SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

AKUN X SEC DIRETAS, PERSETUJUAN BITCOIN ETF PALSU!

Story by : satrio
Category at: Berita
Published : January 10, 2024
Dilihat: 140 kali

Konsultan Perdagangan yang sudah berkiprah di dunia trading selama lebih dari 5 tahun di Pasar Modal yang membantu Trader dan Investor professional mendapatkan layanan, rekomendasi, dan strategi handal. Ia lulus dari Universitas Brawijaya dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Bisnis. Selain itu, juga memiliki pengetahuan dalam pasar forex dan cryptocurrency..


zoom

       Akun X resmi Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) baru saja pagi ini waktu Amerika Serikat, dihack oleh oknum tidak bertanggungjawab. Oknum yang  tidak diketahui apakah sekelompok atau seseorang memposting di akun media sosial SEC bahwa Bitcoin ETF disetujui oleh institusi tersebut. Gary Gensler (ketua SEC) pun dengan cepat menindaklanjuti dan segera mengambil alih akun SEC kembali untuk menstabilkan keadaan. Gary Gensler pun dalam akun pribadi resminya segera mengklarifikasi hoaks atau berita bohong tersebut. Ia mengklaim bahwa berita yang sudah tersebar ke seluruh dunia tersebut adalah bukan informasi dari SEC atau stafnya. Berita palsu sudah sempat beredar selama 30 menit di akun resmi SEC. Sekarang tweet palsu tersebut sudah dihapus. Dia menambahkan bahwa SEC belum menyetujui pencatatan dan perdagangan produk bursa terkait Bitcoin ETF Spot. Gary Gensler menegaskan dalam investigasinya, terjadi pembobolan dalam akun resmi X. Berdasarkan investigas dari X, tidak ada pembobolan dari sistem X, tetapi dari orang yang tidak diketahui mendapatkan nomor handphone dari akun SEC melalui pihak ketiga. X juga mengkonfirmas bahwa akun tersebut tidak menghidupkan “2-Factor-Authentication” pada saat akun dibobol. Ini masih investigasi awal, hasil investigasi akhir akan diumumkan dalam waktu dekat.

 

DAMPAK TERHADAP HARGA BITCOIN

Sumber: Orbi Trade

       Pada saat akun SEC tersebut dibobol dan mengumumkan Bitcoin ETF diterima, Bitcoin mengalami kenaikan 2,74% dari harga US$46.634 menjadi US$47937. Setelah SEC mengumumkan kalau akunnya dibobol, harga Bitcoin mengalami penurunan menjadi US$44620. Insiden ini menimbulkan kegaduhan di pasar crypto, dengan harga Bitcoin yang mengalami fluktuasi yang signifikan. Penulis yakin bahwa banyak sekali trader futures yang terkena imbas dari berita hoaks tersebut. Kemungkinan besar banyak trader yang setelah melihat berita hoaks tersebut, memasang posisi Buy atau Long pada pair BTC/USD. Sehingga dapat dipastikan tidak sedikit jumlah trader yang mengalami kerugian yang ditimbulkan dari peretasan akun resmi SEC tersebut. Hal ini disebabkan ekspektasi, animo, dan euphoria masyarakat dunia khususnya para trader sangat besar pada H-1 sebelum pengumuman tersebut. Penulis berharap kamu para traders bukan pihak yang mengalami kerugian akibat insiden tak terduga ini.

 

IMPLIKASI KEAMANAN INFORMASI

Gambar: Klarifikasi X terkati pembobolan akun SEC

Sumber: X

       Peristiwa ini menyoroti betapa pentingnya keamanan informasi dan dampak signifikan dari berita palsu di media sosial, terutama dalam pasar yang sangat volatil seperti crypto. Investor dan pelaku pasar disarankan untuk selalu memverifikasi informasi dari sumber resmi sebelum mengambil keputusan investasi. Peretasan akun X SEC menimbulkan pertanyaan serius tentang keamanan informasi di lembaga pemerintah. Insiden ini bukan hanya memperlihatkan kerentanan sistem keamanan informasi mereka tetapi juga dampak yang dapat ditimbulkannya terhadap pasar keuangan. Kejadian ini menggarisbawahi pentingnya perlindungan data dan sistem keamanan siber yang kuat untuk mencegah insiden serupa di masa depan. Secara keseluruhan, insiden peretasan akun X SEC menjadi pelajaran berharga tentang pentingnya keamanan siber dan verifikasi informasi.

 

APAKAH SEC TIDAK MENYETUJUI BITCOIN ETF?

Sumber: Website resmi Securities and Exchange Commision United States of America

       Menurut penulis dari sisi SEC adopsi Bitcoin luar biasa. Dalam arti berpotensi karena Bitcoin adalah mata uang tanpa batas. Di sisi lain, resiko Bitcoin juga sangatlah tinggi. Terutama sangat bergantung pada berita global. Ada kemungkinan Bitcoin ETF diterima, namun ada juga kemungkinan kalau Bitcoin ETF akan ditunda pengumumannya. Hal ini karena risiko dari Bitcoin tersebut masih tinggi, sehingga SEC perlu pertimbangan dan kajian lebih mendalam lagi. Dalam akun pribadi X Gary Gensler sendiri memperingatkan kepada masyarakat global untuk tidak Fear of Missing Out (FOMO) dalam menanti pengumuman Bitcoin ETF ini. Pasalnya, Bitcoin adalah aset komoditas yang memiliki volatilitas dan resiko yang tinggi. Namun, menurut analisa dari analis, tanpa hadirnya pengajuan Bitcoin ETF kenaikan Bitcoin pada saat masa bull-run tetap mungkin akan terjadi. Dengan persetujuan Bitcoin ETF oleh SEC akan menambah kepercayaan investor besar dari seluruh dunia dan menambah adopsi Bitcoin lebih meluas lagi. Selain itu juga akan menambah aliran dana masuk ke pasar kripto, khususnya Bitcoin dan berdampak lebih cepatnya pengurangan supply Bitcoin pada tahun-tahun mendatang. Namun kamu para traders, tidak perlu ragu dan takut akan insiden ini karena masa depan Bitcoin ini masih bagus karena event Bitcoin Halving akan tetap berjalan dan tidak terganggu sejauh ini oleh institusi atau pihak tertentu. Hanya yang perlu digarisbawahi, dengan disetujuinya Bitcoin ETF, all-time-high Bitcoin akan berpotensi jauh melampaui prediksi analis dari hanya US$120.000 hingga US$500.000 pada saat bull-run nanti. Kita tunggu saja berita asli dari SEC sesuai deadline terakhir besok waktu Indonesia bagian Barat. Nah, jadi manfaatkan peluang dari Bitcoin ETF ini untuk kamu dapat profit dari trading futures di Orbi Trade. Yuk! Trading bersama Orbi Trade “Trading with Guarantee”.

 

REKOMENDASI TRADING

Gambar BTC/USD D1 Chart

Sumber: Orbi Trade

       Halo traders! Price Action BTC/USD pada timeframe D1 hari ini sedang berpotensi mengembangkan pola Bullish Continuation, yang didukung dengan adanya rejection pada area support, penembusan classic resistance, dan rejection dari middle band dari indikator Bollinger Band, karenanya harga berpotensi menguat sampai dengan area Harmonic Resistance. Maka peluang untuk melakukan order entry Buy bisa dilakukan.

Trading yang disarankan bisa mencari entry saat breakout atau pullback pada timeframe yang lebih kecil.

 

KESIMPULAN:

        Melihat dari insiden ini, walaupun terdapat dampak negatif terhadap price action Bitcoin, namun ini hanya sementara dan tanpa Bitcoin ETF pun harga Bitcoin akan tetap berpotensi memiliki kenaikan pada saat bull-run 2024 ini. Sehingga tidak usah ragu untuk trading di pair BTC/USD.

 

DISCLAIMER

       Pendapat, penelitian, analisis, atau informasi lain apa pun yang diberikan hanya untuk tujuan pendidikan dan bukan merupakan nasihat investasi atau keuangan, dan tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk tindakan tertentu. Tidak ada pernyataan yang dibuat bahwa siapa pun yang menggunakan layanan ORBI TRADE akan mendapat untung atau tidak akan mengalami kerugian. ORBI TRADE tidak menjanjikan atau menjamin pendapatan atau hasil tertentu apa pun dari penggunaan Anda atas informasi yang terkandung di sini. Kinerja masa lalu belum tentu menunjukkan hasil di masa depan. Perdagangan dan investasi pada dasarnya adalah aktivitas yang berisiko dan hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang mampu menerima risiko tersebut dan kemungkinan kehilangan seluruh modal yang mereka investasikan untuk aktivitas tersebut, dan dalam beberapa kasus bahkan lebih besar lagi. Jangan berdagang dengan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya. Anda bertanggung jawab penuh atas setiap keputusan investasi yang Anda buat, dan keputusan tersebut akan didasarkan sepenuhnya pada evaluasi Anda terhadap keadaan keuangan Anda, tujuan investasi, toleransi risiko, dan kebutuhan likuiditas.

 

 


Artikel Terkait