SEMUA ARTIKEL

SEMUA ARTIKEL

AMERIKA SERANG HOUTHI, MINYAK BULLISH

Story by : satrio
Category at: Berita
Published : January 12, 2024
Dilihat: 103 kali

Konsultan Perdagangan yang sudah berkiprah di dunia trading selama lebih dari 5 tahun di Pasar Modal yang membantu Trader dan Investor professional mendapatkan layanan, rekomendasi, dan strategi handal. Ia lulus dari Universitas Brawijaya dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di bidang Manajemen Bisnis. Selain itu, juga memiliki pengetahuan dalam pasar forex dan cryptocurrency..


zoom

       Hari ini Amerika Serikat dan Inggris secara resmi melakukan invasi udara langsung ke wilayah Yaman. Serangan ini sebagai bentuk balas dendam akibat serangan Houthi ke beberapa kapal dagang di Laut Merah. Serangan ini dimulai pada hari Kamis waktu setempat. Komando Pusat Amerika Serikat menargetkan lebih dari 60 sasaran di 16 lokasi militan Houthi yang didukung Iran telah diserang di Yaman. Fasilitas yang diserang tersebut mencakup pusat komando dan kendali, depot amunisi, sistem peluncuran, fasilitas produksi, dan sistem radar pertahanan udara. Selain itu serangan militer ini demi kebebasan navigasi di salah satu saluran air paling penting di dunia. Pasalnya 24 serangan Houthi berdampak terhadap 50 negara dalam pelayaran komersial internasional.

 

ALASAN BIDEN

Sumber: CNN

       Presiden Amerika Serikat Joe Biden memberikan keterangan atas arahannya dalam serangan ke Houthi tersebut. Selain Inggris, Amerika mendapatkan dukungan dari Australia, Bahrain, Kanada, dan Belanda. Serangan ini sebagai respon langsung dari serangan Houthi yang membahayakan personel Amerika Serikat, pelaut sipil, dan mitra AS. Serangan yang melibatkan kapal-kapal maritim internasional di Laut Merah. Setidaknya terdapat lebih dari 20 negara yang telah diancam atau disandera dalam tindakan pembajakan Houthi. Diperkirakan ada sekitar 2,000 kapal lebih yang menyimpang ribuan mil untuk menghindari Laut Merah.

 

RESPON HOUTHI

Sumber: The Independent

       Juru bicara Houthi Mohammed Abdusallem menyatakan bahwa kelompoknya tidak gentar. Mereka berjanji akan terus menargetkan kapal-kapal yang terkait dengan Israel di Laut Merah meskipun mendapatkan serangan udara dari Amerika Serikat dan Inggris semalam. Menurut mereka yang dilakukan oleh Israel adalah penjajahan yang tidak dapat dibenarkan. Houthi mengaku serangan ke kapal ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Palestina antara penguasa Gaza, Hamas, dan Tel Aviv. Houthi juga akan menyerang kapal-kapal negara sekutu Tel Aviv.

 

DAMPAK SERANGAN

Sumber: Investing.com

       Mengutip dari Aljazeera perdagangan global turun 1,3% dari bulan November hingga Desember 2023. Serangan terhadap kapal dagang di Laut Merah oleh Houthi di Yaman menyebabkan penurunan volume kargo. Sehingga membuat distribusi minyak mentah ke wilayah yang membutuhkan terhambat. Yang membuat kenaikan harga minyak akibat kelangkaan. Institut Ekonomi Dunia Kiel Jerman, sekitar 200.000 kontainer diangkut melalui Laut Merah setiap hari. Jeblos dari 500.000 per hari pada bulan November. Dampak yang ditimbulkan bagi ekonomi lainnya adalah kenaikan harga minyak sebesar 1,37 % di posisi US$73,01 per barel. Bagi kamu para traders dapat memanfaatkan kejadian ini untuk mengambil keputusan jual ataupun beli di futures pair CLU. Yuk! Trading bersama Orbi Trade. Orbi Trade “Trading with Guarantee”.

 

REKOMENDASI TRADING

Gambar CLUFEB H4 Chart

Sumber: Orbi Trade

       Halo traders! Price Action CLUFEB pada timeframe H4 hari ini telah Break Resistance, yang didukung dengan adanya rejection pada area support dan penembusan middle band dari indikator Bollinger Band, karenanya harga berpotensi menguat sampai dengan area Harmonic Resistance. Maka peluang untuk melakukan order entry Buy bisa dilakukan.

Trading yang disarankan bisa mencari entry saat breakout atau pullback pada timeframe yang lebih kecil.

 

KESIMPULAN:

       Melihat dari aksi serangan Amerika Serikat dan Houthi, membuat harga minyak berpotensi bullish akibat terganggunya jalur perdagangan atau distribusi minyak mentah di Laut Merah. Untuk itu traders dapat memanfaatkan perang berkepanjangan ini untuk melakukan perdagangan di pair CLUFEB di Orbi Trade.

 

DISCLAIMER

       Pendapat, penelitian, analisis, atau informasi lain apa pun yang diberikan hanya untuk tujuan pendidikan dan bukan merupakan nasihat investasi atau keuangan, dan tidak dapat ditafsirkan sebagai rekomendasi untuk tindakan tertentu. Tidak ada pernyataan yang dibuat bahwa siapa pun yang menggunakan layanan ORBI TRADE akan mendapat untung atau tidak akan mengalami kerugian. ORBI TRADE tidak menjanjikan atau menjamin pendapatan atau hasil tertentu apa pun dari penggunaan Anda atas informasi yang terkandung di sini. Kinerja masa lalu belum tentu menunjukkan hasil di masa depan. Perdagangan dan investasi pada dasarnya adalah aktivitas yang berisiko dan hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang mampu menerima risiko tersebut dan kemungkinan kehilangan seluruh modal yang mereka investasikan untuk aktivitas tersebut, dan dalam beberapa kasus bahkan lebih besar lagi. Jangan berdagang dengan uang yang Anda tidak mampu kehilangannya. Anda bertanggung jawab penuh atas setiap keputusan investasi yang Anda buat, dan keputusan tersebut akan didasarkan sepenuhnya pada evaluasi Anda terhadap keadaan keuangan Anda, tujuan investasi, toleransi risiko, dan kebutuhan likuiditas.


Artikel Terkait