PERANGKAT PEMBANTU

PERANGKAT PEMBANTU

APA ITU JURNAL TRADING ?

Story by : Geraldo Kofit
Category at: PERANGKAT PEMBANTU
Published : November 24, 2021
Dilihat: 907 kali

Geraldo Kofit adalah Seorang Profesional Trader yang sudah lama berkecimpung di dunia trading kurang lebih 2 tahun. Dengan 2 teknik sederhana Trend Line dan Moving Average, Gerald siap untuk membantu anda sebagai Trading Advisor handal..


zoom

Jurnal trading mampu menjadi ‘pedoman’ Anda dalam mendapatkan berbagai umpan balik mengenai diri Anda sendiri sebagai seorang trader dan juga memberikan berbagai manfaat besar bagi proses trading Anda. Intinya, membuat catatan mengenai apa yang Anda rasakan ketika melakukan suatu trading dan bagaimana langkah Anda terdampak bisa menjadi sesuatu hal yang berguna untuk membentuk pola pikir perdagangan Anda.

Informasi di dalam jurnal trading juga bisa membantu Anda untuk menjadi seorang trader Forex yang lebih baik seiring waktu berjalan. Bagaimana caranya? Reaksi Anda terhadap umpan balik yang Anda dapatkan dari jurnal trading itu sendiri akan menyempurnakan metode perdagangan Anda. 

Apa saja yang terdapat dalam Jurnal Trading?

Agar menjadi patokan yang efektif dari perdagangan Anda, jurnal trading umumnya memiliki beberapa garis besar berikut ini:

  1. Strategi di balik setiap perdagangan yang Anda lakukan
  2. Apa yang dilakukan oleh pasar setelah mengeksekusi setiap perdagangan
  3. Bagaimana keadaan emosi Anda setelah melakukan perdaganga.

Informasi yang Anda simpan dalam jurnal trading tersebut dapat mempertajam ketrampilan Anda dalam trading. Anda tidak hanya menjadi seorang trader yang baik, namun juga menjadi trader yang hebat. Lebih dari itu, dengan Anda menyimpan catatan mengenai situasi yang Anda rasakan ketika trading Anda mengalami kesuksesan, maka peristiwa-peristiwa menyenangkan tersebut akan menguatkan Anda secara mental. Catatan Anda mengenai situasi perdagangan yang sukses itu pun bisa Anda reproduksi lagi untuk menciptakan perdagangan yang lebih sukses lagi. 
Selain itu, catatan mengenai pola pikir trading yang Anda miliki saat itu serta pemahaman mengapa satu perdagangan tidak berhasil, maka Anda pun nantinya akan belajar untuk menghindari situasi yang mengakibatkan kerugian perdagangan. 

  1. Saran terhadap Jurnal Trading
    Garis besar strategi perdagangan Anda secara keseluruhan akan menjadi poin yang baik untuk memulai jurnal trading Anda, mencakup berbagai pengalaman trading spesifik terbaik. Setelah Anda menuliskan mengenai strategi trading Anda, buatlah daftar aturan yang ingin Anda pertahankan, serta pertimbangkan teknis dalam rencana perdagangan yang harus diuraikan secara rinci, termasuk mencatat keadaan emosional Anda saat melakukan trading. 
  2. Pedoman dalam membuat Jurnal Trading
    Jurnal trading bisa bervariasi sebanyak gaya trading yang Anda lakukan, terlepas dari pasar atau jenis trading yang Anda ikuti.

Jurnal trading jangka pendek bisa mencakup beberapa hal berikut ini:

  • Tujuan: tentukan tujuan Anda dalam posisi awal dan juga untuk hari perdagangan. 
  • Strategi harian: tuliskan strategi yang akan Anda gunakan dan bagaimana Anda berencana untuk menerapkannya demi mencapai tujuan Anda
  • Reaksi trading: tuliskan reaksi-reaksi emosional Anda berkaitan dengan setiap trading yang Anda lakukan di hari itu, baik itu ketika Anda mengalami kemenangan atau Anda mengalami kerugian. Selain reaksi, tuliskan juga langkah apa yang Anda ambil setelah itu
  • Rekap berita: lakukan tinjauan pada berita ekonomi fundamental yang mungkin memengaruhi pasar dan waspadalah terhadap angka ekonomi penting yang dijadwalkan untuk dirilis 
  • Tampilan pasar: berikan pendapat Anda mengenai pasar pada saat perdagangan terjadi dan alasan menurut Anda berkaitan dengan apakah pasar akan naik atau turun
  • Buat ulasan atas tujuan Anda: apakah tujuan perdagangan Anda untuk hari itu terpenuhi? Jika tidak, mengapa hal itu bisa terjadi?
  • Tujuan untuk hari berikutnya: tuliskan apa yang menjadi tujuan Anda untuk hari perdagangan berikutnya

Jurnal trading dengan prospek jangka lebih panjang mungkin menyertakan garis besar strategi dan rencana bisnis yang akan lebih sesuai dengan rencana perdagangan jangka panjang. Namun demikian, tujuan dasar dari rencana bisnis, baik jangka panjang maupun pendek, adalah untuk mengulangi pengalaman dalam meraih kemenangan trading dan menghindari kerugian.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Artikel Terkait