JURUS TEKNIKAL

JURUS TEKNIKAL

POLA-POLA INI ADALAH PENANDA ADANYA REVERSAL

Story by : Hadi J
Category at: Analisa Teknikal
Published : December 02, 2020
Dilihat: 3450 kali

Hadi adalah penasihat perdagangan di pasar berjangka sebagai pedagang valas dan komoditas. Sebagai seorang trader scalper, Dia menggunakan strategi Trendline dan Indikator Aligator untuk trading. Dia akan membantu Anda mempelajari cara menghasilkan uang dari 'zero' menjadi 'hero'.


zoom

Reversal pattern adalah suatu pola yang mengisyaratkan akan adalanya pembalikan arah tren. Jika pada saat uptrend atau downtrend kemudian pola ini muncul, maka diperkirakan harga akan bergerak berlawanan dengan arah tren sebelumnya. 

Reversal Pattern juga merupakan suatu pola pergerakan harga yang  dapat diprediksi atau memberikan sinyal kuat akan terjadi perubahan arah pasar. Jangan salah menangkap definisi perubahan arah pasar ! Arah pasar ada tiga yaitu naik-turun-dan datar atau bullish-bearish-sideways. Jika saat ini pasar sedang naik (bull) kemudian muncul pola reversal pattern, maka implikasinya arah pasar akan berubah menjadi turun (bear) ATAU datar (sideway).

Namun, apakah ada pembagian pola sebagai penanda reversal? jawabanya adalah ada dan kita akan bahas dalam artikel ini 

Three Line Strike

Suatu pola dapat disebut sebagai Three Line Strike apabila terdapat 3 candle Bearish dalam rangkaian tren menurun. Ketiga candle bearish ini masing-masing harus memiliki level Low yang lebih rendah dari candle sebelumnya, sehingga formasi yang terbentuk juga menurun.

Setelah 3 candle bearish muncul, pada candle keempat, terbentuklah candle Bullish yang kemudian menandai terjadinya reversal. Meskipun demikian, guna menghindari kesalahan sinyal, ada baiknya Anda melakukan Open Posisi begitu terbentuk candle setelah candle Bullish. Dengan demikian, ada candle konfirmator yang menunjukkan reversal benar-benar terjadi.

Two Black Gapping

Pola kelanjutan bearish two black gapping muncul setelah arah bergerak turun dari level puncak saat pasar uptrend dengan gap atau celah kosong yang menciptakan dua candle hitam dengan posisi terendah dan lebih rendah. Pola Two Black Gapping biasanya muncul dalam rangkaian Uptrend dan Anda dapat mengetahui bahwa harga telah mengalami Bearish reversal. 

Pola ini memprediksi bahwa penurunan akan terus berlanjut ke posisi terendah yang lebih rendah yang mungkin akan memicu trend bearish dengan skala yang lebih luas. Menurut Bulkowski, pola ini memprediksi harga yang lebih rendah dengan tingkat akurasi 68%.

Three Black Crows

Three black crows bearish dimulai pada atau di dekat level tertinggi saat pasar uptrend dengan 3 candle hitam bergerak ke posisi terendah lebih rendah yang dekat dengan posisi terendah intrabar.
Pola ini memprediksi bahwa penurunan akan terus berlanjut ke posisi terendah yang lebih rendah dan mungkin akan memicu tren turun dengan skala yang lebih luas. Versi paling bearish dimulai pada posisi tinggi baru karena dapat menjebak pembeli memasuki pasar.
Menurut Bulkowski, pola ini memprediksi harga yang lebih rendah dengan tingkat akurasi 78%.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI  silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait