ARTIKEL BARU

ARTIKEL BARU

BACA INI JIKA ANDA INGIN MENJADI SEORANG TRADER (Bagian 1/2)

Story by : Debby Lukito Goeyardi
Category at: SEPUTAR FOREX
Published : January 04, 2021
Dilihat: 870 kali

Debby Lukito Goeyardi adalah seorang penulis yang sudah menerbitkan belasan buku. Dengan bekal ilmu dari jurusan Business Administration di Kennedy-Western University, Debby siap memasuki dunia pasar keuangan bersama PT. Astronacci International.


zoom

Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang trader? Jika jawabannya ‘ya’, Anda perlu memahami bagaimana memulai hal tersebut dengan menetapkan tujuan yang realistis serta bagaimana menghindari pola pikir ‘menghasilkan jutaan dalam hitungan menit’ yang bisa menjadi penghambat Anda sendiri. 

 

Tahukah Anda bahwa kalimat ‘Bagaimana menjadi seorang trader?’ adalah kalimat yang paling dicari dalam mesin pencari Google. Sepertinya makin banyak orang yang tertarik untuk menjadi seorang trader, terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda pahami dan pelajari untuk menjadi seorang trader yang akan diulas dalam artikel berikut ini. 

Pola pikir seorang trader

Banyak orang yan tentu tertarik dengan gagasan ‘menghasilkan jutaan dalam hitungan menit’ yang bisa Anda lakukan dari rumah atau di mana yang Anda inginkan selama masih ada jaringan internet. Bayangkan Anda tidak perlu berangkat ke kantor, tidak ad abos yang memarahi Anda, tidak ada rekan kerja yang menyebalkan, tidak ada tenggat waktu yang ketat dan masih banyak lagi. Mungkin Anda juga memimpikan bahwa Anda tinggal di lokasi yang eksotis, melakukan trading beberapa jam di pagi hari dan menikmati hidup Anda. Semua itu mungkin merupakan kenyataan bagi beberapa trader, namun sebagian besar trader memiliki kenyataan yang berbeda. Banyak waktu yang mereka habiskan di depan komputer, bahkan seringkali mereka menghabiskan waktu lebih dari yang mereka lakukan ketika mereka masih memiliki pekerjana tetap. Tak hanya waktu, cukup banyak uang yang tentunya juga mereka habiskan. Namun, kenyataannya akun mereka tidak berkembang. Bahkan, fakta menunjukkan bahwa banyak trader yang mengalami kerugian.

Satu hal yang pasti, jika Anda ingin menjadi seorang trader, maka Anda harus bersedia menginvestasikan waktu, uang serta tenaga untuk mempelajari caranya. Jelas Anda tidak bisa menjadi trader dalam semalam. Awal-awal, trading mungkin akan membuat Anda lelah dan frustasi serta hasil yang tidak sesuai dengan usaha Anda. Hal-hal inilah yang membuat banyak trader menyerah. 

 

Tanyakan pada diri sendiri: Apakah Anda benar-benar ingin menjadi seorang trader?

Trading adalah bisnis. Trader adalah profesi dan butuh waktu untuk mempelajari cara melakukan trading tersebut. Secara realistis, Anda membutuhkan beberapa minggu bahkan mungkin berbulan-bulan sebelum Anda mendapatkan trading pertama Anda yang menguntungkan. Pada awalnya, Anda bahkan mungkin kehilangan sejumlah uang walaupun Anda sudah mempersiapkan diri dengan baik karena selalu ada risiko kerugian dalam trading. 

Beberapa hal berikut ini bisa meningkatkan peluang Anda untuk menjadi seorang trader:

Tetapkan tujuan yang realistis:

Fokuslah pada keuntungan kecil, namun konsisten. Trading melibatkan fungsi dari risk dan reward. Semakin banyak Anda mengambil risiko, semakin tinggi potensi keuntungan yang Anda dapatkan. Dalam bahasa trader, semakin besar stop loss, semakin tinggi Anda dapat menetapkan target keuntungan Anda. Miliki ekspektasi yang realistis dan pahami risiko perdagangan. Kuncinya adalah menemukan strategi trading dengan persentase kemenangan 50 persen sambil mencapai rasio reward dibanding rasio risk hingga 1,5 : 1. Anda mungkin tidak mencapai tujuan Anda dalam setiap minggu. Mungkin ada beberapa minggu Anda hanya menghasilkan sedikit keuntungan atau bahkan mungkin kehilangan uang. Namun, akun Anda pasti berkembang dalam jangka panjang. Dengan manajemen risiko dan uang yang tepat, Anda harus dapat mengontrol risiko Anda sambil mengembangkan akun trading Anda.


Artikel Terkait