubuh hitam kecil yang mengikuti, dengan ciri khas bayangan bawah panjang. Pola ini dilengkapi dengan sebuah tubuh putih kecil, yang ditutup di bawah penutupan hari kedua.

Adapun Ciri-Cirinya Adalah

  • Pasar ditandai dengan dominasi tren menurun.
  • Sebuah kandil hitam teramati pada hari pertama.
  • Hari kedua merupakan tubuh hitam yang dibuka lebih tinggi, diperdagangkan pada dasar baru, lalu ditutup dekat dengan puncak.
  • Hari ketiga merupakan hari putih pendek di bawah hari kedua.

Pola candlestick ini memberitahu kita bahwa sedang terjadi perubahan arah. Perubahan arah dari tren turun (Bearish) menuju tren naik (Bullish). Tentu ini adalah sebuah sinyal beli dengan potensi keuntungan yang besar. Namun, tingkat kepastian sinyal ini tidaklah terlalu tinggi. Oleh sebab itu, disarankan untuk menunggu konfirmasi terlebih dahulu sebelum mulai membeli. Untuk lebih memahami bagaimana pola candlestick Bullish Three River Bottom ini menjadi sinyal bahwa sedang terjadi pembalikan arah dari tren turun (Bearish) menuju tren naik (Bullish), mari perhatikan gambar berikut:

Dapat dilihat bahwa pola candlestick Three River Bottom dibentuk oleh tiga buah candlestick – sebuah candlestick hitam berbatang panjang, sebuah candlestick hitam berbatang pendek dengan ekor bawah panjang (hammer), dan sebuah candlestick putih berbatang pendek. Untuk mempermudah analisa, mari kita asumsikan pola candlestick ini terbentuk dalam jangka waktu harian. Pola candlestick ini terbentuk setelah tren turun (Bearish) yang panjang.

Berikut adalah beberapa kriteria pola Unique Three Rivers beserta cara membacanya.

  • Candle pertama adalah candle bearish dengan body yang panjang.
  • Candle kedua adalah pola hammer dengan body kecil yang berada di dalam body candle pertama.
  • Candle ketiga adalah candle bullish dan memiliki bentuk body yang kecil. Harga penutupannya lebih rendah dari candle kedua.

Bagaimana Trading dengan Pola Ini

Sebelum Anda ingin mencoba trading menggunakan pola ini sebagai landasan entry, sebaiknya Anda pahami bahwa pada trading yang sesungguhnya, terkadang beberapa trader tidak terlalu mengacu dengan pola candle Unique Three Rivers seperti yang terlihat pada gambar. Biasanya trader juga memperhatikan pola-pola yang terlihat mirip. Sehingga, meskipun formasinya tidak sama persis, akan tetapi trader sudah mengetahui outlook yang mungkin akan terjadi dengan bantuan pola tersebut.

Sebagai contoh, candle kedua bukanlah pola Hammer, melainkan candle doji dengan ekor panjang. Kemudian, candle bullish ketiga bisa ditutup lebih rendah atau lebih tinggi dari candle kedua. Meskipun adanya perbedaan ini, beberapa trader masih bisa mentolelir dan menganggap formasi tersebut bisa dijadikan tolok ukur dalam menentukan sinyal bullish reversal.


RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI  silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait