JURUS TEKNIKAL

JURUS TEKNIKAL

Simak! Ini Dia Peranan Pasar Dalam Perekonomian

Story by : Danuh Nuraga
Category at: Analisa Teknikal
Published : October 26, 2020
Dilihat: 962 kali

Danuh Nuraga adalah Konsultan Perdagangan di Pasar Keuangan yang membantu Trader dan Investor profesional mendapatkan pengetahuan berharga dan strategi penting. Ia lulus dari California State University of Northridge di AS dan memperoleh gelar Bachelor of Science di bidang Manajemen Bisnis. Ia juga memiliki pengetahuan dalam dunia bisnis, namun memiliki pengetahuan yang sangat luas di bidang Penerbangan dan memiliki Lisensi Pilot..


zoom

Peran pasar dalam perekonomian sangatlah vital, bahkan pasar diibaratkan sebagai jantung perekonomian. Hal ini dikarenakan, banyak pihak yang menggantungkan kelangsungan hidupnya dengan kegiatan pasar, sehingga dinamis dan lesunya perekonomian akan tampak dari berlangsungnya kegiatan di tempat tersebut.

Pasar adalah sarana bertemunya permintaan dan penawaran, yang artinya tidak mengharuskan penjual dan pembeli untuk selalu bertemu. Secara umum definisi pasar dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pengertian pasar secara tradisional dan pasar modern.

Peran Pasar Dalam Perekonomian

Untuk menyampaikan barang dan jasa kepada konsumen banyak cara yang dilakukan, salah satunya adalah melalui pasar. Dimana, masyarakat akan datang ke pasar membeli berbagai macam kebutuhan sehingga terjadi transaksi dan mengakibatkan perputaran uang dan menjadi penggerak ekonomi rakyat. Adapun, peran pasar bagi perekonomian ini bisa dirincikan sebagai berikut :

Peran bagi produsen

Bagi produsen, pasar berperan membantu memperlancar penjualan hasil produksi sekaligus kesempatan mempromosikan produknya. Di pasar, produsen dapat menjelaskan keunggulan produknya itu untuk meyakinkan konsumen. Selain itu, produsen juga dapat memperoleh faktor-faktor produksi untuk menunjang proses produksi.

Peran pasar bagi konsumen

Bagi konsumen, pasar berperan memudahkan konsumen memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan. Konsumen tidak perlu repot mencari tahu karena apa yang dibutuhkannya telah tersedia di pasar. Konsumen dapat datang ke tempat penjualan atau memesannya untuk diantarkan ke rumah. Kemajuan teknologi membuat jarak dan waktu bukan lagi kendala untuk memperoleh produk yang dibutuhkan.

Peran bagi pembangunan

Peran pasar bagi pembangunan adalah menunjang kelancaran pembangunan yang sedang berlangsung. Pasar berperan membantu menyediakan segala macam barang dan jasa yang bermanfaat bagi pembangunan. Pasar juga dapat dijadikan sumber pendapatan pemerintah untuk membiayai pembangunan melalui pajak dan retribusi.

Peran pasar bagi sumber daya manusia

Kegiatan perdagangan di pasar membutuhkan tenaga kerja tdk sedikit. Semakin luas suatu pasar semakin besar tenaga kerja yang dibutuhkan. Dengan banyaknya tenaga kerja yang dibutuhkan. Pasar turut membantu mengurangi pengangguran, memanfaatkan sumber daya manusia, serta membuka lapangan kerja.

Fungsi pasar dalam perekonomian

Di samping itu, dalam menopang perekonomian pasar juga berfungsi sebagai distributor, pembentuk harga dan sebagai sarana promosi.

Pasar sebagai distributor

Pasar memudahkan proses distribusi barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Pasar sebagai sarana distribusi untuk faktor produksi (dari RTK ke RTP) dan sarana distribusi untuk hasil produksi (dari RTP ke RTK).

Pasar sebagai pembentuk harga

Kegiatan tawar-menawar akan yang terjadi di dalam pasar sehingga dapat menghasilkan kesepakatan harga dan harga pasar akhirnya akan terbentuk.

Pasar sebagai sarana promosi

Pasar menjadi tempat memperkenalkan dan menginformasikan memanfaatkan dan keunggulan suatu barang atau jasa yang diperjualbelikan.

 


Artikel Terkait